Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Bahagia Dengan Diabetes

5 Buah Terbaik Sebagai Makanan Untuk Diabetes

Hari buah sedunia jatuh setiap 1 Juli! Sebagai diabetesi, Anda wajib tahu buah-buahan yang aman dijadikan makanan untuk diabetes.

5 Buah Terbaik Sebagai Makanan Untuk Diabetes
Shutterstock
Ada banyak buah yang bisa dijadikan makanan untuk diabetes. Akan lebih baik, buah-buahan ini dikonsumsi secara utuh tanpa perlu diolah. 

TRIBUNNEWS.COM – Guna meningkatkan kepedulian terhadap konsumsi buah-buahan, tanggal 1 Juli pun ditetapkan sebagai Hari Buah Sedunia atau International Fruit Day. Awalnya perayaan ini ditetapkan di Jerman pada tahun 2017. Setiap tahunnya selalu dipilih “fruit of the year” agar masyarakat makin mengenal manfaat buah-buahan. Dilansir dari Jimdo, tahun ini pepaya menjadi sorotan! Tahukah Anda pepaya baik sebagai makanan untuk diabetes?

Meski memiliki indeks glikemik (IG) sedang yaitu 60, pepaya tidak akan menaikkan kadar gula darah selama dikonsumsi sesuai dengan batas kalori yang dibutuhkan setiap harinya. Buah dengan daging lunak ini kaya akan serat sehingga membuat kita kenyang lebih lama. Selain pepaya, masih banyak buah yang bisa Anda konsumsi sebagai camilan sehat. Ditambah lagi buah-buah ini dipastikan memiliki IG yang rendah. Apa saja?

Blueberry

Mengandung IG yang rendah yaitu 53, blueberry sangat aman jika dikonsumsi sebagai makanan untuk diabetes. Buah ini mengandung beragam vitamin, mulai dari vitamin C yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh, vitamin K yang penting untuk menjaga kepadatan tulang dan pembekuan darah, serta vitamin B6 yang bertugas untuk mencegah tubuh Anda terkena penyakit jantung.

Yang terpenting, blueberry memiliki kandungan anthocyanin, yaitu zat yang berfungsi untuk menyerap glukosa dalam tubuh. Tak cuma itu saja, blueberry juga bisa membantu Anda untuk menurunkan berat badan dan meningkatkan sensitivas insulin.

Baca: 5 Makanan Untuk Penyakit Diabetes Yang Mudah Ditemukan Saat Travelling

Alpukat

Bagi Anda yang menderita penyakit diabetes tipe 2, alpukat merupakan salah satu amunisi yang Anda butuhkan untuk mencegah komplikasi diabetes. Mengapa? Alpukat mengandung karbohidrat yang rendah sehingga tidak mempengaruhi kadar gula darah secara signifikan.

Meski karbohidratnya rendah, alpukat mengandung serat tinggi yang membuat Anda tahan lapar. Tak heran buah ini sangat disukai oleh mereka yang sedang menjalankan diet. Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan dalam The National Center for Biotechnology Information, orang yang mengkonsumsi alpukat mengalami peningkatan pada sensitivitas insulin sehingga baik dikonsumsi sebagai makanan untuk diabetes.

5 Buah Terbaik Sebagai Makanan Untuk Diabetess

Apel

Khasiat apel sungguh besar bagi kesehatan, apalagi bagi Anda yang mengidap penyakit diabetes. Sebuah studi yang diterbitkan dalam British Medical  Journal, makan satu buah apel utuh bisa mengurangi risiko diabetes. Hal ini disebabkan kandungan oksidan pada apel: quercetin, chlorogenic acid, dan phlorizin.

Quercetin mampu membantu untuk memperlambat pengolahan karbohidrat dan berfungsi untuk mencegah naiknya gula darah. Chlorogenic acid mampu membantu tubuh memanfaatkan gula secara lebih efisien, sedangkan phlorizin membantu memperlambat penyerapan gula dan menurunkan tingkat gula darah.

Stroberi

Makanan untuk diabetes selanjutnya adalah stroberi. Dilansir dari KlikDokter, stroberi memiki IG yang terbilang cukup rendah, yaitu sebesar 40. Maka bagi Anda yang mengidap penyakit diabetes, buah ini sangat aman untuk dikonsumsi. Yang paling penting stroberi memiliki banyak manfaat untuk diabetesi tipe 2.

Diantaranya buah stroberi dapat mengatur kadar gula darah dan mencegah komplikasi berlanjut karena kandungan antioksidan anthocyanin. Stoberi juga merupakan buah rendah kalori yang kaya akan serat sehingga sangat penting bagi diabetesi. Setengah cangkir stroberi akan memberikan 25  kalori untuk tubuh yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kiwi

Mengkonsumsi kiwi sebanyak 200 gram setiap harinya terbukti bisa membantu menjaga kadar glukosa darah dalam tubuh. Buah ini mengandung serat larut yang dapat menyerap gula lebih lambat, kemudian kiwi memiliki IG yang rendah, yaitu 48,5.

Ketika Anda mengkonsumsi makanan untuk diabetes yang kaya akan serat larut dan rendah IG, penting juga bagi diabetesi untuk menjaga komposisi asupan makanan dan dibarengi dengan olahraga yang teratur agar mencegah terjadinya komplikasi diabetes.

Baca: 4 Cara Ini Bisa Bantu Anda Untuk Atasi Gula Darah Tinggi Usai Lebaran

Pilihlah asupan nutrisi makanan pengganti yang bisa membantu menjaga kadar gula darah tetap terkontrol. Diabetasol mengandung Vitadigest Pro yang merupakan karbohidrat lepas lambat, dan indeks glikemik rendah sebagai asupan nutrisi lengkap dan seimbang.

Konsumsi 4 sendok takar setiap pagi pada waktu sarapan dan malam hari, agar gula darah tetap stabil dan membuat Anda kenyang lebih lama. Produk ini tersedia dalam bentuk susu, snack bar, dan sweetener.

Penulis: Dana Delani

Ikuti kami di
Add Friend
  Loading comments...

Berita Terkait :#Bahagia Dengan Diabetes

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas