Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Inggris Kerahkan Sekitar 700 Tentara ke Siprus untuk Kemungkinan Evakuasi Warga Inggris di Lebanon

Inggris memobilisasi sekitar 700 tentara ke Siprus untuk membantu evakuasi warga negara Inggris yang berada di Lebanon. 

Editor: Muhammad Barir
zoom-in Inggris Kerahkan Sekitar 700 Tentara ke Siprus untuk Kemungkinan Evakuasi Warga Inggris di Lebanon
AFP/-
Sebuah gambar yang diambil pada tanggal 24 September 2024, menunjukkan puing-puing dan kehancuran di lokasi serangan Israel semalam di sebuah lingkungan di kota Baalbeck, Lebanon, di lembah Bekaa. (Photo by AFP) 

Inggris Kerahkan Ratusan Tentara ke Siprus untuk Kemungkinan Evakuasi Warga Inggris

TRIBUNNEWS.COM- Inggris kerahkan ratusan tentara ke Siprus untuk kemungkinan evakuasi warga Lebanon.

Perdana Menteri Inggris Keir Starmer mengatakan London "meningkatkan" rencana darurat saat Israel memperluas serangan brutalnya di Lebanon.

Inggris memobilisasi sekitar 700 tentara ke Siprus untuk membantu evakuasi warga negara Inggris yang berada di Lebanon. 

Pengumuman tersebut dibuat pada tanggal 24 September setelah menteri pertahanan Inggris mengadakan pertemuan yang dihadiri oleh kepala intelijen dan diplomat. 

"Peristiwa dalam beberapa jam dan hari terakhir telah menunjukkan betapa tidak stabilnya situasi ini, itulah sebabnya pesan kami jelas, warga negara Inggris harus segera pergi," kata Menteri Pertahanan Inggris John Healey. 

"Kami tengah meningkatkan rencana darurat," kata Perdana Menteri Keir Starmer pada hari Selasa, memperingatkan bahwa "kita berpotensi berada di ambang" perang yang menyeluruh. Ia menambahkan bahwa Kementerian Pertahanan mengerahkan 700 tentara dan bahwa London "terus menyarankan agar tidak melakukan perjalanan ke Lebanon."

BERITA REKOMENDASI

Serangan udara besar-besaran Israel terhadap Lebanon selatan dan timur , yang dimulai pada akhir pekan lalu, telah menewaskan lebih dari 560 orang dan melukai hampir 2.000 orang. 

Israel telah menyerang Beirut tiga kali sejak minggu lalu dan telah memperluas serangannya ke wilayah Gunung Lebanon. 

Hizbullah telah memperluas jangkauan tembaknya hingga mencakup wilayah Haifa dan kota-kota di utara. Kelompok perlawanan tersebut meluncurkan rudal balistik pertamanya dalam perang ini ke pinggiran Tel Aviv pada tanggal 25 September. 

Keluarga-keluarga yang mengungsi dari Lebanon selatan dan wilayah Bekaa di timur negara itu, yang juga masih dilanda pemboman hebat, pada hari Rabu melanjutkan perjalanan mereka menuju ibu kota dan menuju Suriah , yang telah menyambut mereka yang melarikan diri dari serangan Israel.

Sementara itu, tentara Israel telah mendesak pasukannya untuk bersiap menghadapi invasi darat . 

Pengumuman Inggris tentang evakuasi muncul setelah London selama berbulan-bulan terus menekan pemerintah Lebanon untuk menerima nota kesepahaman yang akan mengizinkan akses militer tanpa batas bagi pasukan Inggris ke tanah Lebanon. 

Media Lebanon mengungkapkan pada November tahun lalu bahwa Inggris mendesak Lebanon untuk menerima perjanjian ini.

Klausul tersebut mencakup pemberian kekebalan kepada personel militer Inggris dari penangkapan atau penuntutan, dengan tambahan bahwa jika ada yang ditahan, mereka harus segera diserahkan kepada pasukan Inggris

Klausul lainnya adalah memberi mereka wewenang untuk bergerak di seluruh negeri dengan bersenjata dan berseragam.

SUMBER: THE CRADLE

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas