Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jet Tempur Rusia Su-35S Terbang Sangat Dekat dengan Tu-95MS dan F-16 AS di Langit Alaska

Jet tempur Rusia, Su-35S terbang sangat dekat dengan Tu-95MS dan F-16, pesawat yang dikerahkan oleh Komando Pertahanan Dirgantara Amerika Utara.

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Sri Juliati
zoom-in Jet Tempur Rusia Su-35S Terbang Sangat Dekat dengan Tu-95MS dan F-16 AS di Langit Alaska
Tangkap layar Ap News
Jet Tempur Rusia Su-35S Terbang Sangat Dekat dengan Tu-95MS dan F-16 AS di Langit Alaska. Sebuah jet tempur Rusia, Su-35S terbang sangat dekat dengan Tu-95MS dan F-16, pesawat yang dikerahkan oleh Komando Pertahanan Dirgantara Amerika Utara di lepas pantai Alaska, menurut sebuah video yang diunggah Senin oleh NORAD. 

TRIBUNNEWS.COM - Sebuah jet tempur Rusia, Su-35S terbang sangat dekat dengan Tu-95MS dan F-16, pesawat yang dikerahkan oleh Komando Pertahanan Dirgantara Amerika Utara di lepas pantai Alaska, menurut sebuah video yang diunggah Senin oleh NORAD.

Dalam video berdurasi 15 detik yang dirilis pada Senin (30/9/2024), pesawat Rusia datang dari belakang kamera dan menukik melewati jet AS, hanya beberapa meter dari pesawat tersebut, AP News melaporkan.

Jet tempur Rusia terekam melaju kencang, berbelok ke kiri dan kanan.

"Tindakan satu Su-35 Rusia tidak aman, tidak profesional, dan membahayakan semua orang – tidak seperti yang Anda lihat di angkatan udara profesional," kata Komandan NORAD dan Komando Utara AS, Jenderal Gregory Guillot.

NORAD mengatakan telah berusaha mencegat jet tempur Rusia di Zona Identifikasi Pertahanan Udara Alaska, tepat di luar wilayah udara kedaulatan AS,CBS News melaporkan.

"Pesawat NORAD menerbangkan rutinitas aman dan disiplin untuk mencegat pesawat Rusia," tambahnya.

Dari video tersebut, diketahui peristiwa ini terjadi pada 23 September 2024 kemarin.

BERITA REKOMENDASI

Interaksi tersebut menuai kecaman dari pejabat tinggi NORAD dan salah satu senator AS dari Alaska, lapor US News.

Senator AS Dan Sullivan, anggota Partai Republik dari Komite Angkatan Bersenjata Senat AS mengatakan, lintasan dekat jet Rusia merupakan alasan lain untuk membangun kehadiran militer Amerika di Alaska dan Arktik.

"Manuver yang ceroboh dan tidak profesional dari pilot pesawat tempur Rusia — dalam jarak hanya beberapa kaki dari pesawat tempur kami yang bermarkas di Alaska — di ADIZ Alaska pada tanggal 23 September membahayakan nyawa penerbang pemberani kami dan menggarisbawahi meningkatnya agresi yang kita saksikan dari para diktator seperti Vladimir Putin," kata Sullivan dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: Putin Bersedia ke Turki jika Dikawal Jet Tempur Rusia, Sistem Pertahanan NATO Akan Dimatikan?

Pesan telah dikirim ke Kedutaan Besar Rusia pada Senin (30/9/2024) untuk meminta komentar, namun tidak segera mendapat balasan.

Lintasan dekat jet Rusia itu terjadi hanya beberapa minggu setelah delapan pesawat militer Rusia dan empat kapal angkatan lautnya, termasuk dua kapal selam, mendekati Alaska saat China dan Rusia melakukan latihan gabungan.

Tak satu pun pesawat itu melanggar wilayah udara AS.

Namun, sekitar 130 tentara AS dikirim bersama peluncur roket bergerak ke Pulau Shemya, sekitar 1.200 mil (1.931 kilometer) di barat daya Anchorage.

Mereka dikerahkan ke pulau Aleut selama seminggu sebelum kembali ke pangkalan mereka.

Pesawat Pengebom Rusia-China Terbang Bersama

Pada bulan Juli, pesawat pengebom Rusia dan China terbang bersama untuk pertama kalinya di wilayah udara internasional lepas pantai Alaska, sebuah tanda kerja sama yang menurut Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin menimbulkan kekhawatiran.

Pada tahun 2022, sebuah kapal Penjaga Pantai AS sekitar 85 mil (137 kilometer) di utara Pulau Kiska Alaska di Laut Bering menemukan tiga kapal angkatan laut China dan empat Rusia berlayar dalam formasi tunggal.

(Tribunnews.com, Andari Wulan Nugrahani)

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas