Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kapal Selam Nuklir China Dilaporkan Tenggelam, Beijing Membantah tapi Citra Satelit Ungkap Keanehan

China dilaporkan kehilangan kapal selam nuklir mereka yang tenggelam. Beijing disebut terus menutupi insiden ini.

Penulis: Malvyandie Haryadi
zoom-in Kapal Selam Nuklir China Dilaporkan Tenggelam, Beijing Membantah tapi Citra Satelit Ungkap Keanehan
Ist
Kapal Selam China. China dilaporkan kehilangan kapal selam nuklir mereka karena tenggelam. Beijing disebut terus menutupi insiden ini. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - China dilaporkan kehilangan kapal selam nuklir mereka yang tenggelam. Beijing disebut terus menutupi insiden ini.

Jika kabar tenggelamnya kapal selam nuklir terbaru milik China benar adanya, ini menjadi pukulan serius terhadap upaya negara tersebut dalam mencapai kesetaraan militer maritim dengan Amerika Serikat (AS).

Hingga saat ini, China merahasiakan insiden tersebut, tetapi citra satelit akhirnya mengungkap tingkat kerusakannya.

Beberapa pejabat AS yang tidak dikenal mengungkapkan informasi tersebut kepada Wall Street Journal. 

Para pejabat tersebut menyatakan bahwa kapal selam serang yang sedang dibangun di galangan kapal Wuchang dekat Wuhan adalah kapal perdana dari rangkaian kapal perang kelas Zhou yang baru. 

Kapal selam ini memiliki desain yang khas dan memiliki buritan berbentuk X yang unik yang dimaksudkan untuk meningkatkan mobilitas di bawah air.

Pakar angkatan laut dan mantan awak kapal selam AS Tom Shugart telah menarik perhatian pada aktivitas aneh di Galangan Kapal Wuchang pada bulan Juni. 

BERITA REKOMENDASI

Berdasarkan citra satelit yang diperolehnya saat itu, ia menunjukkan keberadaan tongkang derek di galangan kapal, yang mengindikasikan kemungkinan terjadinya kecelakaan.

Sebagai bagian dari serangkaian unggahan di situs media sosial X (sebelumnya Twitter), Shugart mengatakan: “Saya memperoleh citra dari tanggal 13 Juni. Dalam citra tersebut, tampak ada yang tampak seperti tongkang derek berkerumun di sekitar... sesuatu... di dekat tempat kapal selam itu berada sebelumnya. Selain itu, dermaga apung tempat kapal selam itu ditambatkan tampak sedikit bergeser.”

Para pejabat dan pakar yakin bahwa insiden itu “ditutup-tutupi” oleh Tiongkok karena Beijing tidak mengungkapkan informasi apa pun tentang kecelakaan tersebut.

Ketika ditanya, seorang juru bicara dari kedutaan besar Tiongkok di Washington, DC, mengatakan: "Kami tidak mengetahui situasi yang Anda sebutkan dan saat ini tidak memiliki informasi untuk diberikan."

"Tidak mengherankan bahwa Angkatan Laut PLA akan mencoba menyembunyikan fakta bahwa kapal selam serang bertenaga nuklir pertama di kelasnya yang baru tenggelam di sisi dermaga," kata seorang pejabat AS kepada WSJ.

"Selain pertanyaan yang jelas tentang standar pelatihan dan kualitas peralatan, insiden tersebut menimbulkan pertanyaan yang lebih dalam tentang akuntabilitas internal dan pengawasan PLA terhadap industri pertahanan Tiongkok, yang telah lama dirundung oleh korupsi."

Para pejabat AS melanjutkan dengan menunjukkan kepada WSJ bahwa kapal selam tersebut sedang menjalani pemasangan terakhirnya, dan kemungkinan besar kapal tersebut membawa bahan bakar nuklir saat terbalik. 

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas