Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Bagaimana Israel Bisa Melakukan Serangan Ledakan Ribuan Pager Hizbullah Sekaligus?

Serangan yang mengejutkan dan serentak terhadap ribuan Hizbullah dengan meledakkan pager mereka memiliki semua ciri operasi rahasia yang sangat rumit.

Editor: Muhammad Barir
zoom-in Bagaimana Israel Bisa Melakukan Serangan Ledakan Ribuan Pager Hizbullah Sekaligus?
AFP/-
Keluarga berduka atas kematian Fatima Abdallah, seorang gadis berusia 10 tahun yang tewas setelah ratusan alat pemanggil meledak dalam gelombang mematikan di Lebanon, selama pemakamannya di desa Saraain di lembah Bekaa pada 18 September 2024. - Ratusan pager yang digunakan oleh anggota Hizbullah meledak di seluruh Lebanon pada 17 September, menewaskan sedikitnya sembilan orang dan melukai sekitar 2.800 orang dalam ledakan yang oleh kelompok militan yang didukung Iran itu disalahkan kepada Israel. (Photo by AFP) 

Bagaimana Israel Bisa Melakukan Serangan Ledakan Ribuan Pager Hizbullah Sekaligus?

TRIBUNNEWS.COM- Bagaimana Israel bisa melakukan serangan ledakan ribuan pager Hizbullah sekaligus.

Serangan yang mengejutkan dan serentak terhadap ribuan Hizbullah dengan meledakkan pager mereka memiliki semua ciri operasi rahasia yang sangat rumit.

Jenis operasi yang hanya Mossad Israel yang memiliki sarana dan motif untuk melakukannya, kata para ahli kepada The Post.

Sekitar 2.800 orang terluka dan sembilan lainnya — termasuk seorang anak — tewas pada hari Selasa di Lebanon dan Suriah — dengan sebagian besar korban tampaknya adalah pria usia militer.

Ledakan dramatis yang terjadi bersamaan ini dibagikan dalam video viral yang tersebar daring – tetapi bagaimana cara melakukannya?

"Ini menunjukkan adanya rencana peledakan bom rakitan," kata ahli investigasi kebakaran dan teknisi senior Jensen Hughes, Jerry Back, kepada The Post pada hari Selasa.

BERITA TERKAIT

"Fakta bahwa ada beberapa kejadian yang terjadi pada saat yang bersamaan, menurut saya seperti ada alat peledak kecil yang terpasang di peralatan, ada seseorang yang mencoba menyalakan banyak api sekaligus, dan pasti ada seseorang yang menyadap proses produksi," katanya.

Perangkat yang terkena dampak berasal dari pengiriman baru yang diterima kelompok itu dalam beberapa hari terakhir, dan beberapa orang menyadari perangkat mereka memanas sebelum meledak, kata seorang pejabat Hizbullah kepada Wall Street Journal pada hari Selasa. 

Skenario yang paling mungkin menunjukkan bahwa pelaku merusak pengiriman tersebut baik dalam perjalanan menuju tujuannya – atau oleh seorang simpatisan Israel yang bersembunyi di antara barisan Hizbullah – karena perangkat tersebut berasal dari sumber yang sama.

Orang dalam yang tidak disebutkan namanya mengatakan kepada Sky News Arabia bahwa Mossad menyadap perangkat komunikasi Hizbullah sebelum diserahkan kepada kelompok tersebut, dengan menyelipkan bahan peledak plastik Pentaerythritol Tetranitrate (PETN) yang sangat kuat yang biasa digunakan untuk keperluan militer dan pembongkaran.

“Mossad menaruh bahan peledak PETN pada baterai, yang diledakkan dengan cara menaikkan suhu,” sumber tersebut menuturkan kepada outlet tersebut.

Direktur program Timur Tengah di Center for Strategic Studies, Jon Alterman, mengatakan dasar-dasar laporan Sky Arabia tampaknya sesuai dengan fakta. “Israel tampaknya telah menyusup ke rantai pasokan mereka,” katanya.

“Hal ini menimbulkan keraguan di Hizbullah mengenai rantai pasokan lain yang telah [Israel] tembus, dan apa dampaknya.”

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas