Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Perang Rusia-Ukraina Hari ke-955: Karyawan PLTN Zaporizhzhia Tewas dalam Serangan Bom Mobil Ukraina

Andrei Korotkiy, karyawan di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Zaporizhzhia yang dikendalikan Rusia di Ukraina, tewas dalam serangan bom mobil.

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Suci BangunDS
zoom-in Perang Rusia-Ukraina Hari ke-955: Karyawan PLTN Zaporizhzhia Tewas dalam Serangan Bom Mobil Ukraina
Tangkap layar X
Andrei Korotkiy, karyawan di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Zaporizhzhia yang dikendalikan Rusia di Ukraina, tewas dalam serangan bom mobil, Jumat (4/10/2024). 

TRIBUNNEWS.COM - Berikut ini peristiwa yang berlangsung selama perang Rusia-Ukraina, yang telah memasuki hari ke-955 pada Sabtu (5/10/2024).

Andrei Korotkiy, seorang karyawan di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Zaporizhzhia yang dikendalikan Rusia di Ukraina selatan, tewas dalam serangan bom mobil.

Komite investigasi Rusia, yang menyelidiki kejahatan serius, mengatakan Andrei Korotkiy tewas setelah sebuah bom yang ditanam di bawah mobilnya meledak di dekat rumahnya di kota Enerhodar, tempat pembangkit itu berada.

Insiden mematikan ini terjadi pada Jumat (4/10/2024) pagi.

"Korotkiy bekerja di departemen keamanan pembangkit itu," kata komite itu.

Intelijen militer Ukraina menerbitkan sebuah video mobil Korotkiy meledak.

Dalam sebuah pernyataan, Kyiv menyebut, Korotkiy sebagai "penjahat perang" dan kolaborator, menuduhnya menindas warga Ukraina dan menyerahkan daftar karyawan pembangkit itu kepada Rusia dan kemudian menunjuk orang-orang dengan pandangan pro-Ukraina.

BERITA REKOMENDASI

Pihak berwenang di pembangkit itu, mengecam otoritas Ukraina karena mengatur pembunuhan itu.

Selengkapnya, simak peristiwa lainnya berikut ini.

Perang Rusia-Ukraina Hari ke-955:

Ukraina Serangan Depot Minyak di perbatasan Voronezh Rusia

Baca juga: Perang Rusia-Ukraina Hari ke-954: Ukraina Buka Kantor Perekrutan Pertamanya di Polandia

Ukraina mengatakan, pihaknya menyerang depot minyak di wilayah perbatasan Voronezh Rusia dalam serangan pesawat nirawak yang dilaporkan menyebabkan kebakaran besar.

Seorang sumber di dinas keamanan SBU mengatakan kepada Agence France-Presse bahwa depot dengan 20 tangki bahan bakar dan pelumas terkena serangan pesawat nirawak tersebut pada malam hari hingga Jumat

"Pertahanan udara musuh aktif tetapi tidak berhasil," kata sumber itu, seraya menambahkan ada laporan tentang "kebakaran besar".

Layanan darurat Rusia melaporkan kebakaran berkobar di atas 2.000 meter persegi (21.500 kaki persegi) di sebuah gudang yang menyimpan produk hidrokarbon di wilayah Voronezh. Gubernur wilayah Voronezh sebelumnya mengonfirmasi serangan pesawat nirawak Ukraina.

Zelensky Kunjungi Sumy Utara

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy mengatakan pada hari Jumat (4/10/2024) bahwa ia telah mengunjungi wilayah Sumy utara, dari mana Ukraina meluncurkan serangan besar ke wilayah tetangga Rusia, Kursk.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas