Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Siap-siap, Israel Segera Serang Iran di Akhir Pekan, IRGC: THAAD Tak Akan Bisa Lindungi Tel Aviv

Di sisi lain, Iran bersumpah akan memberikan respons yang “lebih menyakitkan” jika terkena serangan Israel yang katanya segera di akhir pekan.

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Siap-siap, Israel Segera Serang Iran di Akhir Pekan, IRGC: THAAD Tak Akan Bisa Lindungi Tel Aviv
US missile defence agency
Sistem antirudal Thaad diklaim sangat efektif melawan rudal balistik, menurut produsen Lockheed Martin, pembuat senjata terbesar di AS. 

Siap-siap, Israel Segera Serang Iran di Akhir Pekan, IRGC: THAAD Tak Akan Bisa Lindungi Tel Aviv

TRIBUNNEWS.COM - Tanda-tanda Israel segera menyerang Iran makin tampak jelas.

Perusahaan Penyiaran Israel, KAN Rabu (23/10/2024) melaporkan, kalau Israel 'dalam waktu dekat' akan menyerang Iran meskipun ada tekanan dari Amerika Serikat yang menyerukan pelonggaran serangan tersebut. 

Perusahaan tersebut menggambarkan situasi saat ini sebagai “salah satu masa paling tegang dan kompleks dalam sejarah Israel.

Baca juga: Iran Terima Lisensi Rusia untuk Produksi Sendiri Jet Tempur Canggih Su-30 dan Su-35 di Dalam Negeri 

”Ini dilakukan dalam rangka persiapan kemungkinan serangan terhadap Iran, sebagai tanggapan atas serangan rudalnya terhadap Israel," kata laporan media tersebut dilansir Khaberni, Kamis (24/10/2024).

Sejumlah kabar menyebut, Israel diperkirakan akan menyerang Iran pada akhir pekan ini, antara Jumat hingga Minggu, setelah sebelumnya membuat persiapan untuk melemahkan pembalasan Iran nantinya.

Dalam persiapan itu, Israel dilaporkan mengebom sejumlah target strategis proksi Iran di Suriah dan Lebanon serta mengeleminasi tokoh-tokoh yang dianggap berkompeten mengarahkan serangan balasan ke Israel nantinya.  
 
"Pihak berwenang melaporkan bahwa serangan Israel terhadap Iran “segera terjadi,” berdasarkan apa yang dikonfirmasi oleh para pejabat Israel yang namanya tidak diungkapkan," kata laporan tersebut.

BERITA REKOMENDASI

Laporan juga mengindikasikan kalau Amerika Serikat menyadari bahwa serangan Israel terhadap Iran mungkin akan segera terjadi, namun tekanan Amerika terfokus pada tentang bagaimana Iran akan membalasnya.

Pada Selasa malam, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan Menteri Pertahanan Yoav Galant mengadakan konsultasi terbatas dengan pejabat keamanan senior untuk membahas kemungkinan serangan terhadap Iran.

Selama kunjungan Menteri Luar Negeri AS Anthony Blinken ke Israel, Gallant meminta AS untuk mendukung Tel Aviv dalam serangan mendatang terhadap Iran, karena hal ini akan “memperkuat pencegahan regional.”

Menteri Pertahanan Israel, Yoav Gallant (tengah) mengunjungi pasukan yang bertempur di Jalur Gaza dan melakukan penilaian situasi dengan para komandan di Rafah, Gaza pada 13 Maret 2024.
Menteri Pertahanan Israel, Yoav Gallant (tengah) mengunjungi pasukan yang bertempur di Jalur Gaza dan melakukan penilaian situasi dengan para komandan di Rafah, Gaza pada 13 Maret 2024. (Ariel Hermoni (GPO) / Handout – Anadolu Agency)

Serangan Besar-besaran Israel 

Menteri Pertahanan Israel, Yaov Gallant mengatakan, serangan udara yang rencananya akan dilakukan Israel terhadap Iran akan menunjukkan kepada dunia sejauh mana kekuatan tentara Israel.

Baca juga: Menhan Israel: Dunia akan Paham Dahsyatnya Persiapan IDF Setelah Kami Menyerang Iran

Hal itu dilontarkan Gallant dalam kunjungannya ke Pangkalan Udara Hatzerim, Rabu. Pada kesempatan itu, Gallant menegaskan kalau Israel masih bertekad untuk membalas serangan Iran.


Dalam sebuah video yang diterbitkan oleh kantornya, Gallant mengatakan, “Setelah serangan terhadap Iran, semua orang di dalam dan di luar Israel akan memahami kekuatan tentara kami dan persiapannya.”

Gallant juga menulis di platform (X) bahwa setiap musuh yang mencoba merugikan Israel “akan membayar harga yang mahal,” dan menjelaskan bahwa cakupan tujuan Israel telah menjadi bahan diskusi panjang antara Israel dan pemerintahan Presiden AS Joe Biden.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas