Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Ngemil Sehat

Butuh Cemilan Sehat? Yuk, Beralih ke Gandum Dengan 10 Manfaatnya!

Tren olahraga dan konsumsi cemilan sehat meningkat pada generasi milenial. Jauh dibandingkan pada generasi X dan Baby Boomer.

Butuh Cemilan Sehat? Yuk, Beralih ke Gandum Dengan 10 Manfaatnya!
I Love Life
Gandum memang sedang tren di daftar cemilan sehat. Sebenarnya apa saja manfaatnya? 

TRIBUNNEWS.COM -  Generasi milenial dikatakan sangat peduli dengan gaya hidup sehat. Berdasarkan survei Goldman Sachs Investment Research, tren olahraga dan konsumsi cemilan sehat meningkat dibandingkan pada generasi X dan Baby Boomer.

Salah satu yang populer sekarang ini adalah makanan berbahan gandum. Meski sudah tahu sehat, kamu sendiri tahu nggak sih apa saja manfaat gandum bagi kesehatan kamu? Cek 10 manfaatnya di bawah ini!

Mengandung 6 sampai 9 nutrisi penting

Iya, iya percaya deh kalau gandum mengandung banyak nutrisi. Tapi, tahu nggak setidaknya ada 6 sampai 9 vitamin dan mineral yang kita dapatkan ketika mengkonsumsi gandum!

Mulai dari  mineral fosfor dan magnesium yang baik untuk tulang, zat besi, asam folat, sampai vitamin E, B1 dan B5. Vitamin B5 atau asam pantotenat adalah nutrisi yang penting untuk proses metabolisme kamu.

Kaya akan antioksidan

Gandum murni mengandung beberapa senyawa penting, salah satunya adalah antioksidan. Antioksidan dapat mencegah penyakit jantung serta menangkal radikal bebas dalam tubuh.

Baca: 6 Cemilan sehat Di Bawah 20 Ribu yang Enggak Bikin Kantong Jebol

Menurunkan kadar kolesterol

Kandungan serat yang tinggi dalam gandum rupanya tidak hanya dapat membuat kita kenyang lebih lama, tetapi juga dapat menurunkan kadar kolesterol yang tinggi sehingga menghindarkan kamu dari masalah kesehatan serius, seperti stroke.

Sumber energi

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam International Journal of Sport Nutrition and Exercise Metabolism mengungkapkan gandum mampu menghasilkan energi dalam tubuh karena kaya protein. Jangan lupa memulai hari dengan sarapan gandum ya!

Menjaga kesehatan kulit

Ternyata banyak loh brand kecantikan yang menggunakan gandum sebagai salah satu bahan produk mereka. Rupanya zat besi dalam gandum baik untuk menutrisi kulit.

kalbe-260419-1
Masker gandum bisa mempercantik kulit.

Menurunkan tekanan darah

Rupanya bukan cuma bisa menurunkan kolesterol, gandum juga berguna untuk menurunkan tekanan darah. Keren!

Mengurangi risiko asma

The American Lung Association mengatakan bahwa sekitar 20 juta orang Amerika mengalami asma. Sebagai solusinya, anak-anak diberikan biji-bijian gandum untuk mencegah terjadinya asma pada anak. Selama survei berlangsung, penyakit asma mengalami penurunan sebanyak 66%.

Memelihara pembuluh darah

Kandungan flavonoid dan antioksidan yang tinggi pada camilan sehat ini diduga berperan dalam memelihara kesehatan pembuluh darah sehingga aliran darah lancar, dari jantung hingga ke seluruh tubuh.

Terhindar dari kanker usus

Menurut dr. Matthew Brennecke dari Rocky Mountain Wellness Clinic di Colorado, Amerika Serikat, serat dari gandum yang bersifat larut dan tidak larut bisa melancarkan proses pencernaan. Kandungan serat yang tinggi ini  diyakini dapat meminimalisir risiko terkena penyakit kanker usus besar.

Baca: Malas Konsumsi Cemilan Sehat, 3 Penyakit Ini Rentan Dialami Milenial

Mencegah diabetes

Kandungan magnesium yang tinggi pada camilan sehat ini tidak cuma baik untuk tulang loh! Zat ini juga mampu mengatur kadar insulin dan glukosa dalam tubuh sehingga menghindarkan kamu dari gejala diabetes.

Jadi, masih ragu untuk mengkonsumsi gandum? Memang sih rasa hambar pada gandum terkadang membuat kita tidak nafsu. 

Untungnya sekarang ada Fitchips, yaitu cemilan sehat multigrain yang mengandung tiga jenis gandum sekaligus! Bukan  cuma oat, tetapi juga ada quinoa dan whole wheat. Sudah sehat, gurih pula!

Seperti manfaat-manfaat di atas, gandum pada Fitchips mampu menstabilkan darah, mengandung serat yang tinggi serta memiliki Low GI (Glycemic Index) sehingga mencegah kamu dari diabetes sejak dini!

Fitchips, cemilan sehat tanpa micin.
Fitchips, cemilan sehat tanpa micin. (Kalbe Store)

Perlu diketahui, cemilan sehat ini bebas MSG dan tidak menggunakan bahan pewarna, bahan pengawet, hingga pemanis buatan.

Penulis: Dana Delani

Ikuti kami di
Add Friend
  Loading comments...

Berita Terkait :#Ngemil Sehat

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas