Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Techno

Steve Jobs Berangan-angan Semua Tempat Sediakan WiFi Gratis

Mossberg menceritakan Jobs dulu senang berjalan-jalan keliling lingkungan rumahnya sambil menenteng iPhone generasi pertama yang dirilis pada 2007.

Editor: Fajar Anjungroso
zoom-in Steve Jobs Berangan-angan Semua Tempat Sediakan WiFi Gratis
net
Steve Jobs 

TRIBUNNEWS.COM – Mendiang Steve Jobs ternyata pernah berangan-angan membangun jaringan WiFi gratis yang bisa dipakai semua orang. Hal itu diungkapkan oleh jurnalis Recode, Walt Mossberg, yang diketahui dekat dengan pendiri Apple tersebut.

Mossberg menceritakan Jobs dulu senang berjalan-jalan keliling lingkungan rumahnya sambil menenteng iPhone generasi pertama yang dirilis pada 2007.

Ponsel pelopor teknologi layar sentuh itu dikenal memiliki koneksi data seluler yang payah sehingga terpaksa mengandalkan WiFi untuk mendapat kecepatan sambungan data yang memadai.

Oleh sebab itulah, iPhone dilengkapi dengan fitur pendeteksian WiFi secara otomatis. Jaringan WiFi yang tersedia di sekitar pengguna bakal ditampilkan di layar, sehingga si empunya ponsel bisa langsung memilih.

Sayangnya, kebanyakan jaringan WiFi yang muncul di iPhone tidak bisa langsung dipakai karena dikunci dengan  password. Ini pula yang dialami oleh Jobs dengan iPhone miliknya.

Ide muncul di kepala Jobs. Bagaimana jika, di samping jaringan utama yang dikunci password, perangkat-perangkat router WiFi di semua tempat, mulai lingkungan perumahan, restoran, hingga perkantoran turut menyediakan jaringan terpisah bernama “guest network” yang terbuka untuk publik?

Dengan cara ini, pengguna smartphone bisa senantiasa terhubung ke internet melalui jaringan WiFi tanpa harus login. Ketika berpindah tempat pun, pengguna bisa langsung beralih ke jaringan WiFi lain, mirip koneksi data seluler yang berpindah-pindah BTS ketika ponsel bergerak.

BERITA TERKAIT

Sebagian bandwidth internet milik si empunya router dialokasikan untuk jaringan WiFi publik, namun jaringan WiFi utama, termasuk perangkat-perangkat yang saling terhubung di dalamnya, tetap terpisah dan tidak bisa diakses oleh orang luar.

Jobs pun bertekad mewujudkan hal ini. Dia ingin menggabungkan perusahaan-perusahaan lain ke dalam sebuah konsorsium untuk menetapkan standar WiFI gratis di semua router. Sayang, konsorsium itu tak kunjung terwujud sampai Jobs meninggal pada 2011.

Sebenarnya beberapa produsen router telah menanamkan opsi untuk mengaktifkan “guest network” di produk-produk router, contohnya Apple sendiri dengan router AirPort. Begitu pula yang dilakukan sejumlah penyedia layanan internet yang menyewakan modem/ router wireless ke pelanggan di lingkungan komersil atau perumahan.

Masih terdapat beberapa kendala, seperti kesulitan teknis bagi pengguna, kekhawatiran soal keamanan jaringan, hingga kemungkinan munculnya “penumpang gelap” yang menyedot bandwith tanpa membayar. Namun, dalam perkembangannya nanti, boleh jadi impian Jobs bakal segera menjadi kenyataan.

Tags:
Sumber: Kompas.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas