Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Video Warga Israel Panik Ada Rudal Balistik Houthi, Bagaimana Sistem Pertahanan Udara Arrow Bekerja?

Militer Israel mengumumkan kalau mereka berhasil mencegat rudal balistik yang ditujukan ke Tel Aviv, menggunakan Sistem Pertahanan Udara Arrow.

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Video Warga Israel Panik Ada Rudal Balistik Houthi, Bagaimana Sistem Pertahanan Udara Arrow Bekerja?
AFP PHOTO/ANAS BABA
Sistem pertahanan rudal Iron Dome Israel (kiri) mencegat roket (kanan) yang ditembakkan oleh gerakan Hamas menuju Israel selatan dari Beit Lahia di Jalur Gaza utara seperti yang terlihat di langit di atas Jalur Gaza pada 14 Mei 2021. 

Video Pemukim Israel Panik Serangan Rudal Balistik Houthi, Bagaimana Sistem Pertahanan Udara Arrow Bekerja?

TRIBUNNEWS.COM - Radio Tentara Israel melaporkan, lebih dari 2 juta pemukim mencari perlindungan setelah sebuah rudal diluncurkan gerakan Houthi dari Yaman dan mencapai Israel tengah, Jumat (27/9/2024).

Pihak Tentara pendudukan Israel (IDF) mengumumkan kalau rudal balistik diluncurkan dari Yaman dan berhasil dicegat oleh sistem pertahanan udara.

Baca juga: Milisi Irak Bombardir Golan, Houthi Rudal Tel Aviv, Jutaan Warga Israel Sembunyi di Bunker

Dalam konteks ini, media Ibrani melaporkan bahwa Bandara Ben Gurion berhenti beroperasi setelah peluncuran roket ke arah pusat Israel.

Berikut video kepanikan pemukim Israel atas serangan rudal balistik Houthi tersebut:

Dinetralkan Sistem Pertahanan Udara Arrow

Seusai serangan rudal balistik dari Yaman, Militer Israel mengumumkan kalau mereka berhasil mencegat rudal balistik yang ditujukan ke Tel Aviv, menggunakan Sistem Pertahanan Udara Arrow.

Sirene diaktifkan sebagai tindakan pencegahan selama pencegatan, meskipun lokasi spesifiknya tidak diungkapkan.

BERITA REKOMENDASI

Dalam sebuah pernyataan, militer mengonfirmasi kalau Sistem Pertahanan Udara Arrow secara efektif menetralkan ancaman yang masuk.

"Meskipun lokasi pasti pencegatan tidak diungkapkan, mereka mencatat bahwa sirene diaktifkan sebagai respons terhadap rudal yang mendekat," tulis sebuah laporan dari Anews

Media lokal melaporkan bahwa rudal tersebut, yang ditembakkan oleh Houthi di Yaman, ditujukan ke kota dan daerah sekitarnya.

Sebelumnya, Rashad al-Alimi, ketua Dewan Kepresidenan Yaman, menyerukan penghentian segera tindakan brutal Israel terhadap rakyat Palestina dalam pidatonya di sesi ke-79 Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa di New York.

 Ia menekankan bahwa menghentikan tindakan ini sangat penting untuk mencapai perdamaian abadi.

 Al-Alimi juga membahas serangan Israel terhadap Lebanon, dengan menegaskan bahwa tanggapan terpadu dari masyarakat internasional dan rakyat Lebanon sangat penting untuk mencegah agresi semacam itu.

Sistem pertahanan rudal Iron Dome Israel (kiri) mencegat roket (kanan) yang ditembakkan oleh gerakan Hamas menuju Israel selatan dari Beit Lahia di Jalur Gaza utara seperti yang terlihat di langit di atas Jalur Gaza pada 14 Mei 2021.
Sistem pertahanan rudal Iron Dome Israel (kiri) mencegat roket (kanan) yang ditembakkan oleh gerakan Hamas menuju Israel selatan dari Beit Lahia di Jalur Gaza utara seperti yang terlihat di langit di atas Jalur Gaza pada 14 Mei 2021. (AFP PHOTO/ANAS BABA)

Bagaimana Sistem Pertahanan Arrow Bekerja?

Arrow merupakan satu di antara komponen paling canggih dalam pertahanan Israel.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas