Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
kalbe-health-corner

5 Menu Sarapan Sehat Dengan Biji Chia Buat Kamu Yang Super Sibuk

Tidak sulit jika ingin hidup fit. Kamu bisa memulainya dengan mengonsumsi menu sarapan sehat. Nah, coba deh 5 menu sarapan pagi dengan biji chia ini!

zoom-in 5 Menu Sarapan Sehat Dengan Biji Chia Buat Kamu Yang Super Sibuk
Shutterstock
Menjadikan biji chia sebagai menu sarapan sehat, mengapa tidak? 

TRIBUNNEWS.COM – Tidak sulit jika ingin hidup fit. Kamu bisa memulainya dengan mengonsumsi menu sarapan sehat. Sayangnya, banyak yang berpikiran membuat sarapan sehat sangat menyulitkan. Entah itu karena kesibukan yang padat atau kemacetan yang membuat waktu semakin sempit.   

Sebenarnya ada banyak jenis makanan sehat yang bisa Anda persiapkan secara mudah. Salah satunya dengan menggunakan biji chia. Selain tinggi serat sehingga melancarkan pencernaan, biji chia juga memiliki kandungan oksidan yang tinggi agar tubuh terhindar dari radikal bebas.

Nah, untuk menikmati semua manfaat di atas saatnya membuat menu sarapan sehat yang simpel dan cepat dengan menggunakan biji chia! Berikut beberapa menu yang bisa Anda terapkan.

Pudding Chia Vanilla Kayu Manis

Tidak hanya bisa menjadi makanan penutup, puding juga asyik disajikan sebagai menu sarapan pagi. Anda hanya perlu menyiapkan tapioka, biji chia, susu almond atau susu murni rasa vanila sebagai krim.

Kemudian, tambahkan kayu manis untuk membuat rasa puding beras tidak terlalu keras. Tambahkan roti sebagai topping dan buah-buahan. Tidak perlu khawatir berat badan naik, puding chia rendah kalori sehingga aman dikonsumsi bagi yang menjalankan diet.

Baca: 8 Manfaat Chia Seeds, Menu Sarapan Pagi Kaya Nutrisi!

Selai Biji Chia

BERITA REKOMENDASI

Siapa sangka ternyata chia bisa dijadikan selai yang nikmat? Anda hanya tinggal mengkombinasikan biji chia, yoghurt, dan stroberi atau anggur yang sudah diblender. Campurkan semua hingga merata, lalu oleskan pada roti. Praktis sekali, kan?

Bubur Biji Chia Dengan Topping Kacang

Pagi-pagi paling enak sarapan bubur! Kalau bosan sarapan bubur ayam, mengapa tidak coba bubur chia? Dijamin tidak menghabiskan banyak waktu.

Campurkan susu almond dan santan (sajikan sebelum tidur) dalam panci kecil, kemudian didihkan dengan api sedang. Tambahkan biji chia dan pisang tumbuk, lalu aduk bahan selama 7 menit hingga mengental. Sebagai sentuhan akhir, Anda bisa menambahkan kacang dan serpihan kelapa.

5 Menu Sarapan Pagi Dengan Biji Chia Buat Kamu Yang Super Sibuk

Bar Granola

Membuat bar granola sebagai menu sarapan pagi tidak susah loh. Anda hanya perlu mempersiapkan 1 cangkir kurma yang sudah dihaluskan, 1/4 cangkie selai kacang, 1 1/2 oat, 1/4 cangkir madu, dan 1 cangkir kacang cincang.

Kemudian, tambahkan 2 sendok biji chia. Ratakan adonan di atas loyang dan biarkan mengeras di dalam lemari es. Selesai deh! Kamu bahkan bisa membawanya ke kantor sebagai snack.

Berry Smoothie Bowl

Menu sarapan sehat yang satu ini lebih lezat jika dikonsumsi dengan aneka buah-buahan segar. Anda hanya perlu 150 ml susu murni atau susu almond, oat, biji chia, dan campuran stroberi, pisang matang yang dibekukan, buah naga, atau buah lainnya yang sesuai dengan selera Anda.

Baca: 5 Manfaat Pentingnya Sarapan Bagi Tubuh, Mana Yang Anda Rasakan?

Entrasol Quickstart Cokelat

Bayangkan deh Anda bangun kesiangan saat ingin pergi ke kantor. Belum lagi harus menyiapkan bekal makan Si Kecil dan tidak sempat sarapan. Tenang, menu sarapan sehat yang satu ini dijamin paling praktis diantara menu lainnya!

Dilengkapi dengan biji chia, Entrasol Quickstart merupakan minuman sereal yang diperkaya dengan oat pilihan dan Pro-Fit Formula yang dapat menjaga pencernaan Anda dan berguna untuk kesehatan jantung, tulang, dan kolesterol.

Entrasol Quickstart, lebih dari minuman sereal biasa dilengkapi dengan PRO-FIT Formula untuk mengisi harimu dengan yang bernutrisi dan pas kenyangnya.
Entrasol Quickstart, lebih dari minuman sereal biasa dilengkapi dengan PRO-FIT Formula untuk mengisi harimu dengan yang bernutrisi dan pas kenyangnya. (Kalbe Store)

Anda hanya perlu menyiapkan 1 bungkus Entrasol Quickstart rasa cokelat atau vanilla veggie, kemudian seduh dengan air panas. Selesai deh! Anda juga bisa mengonsumsinya sebagai makanan ringan.

Kini selalu ada banyak cara untuk hidup sehat. Dimulai dengan sarapan bernutrisi dan mengeyangkan.

Penulis: Dana Delani

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas