Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Israel Menskors Puluhan Prajurit yang Menolak Berperang Sampai Gencatan Senjata di Gaza Tercapai

130 tentara Israel menandatangani surat yang bersumpah untuk menolak bertugas kecuali pemerintah melakukan gencatan senjata

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Israel Menskors Puluhan Prajurit yang Menolak Berperang Sampai Gencatan Senjata di Gaza Tercapai
anews/tangkap layar
Seorang prajurit Israel tampak beristirahat. Dilaporkan, ratusan prajurit cadangan IDF yang bertugas di Gaza menolak berdinas hingga tercapainya kesepakatan pertukaran sandera di Jalur Gaza. 

Tentara Israel Meskors Puluhan Prajurit yang Menolak Berperang Sampai Gencatan Senjata di Gaza Tercapai

TRIBUNNEWS.COM - Tentara Israel dilaporkan mulai menskors puluhan prajurit dari divisi cadangan yang menolak bertugas dalam Perang di Jalur Gaza dan sejumlah front lain. 

Puluhan prajurit Israel itu menolak betugas dan 'akan menolak untuk melanjutkan dinas militer' kecuali kesepakatan pertukaran tahanan dan sandera tercapai dengan kelompok perlawanan Palestina di Gaza, Hamas.

Surat kabar Haaretz Selasa (15/10/2024) melaporkan, skorsing para prajurit militer Israel itu dilakukan melalui telepon.

Baca juga: Detail Operasi Yafa, 2 Milisi Al Qassam Menyusup ke Tel Aviv, Rebut Senjata Otomatis Tentara Israel

“Penangguhan para prajurit, termasuk lima yang saat ini bertugas di reserves (cadangan), dimulai dalam beberapa hari terakhir melalui panggilan telepon ke semua perwakilan prajurit – termasuk telepon ke seorang tentara yang bertugas di dalam Gaza,” katanya.

Bernada intimidasi, dalam panggilan telepon, petinggi militer Israel menanyakan seputar surat mogok bertugas dari para prajurit divisi cadangan Israel tersebut.

“Salah satu perwakilan mengatakan kepada rekan-rekan tentaranya bahwa atasannya bertanya tentang partisipasinya dalam surat mogok itu, tetapi dia membantah menandatanganinya,” kata surat kabar Israel tersebut.

BERITA REKOMENDASI

Tentara lain menggambarkan panggilan telepon sebagai “ancaman,” sementara yang lain mengatakan komandan batalionnya melakukan “telepon teguran panjang,” yang pada akhirnya menyebabkan skorsingnya, katanya.

Pekan lalu, surat kabar itu mengatakan 130 tentara Israel menandatangani surat yang bersumpah untuk menolak bertugas kecuali pemerintah melakukan gencatan senjata dan mencari kesepakatan untuk menjamin pembebasan para sandera.

Surat itu ditujukan kepada Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, menteri pemerintah dan Kepala Staf IDF Herzi Halevi.

Baca juga: Dua Serangan Mematikan Hizbullah ke Israel dalam Sehari, Kepala IDF: Sulit dan Menyakitkan

Para prajurit dari pasukan Israel (IDF) di Jalur Gaza. IDF dilaporkan mengalami krisis personel dan berniat membentuk divisi baru untuk mengatasi kekurangan prajurit di tengah gelombang kecemasan pasukan lama yang sudah mengalami titik kulminasi dari perang yang berlarut di Gaza.
Para prajurit dari pasukan Israel (IDF) di Jalur Gaza. IDF dilaporkan mengalami krisis personel dan berniat membentuk divisi baru untuk mengatasi kekurangan prajurit di tengah gelombang kecemasan pasukan lama yang sudah mengalami titik kulminasi dari perang yang berlarut di Gaza. (khaberni)

Israel memperkirakan bahwa 101 tawanan ditahan di Gaza, sementara kelompok perlawanan Palestina, Hamas, telah mengklaim bahwa banyak sandera telah tewas dalam serangan udara Israel yang tidak pandang bulu.

Upaya mediasi yang dipimpin oleh AS, Mesir, dan Qatar untuk mencapai gencatan senjata Gaza dan perjanjian pertukaran tahanan antara Israel dan Hamas telah gagal karena penolakan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu untuk menghentikan perang dan dia terus memaksakan persyaratan baru.

Syarat baru itu termasuk kengototan Netanyahu agar tentara Israel mempertahankan kendali atas Koridor Philadelphia di sepanjang perbatasan Gaza-Mesir, penyeberangan Rafah, dan mencegah kembalinya pejuang Palestina ke Gaza utara dengan memeriksa mereka yang kembali melalui Koridor Netzarim di pusat wilayah.

Hamas bersikeras adanya penarikan Israel lengkap dari Jalur Gaza dan penghentian total peperangan sebelum menerima perjanjian apa pun.

Israel melanjutkan serangan brutal di Gaza menyusul serangan lintas-perbatasan oleh Hamas pada Oktober. 7 tahun lalu, meskipun ada resolusi Dewan Keamanan PBB yang menyerukan gencatan senjata segera.

Lebih dari 42.300 orang telah tewas, sebagian besar perempuan dan anak-anak, dan lebih dari 99.000 terluka, menurut otoritas kesehatan setempat.

Serangan Israel telah menggusur hampir seluruh penduduk Gaza di tengah blokade yang telah menyebabkan kekurangan makanan, air bersih dan obat-obatan.

Israel menghadapi kasus genosida di Mahkamah Internasional atas tindakannya di Gaza.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas