Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Penerbangan Israel Dilanda Kekacauan: Ribuan Tentara IDF Terdampar di Luar Negeri

Ribuan tentara Israel tak bisa pulang guna memenuhi kewajiban panggilan darurat dari IDF untuk berperang lantaran kekacauan penerbangan

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Penerbangan Israel Dilanda Kekacauan: Ribuan Tentara IDF Terdampar di Luar Negeri
khaberni/HO
Krisis parah semakin memburuk di sektor penerbangan Israel. Banyak warga Israel, termasuk tentara IDF tidak dapat kembali ke negara itu karena konflik meningkat di Israel utara. 

Penerbangan Israel Dilanda Kekacauan: Ribuan Tentara IDF Terdampar di Luar Negeri

TRIBUNNEWS.COM - Krisis parah semakin memburuk di sektor penerbangan Israel.

Hal ini ditunjukkan oleh adanya ribuan warga Israel, termasuk tentara cadangan militer Israel (IDF) yang menerima perintah panggilan darurat (Pesanan 8), terdampar di luar negeri.

Ribuan warga Israel ini tidak bisa kembali ke negara pendudukan tersebut karena kurangnya jumlah penerbangan dan kenaikan harga tiket ke tingkat 'selangit'.

Baca juga: Bandara Ben-Gurion Target Empuk Serangan Iran-Hizbullah, Israel Pindahkan Simbol Nasional ke Eilat

Menurut laporan dari situs berita Ibrani, Calcalist, banyak warga Israel tidak dapat kembali ke negara itu karena konflik meningkat di Israel utara.

"Selain itu layanan transportasi umum telah dihentikan karena perayaan Rosh Hashanah (tahun baru Ibrani) dan perayaan Sabat," tulis laporan tersebut dikutip Khaberni, Sabtu (5/10/2024).

Krisis ini diperburuk oleh penurunan signifikan jumlah penerbangan dari maskapai asing, terutama setelah adanya rekomendasi yang belum pernah terjadi sebelumnya dari Otoritas Penerbangan Eropa untuk menghindari penerbangan ke Israel hingga akhir Oktober mendatang karena alasan keamanan.

BERITA REKOMENDASI

Rekomendasi ini menyebabkan perusahaan seperti Virgin Atlantic menunda dimulainya kembali penerbangan mereka ke Israel hingga Maret 2025, menurut Calcalist.

Pesawat El Al Israel Airlines terlihat di landasan pacu Bandara Internasional Ben Gurion di Lod, dekat Tel Aviv, Israel, 10 Maret 2020.
Pesawat El Al Israel Airlines terlihat di landasan pacu Bandara Internasional Ben Gurion di Lod, dekat Tel Aviv, Israel, 10 Maret 2020. (tangkap layar jerusalem post/kredit foto: REUTERS/RONEN ZEVULUN)

Harga Tiket yang Super-Mahal

Calcalist melaporkan bahwa maskapai penerbangan Israel, seperti El Al dan Arkia, baru-baru ini meningkatkan jumlah penerbangan ke bandara alternatif di Athena dan Larnaca untuk membantu memulangkan warga Israel yang terdampar, tetapi harga tiket tetap tinggi.

El Al menetapkan harga tiket ke Larnaca sebesar $199 dan Athena sebesar $299, sementara Arkia menghadapi kritik karena menjual tiket dengan harga berkisar antara $ 783 dan $ 899 pada jalur yang sama.

Tidak Adanya Transportasi Umum

Surat kabar tersebut mengatakan kalau mereka yang akhirnya dapat kembali ke Israel menghadapi tantangan lain, yaitu tidak adanya transportasi umum karena musim liburan dan penghentian layanan pada hari Sabat.

Hal ini menyebabkan ketergantungan pada mobil pribadi untuk mencapai titik pertemuan militer di utara negara pendudukan tersebut.

Meskipun ada pernyataan dari beberapa pejabat transportasi bahwa sistem ini dipersiapkan untuk situasi darurat, kurangnya layanan pada saat-saat kritis telah menimbulkan ketidakpuasan banyak orang.

Menurut laporan Calcalist, meskipun Kementerian Perhubungan Israel mengadakan 14 rapat darurat tahun lalu, Kementerian Perhubungan dikritik karena tidak efektif dalam menangani masalah-masalah terkait transportasi selama periode perang.

Tanpa Solusi dari Menteri Perhubungan Israel

Menteri Transportasi Israel, Miri Regev banyak dikritik karena cara dia menangani krisis ini.

Meskipun Israel berjanji untuk menyediakan “pesawat ulang-alik laut” dan penerbangan menggunakan pesawat “Hercules” milik Angkatan Udara Israel, namun belum ada satupun dari rencana tersebut yang dilaksanakan.

Kementerian Pertahanan menjawab bahwa menyediakan transportasi umum pada hari Sabat dan mengatur penerbangan memakai pesawat Hercules merupakan tanggung jawab Kementerian Perhubungan.

Regev juga bertemu dengan Perdana Menteri Hongaria Viktor Orban untuk meminta perubahan rekomendasi Otoritas Penerbangan Eropa terhadap penerbangan ke Israel.

Namun, sejauh ini belum ada hasil nyata yang dicapai, sementara situasi keamanan yang terus memburuk menyebabkan banyak warga Israel terdampar di luar negeri tanpa solusi yang jelas.
 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas