Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun
BBC

Jared Isaacman, siswa putus sekolah yang jadi astronaut non-profesional pertama di luar angkasa

Pengusaha dan miliarder Amerika, Jared Isaacman, menjadi astronaut non-profesional pertama yang berjalan di luar angkasa pada Kamis…

zoom-in Jared Isaacman, siswa putus sekolah yang jadi astronaut non-profesional pertama di luar angkasa
BBC Indonesia
Jared Isaacman, siswa putus sekolah yang jadi astronaut non-profesional pertama di luar angkasa 

Pengusaha dan miliarder Amerika, Jared Isaacman, menjadi astronaut non-profesional pertama yang berjalan di luar angkasa pada Kamis (12/09).

Pria berusia 41 tahun ini membiayai misi Polaris Dawn yang membawanya dan tiga orang lain ke luar angkasa dengan pesawat ruang angkasa SpaceX Crew Dragon.

Dengan nilai kekayaan sekitar US$1,9 miliar (setara Rp29,2 triliun), Isaacman mengumpulkan pundi-pundi kekayaan melalui perusahaan pemrosesan pembayaran Shift4 Payments, yang dia dirikan pada 1999 ketika usianya masih16 tahun.

Pengusaha ini sudah lama tertarik dengan dunia penerbangan. Dia pertama kali mengambil kursus pilot pada 2004. Dia kemudian mencetak rekor dunia ketika mengelilingi dunia dengan jet ringan.

'Bumi terlihat seperti dunia yang sempurna'

Melangkah ke luar angkasa untuk pertama kalinya pada Kamis (12/09), pengusaha tersebut berkata: “Di rumah, kita semua memiliki banyak pekerjaan yang harus diselesaikan.

“Tetapi dari sini Bumi terlihat seperti dunia yang sempurna.”

Insinyur SpaceX, Sarah Gillis, juga melakukan perjalanan luar angkasa setelah Isaacman kembali.

BERITA TERKAIT

Gillis—pemain biola yang berubah menjadi insinyur ruang angkasa—adalah spesialis misi Polaris Dawn.

Polaris Dawn bukanlah misi luar angkasa pertama Isaacman. Pada 2021 silam, ia membiayai dan memimpin tim warga sipil pertama yang mengorbit Bumi.

Awak misi Polars Dawn kali ini—bernama Inspiration4—berangkat dengan kapsul SpaceX dari Florida dan menghabiskan tiga hari di luar angkasa sebelum berhasil mendarat di Samudra Atlantik.

Majalah Time memperkirakan bahwa Isaacman membayar US$200 juta (sekitar Rp3 triliun) kepada sesama miliarder Elon Musk untuk keempat kursi di pesawat SpaceX.

“Itu adalah perjalanan yang luar biasa bagi kami,” kata Isaacman melalui radio, tak lama setelah mendarat pada saat itu.

“Kami baru saja mulai.”

Siapa Jared Isaacman?

Halaman
12
Sumber: BBC Indonesia
BBC
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas