Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Israel Kerahkan Pasukan ke Perbatasan Lebanon Setelah Serangan Teror, Ancam Lancarkan Operasi Segera

Israel mengerahkan kembali pasukannya ke perbatasan Lebanon beberapa jam setelah serangan teror, mengancam akan melancarkan 'operasi segera'.

Editor: Muhammad Barir
zoom-in Israel Kerahkan Pasukan ke Perbatasan Lebanon Setelah Serangan Teror, Ancam Lancarkan Operasi Segera
The Times of Israel
Perang melawan Hamas dan Hizbullah membuat pengeluaran Israel dalam 12 bulan terakhir melonjak jadi 8,5 miliar shekel atau naik 2,2 miliar dolar AS. Angka tersebut melesat jauh dari target defisit Israel di tahun 2024 yang hanya dipatok 6,6 persen. 

Israel Kerahkan Pasukan ke Perbatasan Lebanon Setelah Serangan Teror, Ancam Lancarkan Operasi Segera

TRIBUNNEWS.COM- Israel mengerahkan kembali pasukannya ke perbatasan Lebanon beberapa jam setelah serangan teror, mengancam akan melancarkan 'operasi segera'.

Pengumuman ini muncul beberapa jam setelah serangan teror Israel yang melibatkan peledakan ribuan pager di seluruh Lebanon.

Radio tentara Israel mengumumkan pada tanggal 18 September bahwa Divisi elit ke-98 akan dikerahkan kembali dari Gaza ke garis depan utara, hanya satu hari setelah serangan teror mematikan Tel Aviv yang melibatkan peledakan perangkat pager di seluruh Lebanon

Pengumuman ini juga bertepatan dengan ancaman baru tentara Israel tentang operasi segera di Lebanon.

"Kewaspadaan puncak di utara – di [angkatan darat] telah diputuskan: Divisi elit ke-98 akan dipindahkan ke wilayah utara. Divisi tersebut direncanakan untuk melanjutkan pertempuran di Jalur Gaza, tetapi pada hari terakhir diputuskan untuk mengalihkannya ke utara," kata koresponden radio angkatan darat Doron Kadosh melalui X pada hari Rabu. 

Kepala Komando Utara Angkatan Darat Israel, Mayor Jenderal Ori Gordin, mengatakan pada tanggal 18 September bahwa Israel “bertekad” untuk meningkatkan serangan terhadap Lebanon

BERITA TERKAIT

“Misinya jelas: Kami bertekad untuk mengubah realitas keamanan secepat mungkin. Komitmen para komandan dan pasukan di sini sudah penuh, dengan kesiapan maksimal untuk tugas apa pun yang akan dibutuhkan,” kata Gordin. 

Prajurit cadangan Brigade ke-179 tentara Israel melaksanakan latihan pada hari Rabu, setelah latihan lain awal minggu ini yang bertujuan untuk mensimulasikan pertempuran di dalam Lebanon

Ribuan perangkat pager yang dimiliki anggota Hizbullah dan warga Lebanon lainnya meledak secara bersamaan pada Selasa sore, menewaskan sedikitnya 12 orang, termasuk dua anak-anak, dan melukai hingga 2.800 orang di seluruh Lebanon.

Menurut beberapa laporan, pengiriman pager telah dipasangi bahan peledak oleh intelijen Israel sebelum memasuki negara tersebut. 

"Kita sedang menghadapi serangan genosida besar-besaran. Ada serangan kriminal yang jelas terhadap warga sipil. Mereka yang membawa pager bukan hanya personel militer. Masalah ini harus diselidiki dan musuh harus bertanggung jawab," kata juru bicara Hizbullah Ibrahim al-Moussawi. 

Hizbullah telah bersumpah untuk memberikan tanggapan keras terhadap serangan Israel . Tel Aviv belum berkomentar. 

Serangan itu terjadi saat Israel mengancam akan meningkatkan serangan terhadap Lebanon , termasuk operasi potensial yang bertujuan mengembalikan para pemukim yang mengungsi ke pemukiman Israel utara yang dievakuasi. 

Kantor Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengumumkan pada tanggal 17 September, beberapa jam sebelum serangan teror, bahwa tujuan perang saat ini telah diperbarui untuk mencakup kembalinya para pemukim yang dievakuasi akibat serangan Hizbullah di wilayah utara Israel.

Netanyahu mengatakan awal bulan ini bahwa ia menginstruksikan tentara untuk bersiap “mengubah situasi” di utara. 

Menanggapi lonjakan ancaman resmi Israel terhadap Lebanon, Wakil Sekretaris Jenderal Hizbullah Naim Qassem memperingatkan pada hari Sabtu, "Kami tidak berniat berperang, karena kami yakin itu tidak akan berguna. Namun, jika Israel melancarkan perang, kami akan menghadapinya – dan akan ada kerugian besar di kedua belah pihak."

“Jika mereka mengira perang semacam itu akan memungkinkan 100.000 orang terlantar kembali ke rumah mereka... kami mengeluarkan peringatan ini: bersiaplah untuk menghadapi ratusan ribu orang terlantar lainnya,” imbuh Qassem.


SUMBER: THE CRADLE

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas