Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Lawan Faktor U

Susu dengan Antioksidan, Senjata Ampuh Hadapi Faktor U

Antioksidan bermanfaat untuk menangkal radikal bebas. Penting bagi orang dewasa mengkonsumsi susu dengan antioksidan.

Susu dengan Antioksidan, Senjata Ampuh Hadapi Faktor U
Shutterstock
Susu dengan antioksidan punya banyak manfaat, salah satunya mencegah penuaan dini. 

TRIBUNNEWS.COM – Sekarang ini tubuh mudah terpapar oleh radikal bebas. Saat menjalani gaya hidup tidak sehat, secara tidak sadar radikal bebas sudah masuk ke dalam tubuh kita. Baik melalui pola makan yang tidak buruk, stres, merokok, dan rutin minum alkohol. Adapun radikal bebas berasal dari lingkungan, seperti paparan sinar matahari dan polusi udara. Oleh karena itu, tubuh butuh nutrisi yang tinggi antioksidan.

Antioksidan bermanfaat untuk menangkal radikal bebas. Penting bagi orang dewasa mengkonsumsi susu dengan antioksidan. Apabila tubuh kekurangan antioksidan, paparan radikal bebas ini dapat menyebabkan kerusakan sel yang memicu penuaan dini dan menyebabkan gejala-gejala faktor U muncul lebih awal. Jika tidak ditangani dengan baik tentu bisa menyebabkan penyakit.

Seperti apa radikal bebas itu?

Senyawa radikal bebas memang bermanfaat untuk manusia. Sifat destruktifnya berguna untuk menghancurkan bakteri dan mempertebal sistem imun Anda. Namun, jika jumlah radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh sangat tinggi, tentu akan memicu terjadinya stres oksidatif. Proses oksidasi ini bisa berbalik menyerang kekebalan tubuh seseorang.

Baca: Tulang Keropos dan Pentingnya Konsumsi Susu Tinggi Kalsium

Salah satu yang sering terjadi akibat stres oksidatif adalah penuaan dini. Hal ini terlihat pada perubahan tubuh Anda, seperti memicu timbulnya sakit pada sendi, mudah terserang virus, rambut tipis, bahkan hingga pengeroposan tulang.

Ilustrasi badan pegal linu.
Ilustrasi badan pegal linu. (Medical News Today)

Mengapa tubuh butuh antioksidan?

Antioksidan dapat memperlambat proses oksidasi dalam tubuh dengan cara menteralkan tubuh dari radikal bebas. Sebenarnya tubuh memiliki kemampuan untuk memproduksi glutathione, yaitu antioksidan alami yang berfungsi mengatasi radikal bebas. Sayangnya, jumlah senyawa ini tidak seimbang dengan radikal bebas yang ada dalam diri kita.

Kekurangan zat antioksidan menyebabkan munculnya penuaan dini, apalagi ketika Anda menginjak usia 30-an. Faktor “U” memang tidak bisa dihindari. Fisik yang semakin menua turut membuat sistem imun dalam tubuh berkurang. Melemahnya kekekalan tubuh ini dapat membuat Anda rentan terserang berbagai penyakit yang disebabkan virus, parasit, dan bakteri jahat.

Anda perlu mengkonsumsi susu dengan antioksidan karena melalui vitamin E dan beta-karoten di dalamnya, nutrisi ini berperan dalam membantu melawan stres oksidatif. Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Kansas menunjukkan bahwa orang dewasa yang mengkonsumsi susu dengan antioksidan memiliki kadar glutathione lebih tinggi. Seperti dijelaskan di atas, kandungan ini merupakan antioksidan kuat pada otak.

Susu dengan antioksidan Entrasol bisa memenuhi kebutuhan nutrisi Anda. Berasal dari ekstrak zaitun, kandungan antioksidan ini dapat memperlambat proses penuaan dini dan menangkal radikal bebas serta mencegah penyakit jantung koroner. Entrasol juga merupakan susu tinggi kalsium yang berfungsi untuk memperkuat gigi dan tulang saja.

Kemudian kalsium juga dibutuhkan oleh orang dewasa sebagai obat relaksasi alami untuk menenangkan otot dan sendi yang kaku. Badan cepat pegal disebabkan kurangnya kalsium pada tubuh. Bagi Anda yang tetap menginginkan tubuh ideal setelah minum susu, tenang saja! Entrasol mengandung lemak lebih sedikit dibanding susu sejenis.

Susu Entrasol memiliki nutrisi lengkap untuk harian Anda. Badan jadi anti pegal dan lelah.
Susu Entrasol memiliki nutrisi lengkap untuk harian Anda. Badan jadi anti pegal dan lelah. (Kalbe Store)

Untuk melengkapi kebutuhan nutrisi Anda, cukupi kandungan kalsium dan antioksiodan dengan makanan bergizi lainnya. Berikut beberapa jenis makanan yang perlu dikonsumsi orang dewasa:

Zaitun

Minyak zaitun kaya akan banyak vitamin, termasuk A, D, K, dan E yang berperan penting untuk mencegah penuaan dini. Antioksidan juga kuat hadir dalam minyak zaitun, yang berguna untuk membantu regenerasi sel kulit baru.

Almond

Bisa dibilang almond memiliki banyak manfaat dibandingkan jenis kacang pada umumnya. Selain berguna untuk menurunkan kadar gula darah yang dibutuhkan oleh pengidap diabetes, almond mengandung sekitar 320 mg kalsium yang baik untuk membangun massa otot. Tak cuma kalsium, almond juga kaya akan antioksidan karena memiliki kandungan serat yang sehat dan vitamin E yang bagus untuk kesehatan kulit dan rambut.

Jeruk

Konsumsilah jeruk tanpa perlu diolah dalam bentuk apapun. Pasalnya, vitamin C pada buah ini tinggi akan kalsium dan juga mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Jeruk rendah kalori tetapi mengandung pektin yang baik untuk metabolisme Anda. Zat ini juga melindungi selaput lendir usus dengan mengurangi zat-zat beracun  yang berada pada usus besar.

Salmon

Salmon merupakan salah satu makanan paling tinggi gizi di dunia. Mengapa tidak? Tak hanyaasam lemak Omega 3 saja, konsumsi salmon secara teratur dapat menghindarkan Anda dari osteoporosis. Vitamin B dalam salmon juga mengandung antioksidan astaxanthin, yang dapat membantu peradangan.

Tidak lupa selain mengkonsumsi gizi yang cukup, memperlambat penuaan bisa Anda lakukan dengan mengikuti gaya hidup yang sehat, istirahat cukup, dan olahraga rutin. Bye-bye faktor ‘U’!

Penulis: Dana Delani

Ikuti kami di
Add Friend
  Loading comments...

Berita Terkait :#Lawan Faktor U

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas