Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Aktif Sampai Tua

Penuhi Nutrisi Manula Untuk Atasi 5 Perubahan Fisik di Usia 60an

Penuhi nutrisi manula untuk atasi perubahan fisik yang terjadi ketika Anda menginjak usia lanjut.

Penuhi Nutrisi Manula Untuk Atasi 5 Perubahan Fisik di Usia 60an
Shutterstock
Penuhi nutrisi manula untuk atasi perubahan fisik yang terjadi ketika Anda menginjak usia lanjut. 

TRIBUNNEWS.COM – Menginjak usia lanjut, semakin banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Beberapa kandungan gizi seperti protein, kalsium, serat, vitamin, dan mineral  membuat Anda tetap aktif saat bertambahnya usia.

Beberapa perubahan fisik memang terjadi  saat memasuki usia 60-an. Anda perlu memenuhi kebutuhan nutrisi manula untuk kondisi yang lebih prima. Lalu, apa saja yang terjadi jika Anda tidak memenuhi kebutuhan nutrisi?

Menurunnya massa otot

Ketika berusia 60an, tubuh akan mengalami penurunan massa otot sehingga membuat Anda mudah jatuh. Anda juga bisa mengalami gejala sarkopenia sehingga tubuh semakin melemah, entah itu ketika menggenggam, berjalan, dan melompat.

Tubuh membutuhkan protein lebih banyak agar tidak terjadi degenerasi massa otot. Tidak hanya meningkatkan massa otot, protein juga berperan penting  dalam pemeliharaan jaringan sel dalam tubuh.

Anda bisa mendapatkan asupan gizi protein dalam ikan, telur, ayam, dan susu.

Ukuran lambung mengecil

Ukuran lambung yang mengecil membuat daya tampung turut menurun. Hal ini menyebabkan penyerapan nutrisi yang semakin berkurang sehingga lansia berpotensi mengalami malnutrisi. Agar kondisi tubuh tetap prima, pilihlah sumber lemak yang baik dan lunak.

Beberapa jenis ikan seperti salmon dan sarden memiliki lemak yang cenderung sehat sehingga baik untuk kesehatan jantung.

Nafsu makan menurun

Orang lanjut usia biasanya tidak punya selera makan. Turunnya produksi air liur serta menurunnya saraf pengecap menyebabkan masalah dalam mengunyah. Pilihlah tekstur makanan yang disesuaikan dengan kemampuan mengunyah.

kalbe-201019-1
Ilustrasi pasangan lansia.

Sistem imun menurun

Jangan heran apabila Anda jadi sering jatuh sakit. Pasalnya, sistem imun menurun lebih cepat sehingga meningkatkan risiko terjadinya berbagai penyakit.

Hal ini disebabkan menurunnya aktivitas sel T (kelompok sel putih) pada sistem imun sehingga menyebabkan lansia sering terserang penyakit dan lebih lama memulihkan diri. Maka, penting untuk lansia selalu rutin cek kesehatan.

Konsumsi vitamin dan mineral agar tubuh terasa bugar. Vitamin C, misalnya, dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Kemudian rutin minum air mineral untuk membuang racun dan bakteri jahat dalam tubuh.

Gigi mudah tanggal

Gigi memiliki peran penting untuk menguyah, menggigit, dan menghaluskan makanan. Semakin bertambahnya usia, risiko gigi mengalami masalah semakin besar. Mulai dari mudah copot, berlubang, atau infeksi sehingga fungsi mengunyah jadi tidak optimal.

Oleh karena itu, penting untuk mengonsumsi makanan tinggi kalsium agar gigi dan tulang kuat. Penuhi asupan kalsium dengan susu Entrasol Senior. Susu ini memiliki kandungan kalsium, vitamin D, dan magnesium yang tinggi.

Entrasol Senior.

Entrasol Senior. (Kalbe Store)

Tidak hanya kandungan kalsium, Entrasol Senior juga Tinggi Protein, Tinggi Serat, 11 Vitamin & 8 Mineral yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi manula. Yang paling penting, susu ini rendah laktosa sehingga cocok bagi manula yang mengalami intoleransi laktosa.

Jalani pula gaya hidup sehat dengan rutin berolahraga 30 menit per hari, tidur cukup (7-9 jam per hari), dan  tetap berpikir positif untuk menghindarkan Anda dari stres.

Penulis: Dana Delani

Ikuti kami di
Add Friend
  Loading comments...

Berita Terkait :#Aktif Sampai Tua

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas