Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Nutrisi Sehat dan Praktis

Lewat Fakta Ini, Kamu Akan Lebih Sayang sama Sistem Pencernaan Kamu!

Saat menyantap makanan, pernahkah terpikir olehmu bagaimana cara tubuh mencerna nutrisi? Bagaimana kalsium dalam susu diserap oleh tulang? Bagaimana k

BizzInsight
Lewat Fakta Ini, Kamu Akan Lebih Sayang sama Sistem Pencernaan Kamu!
Shutterstock
Ilustrasi perempuan memegang perut. 

TRIBUNNEWS.COM - Saat menyantap makanan, pernahkah terpikir olehmu bagaimana cara tubuh mencerna nutrisi? Bagaimana kalsium dalam susu diserap oleh tulang? Bagaimana karbohidrat dari sandwich yang dimakan tadi pagi dapat menjadi asupan energi kamu?

Faktanya, nutrisi dari asupan yang kamu konsumsi (karbohidrat, lemak, protein, mineral, dan vitamin) dapat diterima tubuhmu dengan baik—berterima kasihlah kepada sistem pencernaan kamu!

Sistem pencernaan akan memecah nutrisi dari makanan dan minuman yang masuk ke dalam molekul yang lebih kecil. Selanjutnya, nutrisi tersebut diserap usus halus untuk kemudian diangkut oleh saluran darah dan disalurkan ke seluruh tubuh.

Sedangkan, limbah dari sisa dari makanan yang telah melewati proses penyerapan nutrisi akan dibuang melalui tinja, atau yang akrab disebut buang air besar (BAB).

Bagaimana ciri-ciri pencernaan yang sehat?

Penyerapan terjadi pada proses pencernaan sangat penting untuk memaksimalkan nutrisi dalam tubuh, menyuplai energi, menunjang pertumbuhan, dan mempercepat perbaikan sel-sel tubuh.

Jadi, penting buat kamu untuk memelihara fungsi pencernaan agar tetap sehat. Apakah sistem pencernaanmu sudah sehat? Berikut beberapa tanda sistem pencernaan kamu normal dan sehat.

Melansir Healthline, frekuensi BAB yang normal berbeda-beda untuk setiap orang. Tapi, umumnya frekuensi BAB yang terbilang sehat adalah sekitar 3-4 kali per minggu. Tak menutup kemungkinan, beberapa orang bahkan terbiasa BAB sekali setiap hari dan masih tergolong sehat.

Pencernaan yang sehat umumnya bebas dari gangguan pencernaan seperti BAB tidak teratur, kram perut, diare, sembelit, kembung, hingga yang lebih ekstrem seperti radang dan kanker usus.

Berat badan yang stabil juga mencirikan saluran cerna yang sehat. Menurut Healthline, jika kamu mengalami kenaikan atau penurunan berat badan tanpa mengubah pola makan dan olahraga, mungkin pencernaanmu terganggu.

Misalnya, ada bakteri dalam usus kecil yang dapat mengganggu penyerapan makanan, sehingga membuat berat badan turun tanpa sebab. Sedangkan berat badan yang turun drastis bisa dipicu oleh keinginan makan berlebihan ketika usus tidak berfungsi maksimal saat menyerap nutrisi.

Serat, kunci pencernaan sehat

Sekarang, kamu tahu bahwa menjaga kesehatan pencernaan memberi banyak manfaat bagi tubuh. Prose pencernaan lancar, perut bebas gangguan, dan yang terpenting, penyerapan nutrisi lebih maksimal.

Beberapa kiat efektif yang dapat dilakukan untuk menjaga saluran cerna, menurut Healthline, adalah mengonsumsi prebiotik, mengurangi makanan bergula tinggi, dan tidur yang cukup.

Sedangkan menurut saran dr. Dyah Novita Anggraini, seperti dikutip Klikdokter, tiga cara mudah menjaga saluran cerna adalah mengurangi tingkat stres, banyak minum air putih, dan yang tak kalah penting adalah mengonsumsi serat.

Serat adalah kiat andal untuk merawat pencernaan. Selain memelihara fungsi saluran pencernaan, serat juga membantu BAB teratur tiap hari sehingga terhindar dari wasir, sembelit/konstipasi, memberi rasa kenyang lebih lama sehingga mencegah kegemukan, dan mengurangi risiko stroke, penyakit jantung kanker usus, dan diabetes tipe 2.

Nutrive Fibershot fakta pencernaan 1
Ilustrasi beberapa contoh sumber serat pangan.

Sekitar 90 persen masyarakat Indonesia mendapat asupan serat dari sayur dan buah-buahan. Sayur yang kaya serat adalah wortel, bayam, dan brokoli. Sedangkan buah yang kaya serat adalah apel, pir, alpukat, kiwi, dan anggur.

Konsumsi serat dengan mudah dan praktis, bisa enggak ya?

Sumber mencatat, kebutuhan serat harian yang dianjurkan untuk orang dewasa sekitar 30 gram per hari. Faktanya, 9 dari 10 penduduk Indonesia hanya mengonsumsi 7 gram/hari dari kebutuhan serat harian. Namun, rata-rata konsumsi serat masyarakat Indonesia hanya 10,5 gram per hari.

Untuk itu, asupan serat tambahan sangat dibutuhkan untuk memenuhi kecukupan serat harianmu.

Apalagi bagi pribadi yang memiliki segudang kesibukan kayak kamu, mustahil untuk penuhi kebutuhan serat harian, bukan? Kini telah hadir solusi untuk bantu penuhi kebutuhan serat harianmu, Nutrive FiberShot.

Nutrive Fibershot fakta pencernaan 2

Nutrive FiberShot merupakan minuman tinggi serat yang mengandung 5 gram serat per 100 ml. Uniknya, minuman ini mengandung 16 buah dan sayur di antaranya ialah buah apel, jeruk, pir, nanas, anggur, lemon, kiwi, dan alpukat. Untuk sayur ialah timun, ubi, tomat, brokoli, wortel, bayam, labu dan akar bit.

Perpaduan 16 sari buah dan sayur ini bermanfaat untuk memelihara fungsi saluran pencernaan dan membuat sistem pencernaanmu sehat, sehingga nutrisi yang masuk dapat diserap dengan maksimal.  

Yuk, pastikan kebutuhan serat harianmu tercukupi. Konsumsi dua botol Nutrive FiberShot untuk bantu penuhi kebutuhan serat harianmu. Selamat datang, pencernaan sehat!Cukup konsumsi dua botol Nutrive FiberShot untuk melengkapi kebutuhan serat harian kamu. Selamat datang, pencernaan sehat! (*)

Penulis: Bardjan/Editor: Dana Delani

Ikuti kami di
Add Friend
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas