Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Satuan Elite Navy SEAL AS yang Bunuh Osama bin Laden Sibuk Bersiap Hadapi Invasi China ke Taiwan

Pakar militer dan mantan pejabat pertahanan AS, mengatakan tanda-tanda menunjukkan potensi aksi militer China untuk merebut Taiwan secara paksa

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Satuan Elite Navy SEAL AS yang Bunuh Osama bin Laden Sibuk Bersiap Hadapi Invasi China ke Taiwan
Daniel Ceng/Anadolu
Tentara Taiwan dalam latihan tembak langsung di daerah pesisir di Taichung, Taiwan, pada 7 Agustus 2024. China disebut-sebut akan menginvasi pulau Taiwan pada 2027. 

Satuan Elite Navy SEAL Team 6 yang Bunuh Osama bin Laden Sibuk Bersiap Hadapi Potensi Invasi China ke Taiwan

TRIBUNNEWS.COM - Pasukan elite angkatan laut Amerika Serikat, SEAL Team 6, dilaporkan sudah menghabiskan lebih dari setahun untuk merencanakan dan berlatih menghadapi kemungkinan invasi Tiongkok ke Taiwan di pangkalan Dam Neck di Virginia Beach, menurut FT dikutip Sabtu (14/9/2024).

Rencana kontinjensi satuan elite tersebut — seperti sebagian besar misinya — sangat dirahasiakan.




Orang-orang yang mengetahui perencanaannya tidak memberikan perincian misi spesifik apa yang sedang dipersiapkannya.

Baca juga: Fokus AS Bukan Lagi Indo-Pasifik, Kapal-Kapal Perang ke Timur Tengah untuk Show of Force ke Iran

"Meskipun tujuan resmi SEAL Team 6 adalah untuk menguji, mengevaluasi, dan mengembangkan teknologi dan taktik untuk semua pasukan perang khusus angkatan laut, secara tidak resmi mereka terlibat dalam misi-misi sensitif di seluruh dunia. Ini termasuk pertempuran di Afghanistan pada tahun 2002, kehadiran di Yaman, Suriah, dan Somalia pada awal tahun 2000-an, dan serangan pembunuhan malam hari di kompleks kediaman Osama bin Laden di Pakistan pada tahun 2011," tulis laporan FT.

Komando Operasi Khusus, yang mengawasi komando yang bertanggung jawab atas Tim SEAL 6, memberi tahu FT untuk merujuk pertanyaan tentang persiapan unit di Taiwan ke Pentagon.

Pentagon kemudian menolak mengomentari rincian tertentu dari operasi yang tengah disiapkan Navy SEAL Team 6 tersebut.

BERITA TERKAIT

Seorang juru bicara mengatakan Departemen Pertahanan dan pasukannya "mempersiapkan dan berlatih untuk berbagai kemungkinan", menurut FT.

Patroli kapal fregat China. Militer China kembali menggertak Taiwan dengan menggelar latihan perang melibatkan empat kapal dan 57 pesawat tempur di perairan dekat Taiwan, Senin (9/1/2023).
Patroli kapal fregat China. Militer China kembali menggertak Taiwan dengan menggelar latihan perang melibatkan empat kapal dan 57 pesawat tempur di perairan dekat Taiwan, Senin (9/1/2023). (War on the Rocks)

Invansi Diprediksi Tiga Tahun Lagi

Laporan tersebut juga menyatakan, persiapan telah diintensifkan sejak Phil Davidson, komandan Indo-Pasifik AS, memperingatkan pada tahun 2021 kalau China kemungkinan besar akan menginvasi Taiwan pada tahun 2027.

Pakar militer dan mantan pejabat pertahanan AS, mengatakan tanda-tanda menunjukkan potensi aksi militer China untuk merebut pulau itu secara paksa, mungkin hanya dalam beberapa tahun mendatang.

Niat China tersebut, terliat dari sejumlah langkah, termasuk modernisasi cepat angkatan bersenjatanya selama dua dekade terakhir, dan latihan di sekitar Taiwan.

Namun, para ahli dari American Enterprise Institute dan Institute for the Study of War memperingatkan pada bulan Mei kalau langkah pemaksaan agresif China — yang tidak sampai perang tetapi tetap mengancam — lebih mungkin terjadi daripada invasi skala penuh.

"Dua lembaga analis geopolitik dan keamanan itu juga merekomendasikan kalau AS perlu bersiap untuk kemungkinan seperti itu," tambah laporan tersebut.

Komandan Indo-Pasifik AS Laksamana Samuel Paparo mengatakan kepada surat kabar Nikkei Jepang pada bulan Mei kalau latihan militer China selama dua hari di sekitar pulau itu tampak seperti latihan untuk invasi.

Tentara Taiwan dalam latihan tembak
Tentara Taiwan dalam latihan tembak langsung di daerah pesisir di Taichung, Taiwan, pada 7 Agustus 2024. China disebut-sebut akan menginvasi pulau Taiwan pada 2027.
Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas