Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Techno

Autodesk Kenalkan Software Spark dan Printer 3D

Printer 3D keluaran Autodesk yang akan mendukung Spark dalam mewujudkan bentuk 3D printing berkualitas

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Fajar Anjungroso
zoom-in Autodesk Kenalkan Software Spark dan Printer 3D
IST

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Autodesk menghadirkan dua terobosan terbaru yakni software Spark dan memperkenalkan printer 3D terbaru.

Spark, sebuah platform software terbuka andalan untuk pencetakan 3D serta praktis untuk model 3D. Keunggulannya pengguna dapat lebih mudah mengontrol bentuk dari hasil akhir ketika telah di cetak dengan menggunakan printer 3D.

Printer 3D keluaran Autodesk yang akan mendukung Spark dalam mewujudkan bentuk 3D printing berkualitas. Kedua terobosan ini akan memperlihatkan kekuatan dari platform Spark serta menjadi tolok ukur bagi pengalaman dalam menggunakan 3D printing bagi pengguna.

"Secara bersama-sama, terobosan ini akan menjadi alat yang dapat digunakan oleh desainer, produsen perangkat keras, pengembang software dan ilmuwan material untuk mengeksplorasi teknologi 3D printing," kata Carl Bass, Presiden dan Chief Executive Officer, Autodesk, Jumat (16/5/2014).

Carl bass mengatakan selama bertahun-tahun 3D printing telah membuatnya terpesona tetapi dilain sisi juga membuatnya frustrasi. Ini yang mendorong Autodesk menciptakan Spark tersedia secara gratis untuk manufaktur hardware dan siapa saja yang tertarik.

Sama dengan printer 3D buatan Autodesk, desain printer ini akan tersedia untuk publik sehingga memungkinkan pengembangan dan eksperimen lebih lanjut.

Printer ini dapat mencetak model 3D dari berbagai jenis bahan, baik yang diproduksi oleh Autodesk atau produsen lain. "Autodesk tentunya juga akan mengeksplorasi bahan-bahan baru yang dapat digunakan untuk printer tersebut," katanya.

Dunia baru saja menyadari potensi manufakturing aditif dan dengan adanya Spark Autodesk berharap dapat memungkinan dilakukannya penggabungan 3D printing kedalam proses desain dan manufakturing.

"Dalam beberapa bulan ke depan, Autodesk akan bekerja sama dengan pabrikan hardware agar dapat mengintegrasikan platform Spark dengan printer 3D yang ada saat ini maupun yang akan datang. Kedua terobosan baru Autodesk Spark dan printer 3D tersebut akan tersedia tahun ini," katanya.

3D printing memungkinkan kita untuk menciptakan berbagai macam hal yang telah ada saat ini dengan kualitas yang lebih baik, bahkan menciptakan berbagai macam hal baru yang belum terbayangkan sebelumnya.

Tags:
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas