Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

MPasi Zaman Now

Injak Usia 6 Bulan, Bagaimana Cara Sajikan Buah untuk Bayi?

Saat berusia 1 tahun si kecil membutuhkan MPasi. Pada masa-masa pertama tidak semua buah untuk bayi bisa dicerna secara utuh.

Injak Usia 6 Bulan, Bagaimana Cara Sajikan Buah untuk Bayi?
iStock
Memberi makan buah untuk bayi tidak terlalu mudah, khususnya bayi yang suka pilih-pilih makanan. 

TRIBUNNEWS.COM –Tidak bisa dipungkiri ASI merupakan sumber gizi terbaik untuk bayi. Namun, saat berusia 6 bulan, Si Kecil membutuhkan makanan pendamping ASI (MPasi) yang lengkap dengan makronutrient (protein lemak dan karbohidrat) dan mikronutrient (vitamin dan mineral).

Perlu diketahui, pada masa-masa pertama buah untuk bayi tidak bisa dicerna secara utuh.

Menurut dr. Muliaman Mansyur, Head of Medical Kalbe Nutritionals, sang ibu bisa menyajikan buah buahan dalam bentuk puree buah. Buah-buahan ini disajikan sebagai snack bukan sebagai makanan utama. Tujuannya untuk memperkenalkan rasa dan tekstur cair pada si kecil.

Sedangkan pada usia 8-12 bulan, bayi mulai mencicipi buah dalam bentuk utuh, hanya saja buah yang dipilih masih berbentuk lunak sehingga lembut di lidah bayi.

Lalu, buah apa saja yang baik untuk anak berumur 6 bulan?

Apel tidak cuma kaya vitamin A dan C, tetapi juga mengandung banyak mineral seperti kalium, fosfor, dan magnesium yang baik untuk pertumbuhan tulang anak.  Selain itu, Anda juga bisa memberikan buah pisang karena mengandung pati resistant yang berfungsi untuk melancarkan pencernaan.

Anda juga bisa memberikan stroberi karena kandungan folatnya bisa menambah daya ingat anak pada masa pertumbuhan.

Baca: Apa Itu Nutrisi Mikro dan Makro Serta Fungsinya Untuk Ibu Hamil?

Sayangnya, memberi makan buah untuk bayi tidak terlalu mudah, khususnya bayi yang suka pilih-pilih makanan. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar si kecil menyukai makan buah:

Kenalkan Berulang-ulang

Jangan menyerah ketika si kecil menolak untuk makan buah-buahan. Hal ini bisa disebabkan karena ia tidak terlalu familiar dengan bentuk dan rasanya. Yang perlu Anda lakukan adalah memberikannya pengenalan secara berulang-ulang.

dr Meta Hanindita, SpA dari RSUD Dr Soetomo Surabaya menjelaskan, setidaknya kita butuh menawarkan 15-20 kali buah yang sama.

Berikan contoh kepada anak

Ilustrasi.

Ilustrasi. (Parents Magazine)

Karena masih dalam tahap belajar, anak Anda membutuhkan teladan ketika mengkonsumsi buah sehingga ia tahu betapa pentingnya sumber gizi tersebut.

Pola makan anak sendiri terbagi menjadi jam makanan utama anak sebanyak tiga kali dan snack dua kali. Anda bisa memberikan makan buah pada jam cemilan dan cobalah untuk makan bersamanya.

Buat waktu makan buah jadi menyenangkan

Anak perlu tahu bahwa mengkonsumsi buah adalah hal yang menyenangkan. Anda bisa memberikan buah sambil mengajarkan macam-macam bentuk buah kepada Si Kecil, entah itu bulat atau oval.

Bunda juga bisa memberikan Milna Nature Delight, puree buah yang dikemas praktis dan berwarna-warni sehingga Si Kecil bisa sekaligus mengkonsumsi makanan sehat sambil belajar warna.

Snack sehat ini terdiri dari tiga varian rasa, yaitu Oranye (wortel, apel, pumpkin), Hijau (pisang, apel, stroberi), dan Merah (apel dan peach).

Baca: Bayi Lahir Stunting, Ketahui Sebab dan Pencegahannya

Milna Nature Delight tidak mengandung pengawet dan pewarna, ataupun bahan kimia lainnya. Produk ini diproses dengan teknologi pasteurisasi yang membunuh mikroorganisme sehingga aman dikonsumsi Si Kecil.

Selain itu, puree ini juga tidak mengandung gula tambahan, sehingga rasanya adalah 100% buah asli. Dengan campuran rasa buah ini, Si Kecil bisa belajar banyak rasa dan juga makan sendiri karena kemasannya yang praktis sehingga mudah dibawa kemana-mana.

Milna Nature Delight berasal dari berbagai macam buahseperti pisang, apel, wortel, stroberi, peach, dan labu. 100% alami tanpa pemanis dan bahan pengawet.

Milna Nature Delight berasal dari berbagai macam buahseperti pisang, apel, wortel, stroberi, peach, dan labu. 100% alami tanpa pemanis dan bahan pengawet. (Kalbe Store)

Cara makan buah zaman ‘now’ ini lebih praktis karena bisa dibawa kemana-mana sehingga si kecil tetap bisa ngemil sehat ketika bepergian.

Penulis: Dana Delani

Ikuti kami di
Add Friend
  Loading comments...

Berita Terkait :#MPasi Zaman Now

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas