Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Bahagia Dengan Diabetes

5 Tips Jaga Gula Darah Setelah Iduladha Bagi Penyandang Penyakit Diabetes

Setelah Iduladha terkadang penyandang penyakit diabetes khawatir gula darah naik akibat konsumsi daging merah. Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

5 Tips Jaga Gula Darah Setelah Iduladha Bagi Penyandang Penyakit Diabetes
dok. Shutterstock
Setelah Iduladha terkadang penyandang penyakit diabetes khawatir gula darah naik akibat konsumsi daging merah. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? 

TRIBUNNEWS.COM – Iduladha identik dengan momen makan daging bersama keluarga atau kerabat terdekat. Karena mengandung garam dan lemak, daging olahan kabarnya dapat memperburuk kondisi penyakit diabetes. Benarkah?

Daging memang merupakan sumber protein hewani terbaik karena juga mengandung asam amino yang dapat memperbaiki jaringan dan sel yang rusak. Selama dikonsumsi dengan bijak, daging merah bisa bermanfaat untuk tubuh.

Agar gula darah tidak melonjak naik, berikut 5 hal yang harus dilakukan bagi penyandang penyakit diabetes.

Rutin minum air putih

Air putih merupakan mineral bebas kalori. Minum cairan ini sepanjang hari dapat mengelola diabetes Anda. Ketika kita minum air putih, ginjal akan mengeluarkan kelebihan gula melalui urin. Penting untuk minum air putih lebih dari 8 gelas sehari.

Berendam dengan air panas

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Applied Physiology mengungkapkan, berendam air panas bisa meningkatkan sensitivitas insulin. Para peneliti melakukan eksperimen dengan meminta mereka untuk berendam di air dengan suhu 39 derajat celcius selama 1 jam.

Hasilnya ditemukan bahwa mandi air panas menyebabkan lonjakan produksi oksida nitrat (NO). NO berfungsi membantu kelancaran aliran darah dengan cara melebarkan pembuluh darah. Peserta juga menunjukkan penurunan gula darah sekaligus berkurangnya peradangan.

Baca: 5 Makanan Untuk Penyakit Diabetes Yang Mudah Ditemukan Saat Travelling

Cukupi kebutuhan serat dengan sayur dan buah untuk penyakit diabetes

Diabetesi membutuhkan asupan serat lebih banyak dari biasanya, yaitu sekitar 25-30 gram per hari. Anda bisa konsumsi sayur dan buah-buahan untuk mendapatkan kandungan serat yang tinggi. Untuk mencegah gula darah naik, pilihlah sayuran yang tidak mengandung tepung, seperti brokoli, kol, wortel, jagung, selada, sawi, dan buncis.

Bagi Penyandang Penyakit Diabetes, 5 Tips Jaga Gula Darah Setelah Iduladha

Sedangkan pada buah, pilih buah yang memiliki IG (indeks glikemik) rendah. Dilansir dari KlikDokter, stroberi memiki IG yang terbilang cukup rendah, yaitu sebesar 40. Selain itu, buah ini dapat mengatur kadar gula darah dan kaya akan serat sehingga sangat penting bagi diabetesi.

Kendalikan stres

Stres rupanya dapat menyebabkan kadar gula darah meningkat. Ketika kita stres, adrenalin meningkat dan tubuh menaikkan gula darah dengan cara meningkatkan pelepasan glukosa dalam darah. Kemudian, adrenalin juga membentuk glukosa dari asam amino atau lemak yang ada pada tubuh.

Sementara hindari kemacetan ataupun masalah pekerjaan untuk menstabilkan gula darah setelah konsumsi daging kurban. Anda juga bisa menghilangkan stres melalui olahraga, meditasi, dan menggunakan aroma terapi seperti lavender dan mawar agar tubuh lebih rileks.

18 ons daging merah per minggu

Terkadang masih ada sisa daging merah yang ditaruh di freezer. Menurut Lu Qi, profesor di Harvard School of Public Health di Boston, penyandang penyakit diabetes tidak boleh makan lebih dari 18 ons daging merah selama seminggu. Atau mudahnya, hanya 4-5 porsi daging merah per minggu.

Seandainya Anda ingin makan daging kembali, pastikan Anda rutin mengontrol gula darah terlebih dahulu. Agar tidak melonjak naik, perhatikan cara memasak daging. Sebaiknya direbus atau dikukus. Anda juga bisa memanggang daging asal tidak menggunakan arang.

Baca: Resep Menu Berbuka Enak Untuk Penyakit Diabetes: Tumis Okra Ayam

Seperti diketahui, daging yang dipanggang di atas arang bertemperatur tinggi berpotensi memicu kanker. Anda bisa memanggangnya di atas wajan (tanpa minyak) atau oven.

Penuhi dengan asupan nutrisi yang tepat

Jika Anda sudah makan daging sesuai aturan, pastikan dibarengi dengan asupan nutrisi yang tepat. Sebaiknya konsumsi makanan yang mengandung IG rendah agar gula darah tetap stabil dan terkontrol.

Diabetasol mengandung Vitadigest Pro yang merupakan karbohidrat lepas lambat dan indeks glikemik rendah sebagai asupan nutrisi lengkap dan seimbang. Konsumsi 4 sendok takar setiap pagi pada waktu sarapan dan malam hari, agar gula darah tetap stabil dan membuat Anda kenyang lebih lama.

Nutrisi untuk diabetes.
Nutrisi untuk diabetes. (Kalbe Store)

Lengkapi dengan konsumsi produk Diabetasol lainnya seperti Diabetasol Sweetener sebagai pengganti gula diabetes, Diabetasol UHT, serta Diabetasol Bar sebagai snack diabetes.

Maka dari itu, penyandang  penyakit diabetes, kini tidak perlu lagi takut untuk mengonsumsi daging kurban selama tahu cara menurunkan kadar gula darah setelah makan. Selamat menikmati!

Penulis: Dana Delani

Ikuti kami di
Add Friend
  Loading comments...

Berita Terkait :#Bahagia Dengan Diabetes

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas