Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ratusan Hoaks Bom Pesawat Bebas Beredar di X, Platform Sosmed Elon Musk Bikin India Meradang

Karena kekacauan di X selama bulan Oktober ini, pemerintah India bahkan secara resmi memberi peringatan terhadap platform sosmed milik Elon Musk

Penulis: Bobby W
Editor: Facundo Chrysnha Pradipha
zoom-in Ratusan Hoaks Bom Pesawat Bebas Beredar di X, Platform Sosmed Elon Musk Bikin India Meradang
X/Twitter
Para penumpang pesawat Vistara Ailines dievakuasi setelah adanya ancaman bom pada Jumat (6/9/2024). selama pertengahan bulan Oktober ini saja, setidaknya ada 275 ancaman bom pesawat yang diunggah ke X sehingga membuat pemerinta India meradang pada Elon Musk 

TRIBUNNEWS.COM - Pelantar digital atau platform media sosial X bisa dibilang membuat Pemerintah India jadi bulan-bulanan selama sebulan terakhir.

Hal ini terjadi karena maraknya penyebaran kabar hoaks terkait ancaman bom pada berbagai maskapai di India pada platform yang semula bernama Twitter tersebut.

Dikutip dari Channel News Asia, selama pertengahan bulan Oktober ini saja, setidaknya ada 275 ancaman bom yang diunggah ke X.

Berdasarkan data dari kantor berita Press Trust of India (PTI), semua ancaman yang diunggah pada platform media sosial yang dimiliki Elon Musk tersebut terbukti palsu.

Ratusan ancaman bom palsu tersebut juga memberikan dampak serius pada negara-negara selain India yang rute penerbangannya juga ikut terhubung langsung.

Karena semua ancaman bom tersebut ditanggapi dengan serius oleh berbagai aparat penegak hukum lintas negara, rute penerbangan seluruh maskapai di India pada bulan Oktober ini mengalami kekacauan yang cukup parah.

Beberapa ancaman tersebut menyebabkan pesawat dialihkan ke Kanada dan Jerman.

BERITA REKOMENDASI

Bahkan, ada satu ancaman bom di X yang membuat pemerintah negara Singapura turut mengerahkan jet tempurnya untuk mengawal penerbangan pesawat dari India di atas wilayah udara Inggris dan Singapura sendiri.

Karena kekacauan yang terjadi di X selama bulan Oktober ini, pemerintah India bahkan secara resmi memberi peringatan terhadap platform media sosial yang dimiliki oleh Elon Musk tersebut dengan konsekuensi tindakan hukum.

"Tindakan jahat berupa ancaman bom palsu terhadap maskapai tersebut berpotensi mengancam ketertiban umum dan keamanan negara," demikian pernyataan pemerintah India  melalui Kementerian Teknologi dan Informasi India (MEITy) yang dirilis pada Sabtu (26/10/2024).

"Ancaman bom palsu ini, selain berdampak pada banyak warga, juga mengganggu keamanan ekonomi negara." ungkap MEITy.

Baca juga: Jelang Festival Diwali, Maskapai India Terima Ratusan Ancaman Bom Palsu

Pemerintah India tahu betul bahwa semua ancaman bom tersebut dilakukan oleh sejumlah warganet yang tak bertanggungjawab.


Namun demikian, hal ini tak membebaskan tanggung jawab X untuk melakukan moderasi yang ketat pada platform mereka terkait kabar bohong atau hoaks.

"Pembebasan dari tanggung jawab untuk informasi pihak ketiga tidak berlaku jika perantara ini tidak mengikuti kewajiban kehati-hatian,"  ungkap pernyataaan tersebut

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas