Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pemimpin Tertinggi Iran Ali Khamenei: Kehadiran AS dan Eropa di Timur Tengah adalah Penyebab Perang

Pemimpin Tertinggi Iran Ali Khamenei mengatakan kehadiran AS dan Eropa di Timur Tengah adalah penyebab perang.

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Garudea Prabawati
zoom-in Pemimpin Tertinggi Iran Ali Khamenei: Kehadiran AS dan Eropa di Timur Tengah adalah Penyebab Perang
X/Ayatollah Ali Khamenei/@khamenei_ir
Pemimpin Tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei mengatakan kehadiran AS dan Eropa di Timur Tengah adalah penyebab perang. 

TRIBUNNEWS.COM - Pemimpin Tertinggi Iran, Ali Khamenei, mengatakan akan menangani masalah Jalur Gaza dan Lebanon.

Menurutnya, kehadiran Amerika Serikat (AS) dan beberapa negara Eropa di Timur Tengah adalah penyebab perang di kawasan itu.

"Saya akan menangani masalah Gaza dan Lebanon, InsyaAllah, jika saya memiliki sisa seumur hidup," kata Ali Khamenei, Rabu (2/10/2024).

"Dasar permasalahan di kawasan ini adalah kehadiran orang-orang seperti AS dan beberapa negara Eropa yang memalsukan perdamaian dan ketenangan," tambahnya.

“Kehadiran Amerika Serikat dan negara-negara Eropa di kawasan kita adalah dasar dari masalah dan penyebab perang ini," lanjutnya.

Ali Khamenei mengatakan jika AS dan Eropa meninggalkan kawasan itu maka perang akan berakhir.

“Jika Amerika dan negara-negara Eropa menghilangkan kejahatan mereka dari wilayah ini, tidak diragukan lagi, konflik-konflik ini, peperangan ini, dan pertemuan ini akan hilang sama sekali," ujarnya.

BERITA REKOMENDASI

"Negara-negara di wilayah ini akan mampu mengatur diri mereka sendiri, mengatur wilayah mereka dan hidup bersama dalam damai dan kesejahteraan," lanjutnya.

Menurutnya, kehadiran AS dan Eropa mengganggu kestabilan di kawasan itu.

"Suatu hari mereka memprovokasi suatu negara, mereka memprovokasi seseorang seperti (Presiden Irak) Saddam, kasus-kasus sulit dan pahit muncul, suatu hari dia pergi," katanya.

"Kehadiran pihak-pihak yang menyimpang dari perdamaian kawasan dan berbohong, kehadiran mereka menjadi basis utama permasalahan kawasan ini," lanjutnya, seperti diberitakan Tasnim.

Baca juga: Iran Mengatakan Tindakan Terhadap Israel Telah Berakhir kecuali Jika Israel Melakukan Pembalasan

Ia berharap Iran dapat mengurangi keterlibatan negara-negara itu di Timur Tengah.

"Kami berharap dengan rahmat Tuhan, dengan usaha keras bangsa Iran dan dengan bantuan inspirasi Revolusi Islam dan kerjasama negara-negara lain, kita dapat mengurangi kejahatan musuh-musuh dari kawasan ini," ujarnya, dikutip dari Raialyoum.

Selain itu, Ali Khamenei mengatakan ia akan memberikan pernyataan tentang pembunuhan Sekretaris Jenderal Hizbullah, Hassan Nasrallah, dalam serangan udara Israel di distrik Dahiya, pinggiran selatan Beirut, Lebanon, Jumat (27/9/2024).

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas