Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

4.000 Bom Berpemandu Tiap Bulan Hantam Ukraina, Zelensky: 80 Persen Infrastruktur Energi Hancur

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengakui infrastuktur energi negerinya kini telah hancur-hancuran.

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in 4.000 Bom Berpemandu Tiap Bulan Hantam Ukraina, Zelensky: 80 Persen Infrastruktur Energi Hancur
Kementerian Pertahanan Rusia
Pesawat Su-34 menjatuhkan bom FAB-3000 ke infrastruktur Ukraina 

 

TRIBUNNEWS.COM -- Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengakui infrastuktur energi negerinya kini telah hancur-hancuran.

Setidaknya kini hanya ada sebanyak 20 persen saja yang masih bisa diaktifkan.




Fasilitas-fasilitas energi tersebut hancur jadi puing-puing akibat masifnya serangan yang dilakukan oleh Angkatan Udara Rusia.

Baca juga: Rusia Tembak Jatuh Tiga Jet Tempur Ukraina, Dua Su-27 dan Satu MiG-29 Hancur Dirudal Moskow

Ia mengakui, setiap bulannya militer Moskow meluncurkan setidaknya 4.000 bom luncur berpemandu.

Bom dengan daya ledak tinggi ini menurut Zelensky menghancurkan bukan hanya infrastruktur energi saja, tetapi gedung-gedung sipil.

"Bom-bom berpemandu ini menghancurkan 80 persen infrastruktur energi kami," kata Zelensky dalam pidatonya,Minggu (15/9/2024) malam dikutip dari Ukrinform.

BERITA TERKAIT

Ia mengungkapkan bahwa bom luncur berpemandu yang beratnya bisa mencapai 3 ton tersebut dibawa oleh jet-jet tempur Su-34 dan Su-35 yang juga meluncurkan rudal berpresisi tinggi untuk menghancurkan Ukraina.

Zelensky menghiba kepada Amerika Serikat agar diberi izin untuk menghancurkan Rusia dengan rudal-rudal sumbangan mereka Barat.

Zelensky mengungkapkan bahwa negaranya telahlama menunggu izin tersebut yang juga belum diberikan.

"Sekarang Moskow telah mulai memindahkan jet-jetnya dari pangkalan-pangkalan yang berjarak 100 atau 150 kilometer ke 300-500 kilometer. Setelah itu, saya akan memberi tahu Anda bahwa sekarang kami membutuhkan lebih banyak izin," katanya.

Baca juga: Spesifikasi Jet MiG-29, Bakal Dikirim Polandia ke Ukraina, Berani Duel Lawan Sukhoi dan MiG-29 Rusia

Zelensky mengakui bahwa AS hingga saat ini tidak memberikan izin militernya menembak jauh ke dalam wilayah Rusia.

Koordinator Dewan Keamanan Nasional untuk Komunikasi Strategis AS, John Kirby mengatakan bahwa larangan menembakkan rudak jarak jauh AS ke Rusia belum berubah.

"Tidak ada perubahan pada pandangan kami tentang penyediaan kemampuan serangan jarak jauh bagi Ukraina untuk digunakan di dalam Rusia. Saya tidak mengharapkan pengumuman besar apa pun dalam hal itu," katanya.

Kirby mengatakan bahwa AS menganggap serius ancaman Putin, 'jika Ukraina meluncurkan rudal jarak jauh buatan Barat ke Rusia, ia akan menganggap Barat terlibat langsung dalam perang tersebut'.

"Tidak ada perubahan pada pandangan kami tentang penyediaan kemampuan serangan jarak jauh bagi Ukraina untuk digunakan di dalam Rusia. Saya tidak mengharapkan pengumuman besar apa pun dalam hal itu," katanya dikuti dari Reuters.

Bahkan saat dua pemimpin negara pendukung berat Ukraina bertemua, Presiden AS Joe Biden dan Perdana Menteri Inggris Keir Starmer pada Jumat lalu disebut-sebut sama sekali tidak membahas mengenai perizinan serang Rusia tersebut.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas