Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Sehat Itu Mudah

Tips Kesehatan: 5 Cara Cepat Menangani Anak Demam di Malam Hari

Malam hari anak mendadak demam? Jangan panik! Anda masih bisa mengobatinya dengan 5 tips kesehatan ini.

Tips Kesehatan: 5 Cara Cepat Menangani Anak Demam di Malam Hari
Shutterstock
Malam hari anak mendadak demam? Jangan panik! Anda masih bisa mengobatinya dengan 5 tips kesehatan ini. 

TRIBUNNEWS.COM – Anak rentan jatuh sakit ketika masih dalam usia pertumbuhan. Bisa disebabkan karena tumbuh gigi, pilek, atau karena kelelahan. Jika demam datang pada malam hari dan rumah jauh dari rumah sakit, jangan panik dahulu. Ada beberapa tips kesehatan yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi demam Si Kecil.

Baca artikel kesehatan

Tips Sehat: 5 Cara Cepat Menangani Anak Demam di Malam Hari
Ilustrasi

Karena Anda jauh dari rumah sakit, pastikan lakukan sesuatu untuk menurunkan suhu demam. Setidaknya antisipasi sakit anak dengan baca beberapa artikel kesehatan.

Anda bisa menemukan berbagai informasi dan tips kesehatan untuk menangani demam lewat internet. Salah satu di antaranya adalah dengan memberikan si Kecil perasan kunyit. Obat tradisional ini tidak hanya dapat menurunkan panas, tetapi juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh, antibakteri, dan antioksidan.

Kompres dengan air hangat

Sambil menunggu perasan kunyit, Anda bisa mengompres anak terlebih dahulu. Memang cara ini tidak bisa langsung mengobati si Kecil, setidaknya panas anak turun untuk sementara. Letakkan kompresan pada lipatan-lipatan di sekitar tubuh, seperti ketiak atau paha.

Berikan air putih

Biarkan si Kecil banyak minum air putih. Hal ini untuk mencegah terjadinya dehidrasi dan badan pun menjadi lemas. Setelah itu, baru berikan makanan hangat seperti sup, susu, dan sebagainya. Hindari memberi anak minuman yang mengandung kafein, seperti teh manis.

Pasalnya, minuman kafein membuat ia lebih sering buang air kecil dan anak pun kehilangan banyak cairan.

Tanyakan langsung kepada dokter

Jika Anda ragu dengan kredibilitas artikel kesehatan tersebut, tanyakan langsung kepada dokter anak. Kini sudah ada aplikasi konsultasi dokter yang menyediakan layanan konsultasi dokter secara online. Sebelum berkonsultasi, pintarlah memilih dokter.

Jangan tertipu dengan penampilan. Pastikan ia terdaftar dalam IDI (Ikatan Dokter Indonesia) dan KKI (Konsil Kedokteran Indonesia). Anda bisa bertanya langsung kepada mereka melalui fitur live chat.

Seperti aplikasi KlikDokter yang menyajikan fitur ini, di mana Anda bisa berkonsultasi dengan dokter tanpa dipungut biaya. Dokter-dokter terjamin kompeten dan dipastikan memiliki STR (Surat Tanda Registrasi).

Tidak hanya fitur live chat, KlikDokter juga menyajikan direktori rumah sakit di wilayah Indonesia sehingga Anda bisa mencari rumah sakit yang buka 24 jam dan paling dekat dengan rumah Anda.

5 Cara Cepat Menangani Anak Demam Dengan Konsultasi Dokter Online
Aplikasi konsultasi dokter, KlikDokter.

Layanan pengantaran obat

Ketika sakit Anda tentu tidak tega meninggalkan anak, apalagi jika tidak punya pengasuh. Anda masih bisa membeli obat tanpa perlu pergi ke apotek. Di KlikDokter, terdapat jasa pengantaran obat sehingga sudah pasti aman dikonsumsi dan menggunakan metode pembayaran yang praktis.

Anda bisa membelinya secara online dan obat pun langsung sampai di tempat.

Dengan hadirnya teknologi, Bunda bisa memanfaatkannya untuk menambah wawasan tentang si Kecil dengan membaca tips kesehatan. Yang terpenting tetap beri perhatian dan kasih sayang penuh untuk sang buah hati, apalagi di masa pertumbuhannya.

Penulis: Dana Delani

Ikuti kami di
Add Friend
  Loading comments...

Berita Terkait :#Sehat Itu Mudah

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas