Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Susu Cair

Praktis! 4 Manfaat Susu Cair untuk Asupan Gizi Anak Aktif

Selain kandungan gizi yang tidak kalah dengan susu bubuk, susu cair biasanya hadir dalam kemasan yang praktis sehingga mudah dibawa ke manapun

BizzInsight
Praktis! 4 Manfaat Susu Cair untuk Asupan Gizi Anak Aktif
Shutterstock
Selain kandungan gizi yang tidak kalah dengan susu bubuk, susu cair biasanya hadir dalam kemasan yang praktis. 

TRIBUNNEWS.COM – Rasanya senang bila Si Kecil bisa kembali aktif sekolah di era Adaptasi Kebiasaan Baru ini. Namun, begitu ramai informasi yang kita dapat mengenai COVID-19, tentu membuat perasaan Anda bercampur aduk.

Hal itu wajar kok, Moms. Yang penting Anda sudah mempersiapkan Si Kecil dengan asupan gizi yang lengkap, untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak yang aktif.

Salah satu sumber nutrisi bisa didapat dari susu cair. Selain kandungan gizi yang tidak kalah dengan susu bubuk, susu cair biasanya hadir dalam kemasan yang praktis sehingga mudah dibawa ke manapun ketika Si Kecil pergi.

Lalu, apa saja manfaat susu cair untuk mempersiapkan anak di era normal baru?

Menjaga kesehatan saluran pencernaan

Beredar mitos kalau minum susu cair bisa menyebabkan diare. Faktanya tidak benar minum susu cair akan menyebabkan anak mengalami masalah ini. Kondisi diare ini biasanya terjadi pada anak yang punya riwayat alergi susu dan intoleransi laktosa.

dr. Muliaman Mansyur, Head of Medical Marketing KALBE Nutritionals menyebutkan susu cair yang mengandung serat inulin justru dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan anak.

“Inulin adalah sejenis serat dan digolongkan dalam prebiotik dari jenis karbohidrat rantai panjang alami, yang berasal dari chicory root (sejenis umbi-umbian). Dengan teknologi terbaru, prebiotik serat pangan inulin kini bisa ditemukan dalam susu cair. Zat ini mempunyai banyak manfaat untuk membantu penyerapan nutrisi serta menjaga kesehatan saluran pencernaan dan daya tahan tubuh”, ungkapnya.

Lanjutnya, inulin bekerja sebagai makanan yang dapat meningkatkan jumlah dan menjaga keseimbangan mikroflora (bakteri baik) di dalam usus besar, sehingga tidak perlu khawatir anak mengalami konstipasi dan diare.

Meningkatkan daya tahan tubuh

susu cair mendukung kecerdasan anak
Ilustrasi.

Bagaimana cara susu menjaga sistem imun tubuh kita? Menurut dr. Muliaman ketika saluran pencernaan anak tidak ada masalah, fungsi pertahanan tubuhnya pun semakin baik pula.

“Jika ingin Si Kecil sehat dan terhindar dari penyakit, maka saluran cernanya harus dibuat sehat dulu. Caranya dengan memaksimalkan fungsi penyerapan nutrisi dan pertahanan permukaan dinding saluran cerna. Karena ketika saluran cerna Si Kecil sehat maka nutrisi-nutrisi yang diberikan akan dapat diserap dengan baik,” ujar dr. Muliaman.

Beberapa kandungan gizi seperti zinc dan zat besi berperan penting dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh. Bila zinc berperan penting menjaga kesehatan jaringan agar daya tahan tubuh menjadi optimal, zat besi dapat melawan bakteri dan infeksi.

Mendukung kecerdasan multitalenta anak

Sebagian besar susu pertumbuhan anak memang dilengkapi dengan kandungan nutrisi yang dapat mengoptimalkan kecerdasannya. Adapun beberapa nutrisi penting yang harus ada dalam susu adalah kandungan protein, lemak, kolin, inositol, serta vitamin B kompleks.

Zat kolin dan inositol baik untuk penyimpanan memori anak, baik itu ketika berpikir, berbicara, hingga saat belajar. Sedangkan vitamin B merupakan vitamin yang mendukung konsentrasi anak. Hal ini tentu dibutuhkan untuk anak-anak, khususnya mereka yang sedang menjalani sekolah daring.

Nutrisi untuk tumbuh kembang anak

Tidak hanya fokus pada sistem imun tubuhnya, penting juga bagi Anda memperhatikan pertumbuhan tinggi badan anak.

Konsumsi susu penting untuk mendukung tumbuh kembang anak karena terdapat kandungan protein, vitamin D dan mineral kalsium yang menjaga pertumbuhan tulang anak.

Meski kaya manfaat, Anda masih ragu dengan susu cair karena kemasannya yang praktis? Untungnya, kini hadir teknologi sterilisasi, yaitu teknologi terbaru pada susu cair dengan memanaskan produk kemasan dalam bejana tahan panas dengan suhu sekitar 140 derajat Celsius selama 2 detik.

Adanya sistem pemanasan dan kedap udara ini membuat produk pangan lebih tahan lama.

Teknologi ini hasil inovasi dari Morinaga Research Center Jepang dan telah diaplikasikan pada susu cair Morinaga Chil*Go! yang hadir dalam kemasan botol.

(dok. KALCare)

Morinaga Chil*Go! dengan perpaduan nutrisi seperti serat pangan inulin untuk membantu memelihara dan mempertahankan fungsi saluran pencernaan sehingga mendukung daya tahan fisik Si Kecil, serta 9 Vitamin dan 5 Mineral untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi Si Kecil.

Morinaga Chil*Go! hadir dalam lima varian rasa yang enak bernutrisi: Cokelat, Vanila, Stoberi, Pisang, dan Melon, yang pasti disukai Si Kecil!

Kini, enggak perlu lagi khawatir anak mudah terserang penyakit di masa normal baru.

Penulis: Dana Delani

Ikuti kami di
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas