Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Bahagia Dengan Diabetes

4 Tips Kesehatan Ini Bantu Jaga Kadar Gula Darah

Untuk itu, ikuti empat tips kesehatan di bawah ini sebagai cara menurunkan kadar gula darah secara alami.

BizzInsight
4 Tips Kesehatan Ini Bantu Jaga Kadar Gula Darah
Shutterstock
Ikuti tips kesehatan untuk menurunkan kadar gula darah secara alami. 

TRIBUNNEWS.COM - Sering buang air kecil atau mudah merasa lelah merupakan beberapa tanda kadar gula darah Anda melonjak. Menurut data dari Kementerian Kesehatan, seorang yang memiliki diabetes cenderung menunjukan gejala seperti penglihatan kabur, cepat haus, sering merasa kelelahan, intensitas buang air kecil meningkat, hingga mati rasa atau kesemutan.

Bahayanya, jika seorang diabetesi tidak berupaya menurunkan kadar gula akan meningkatkan risiko terjadinya komplikasi diabetes. Penting bagi diabetesi untuk memastikan agar gula darah dalam tubuh tetap terjaga.

Untuk itu, ikuti empat tips kesehatan di bawah ini sebagai cara menurunkan kadar gula darah secara alami.

Monitor kadar gula darah

Untuk mengecek kadar gula darah, Anda tidak perlu repot lagi pergi ke rumah sakit atau klinik. Kini sudah ada alat medis yang bisa digunakan secara mandiri untuk mengecek kadar gula darah.

Umumnya pengecekan dilakukan sebelum makan dan dua jam setelah makan. International Diabetes Federantion (IDF) mengungkapkan, idealnya kadar gula normal sebelum makan atau puasa malam berkisar < 100mg/dL dan dua jam setelah makan < 140 mg/dL.

Sempatkan untuk olahraga

ilustrasi olahraga sepeda
Ilustrasi berolahraga.

Salah satu cara menjaga kadar gula darah agar tetap normal adalah dengan berolahraga. Selain meningkatkan kekuatan otot dan tulang, olahraga dapat membakar glukosa dalam tubuh dan memicu penurunan resistensi insulin.

Ada berbagai macam jenis olahraga untuk mengontrol kadar gula darah, salah satunya dengan aerobik, bersepeda, dan berenang. Dilansir dari Health Line, setidaknya sekitar 350-420 kalori bisa terbakar setiap jamnya bila Anda melakukan aktivitas renang. 

Terus berpikir positif

Sebuah riset yang dipublikasi di New England Journal of Medicine menyebutkan, stres, rasa takut, hingga marah bisa memperburuk kesehatan seseorang.

Karena itu para peneliti memberikan tips kesehatan agar setiap orang selalu merasa bahagia atau senang. Saat bahagia, tubuh manusia akan memproduksi hormon yang dapat menguatkan imunitas tubuh.

Stres juga dapat memproduksi hormon kortisol dalam tubuh, yang dapat meningkatkan detak jantung dan pernapasan sehingga menyebabkan tubuh terus mengolah simpanan glukosa menjadi energi. Aktivitas ini menyebabkan kadar gula darah melonjak. Makanya, penting untuk selalu bersyukur dan temukan lingkungan yang dapat mendukung Anda!

Konsumsi makanan berserat tinggi

Salah satu tips kesehatan yang perlu dilakukan oleh diabetes sebagai cara menurunkan kadar gula darah secara alami adalah dengan mengonsumsi makanan berserat tinggi, seperti sayur, buah, kacang-kacangan, dan gandum utuh. Selain bernutrisi, makanan berserat tinggi terbukti efektif membuat Anda kenyang lebih lama sehingga pola makan tetap teratur dan gula darah normal.

Selain itu, Anda dapat juga konsumsi Diabetasol yang diformulasikan khusus sebagai asupan pengganti makanan untuk diabetes, karena tinggi serat, mengandung Vitadigest Pro yang terdiri dari karbohidrat lepas lambat, serta vitamin B komplek dan Magnesium, yang mampu menjaga kadar gula serta bisa membuat Anda lebih kenyang.

o
(dok. KALCare)

Dengan kandungan protein dan Vitamin A,C,D,E, dan Zinc, konsumsi Diabetasol dapat membantu untuk menjaga daya tahan tubuh dan juga dengan kandungan kalsium untuk bantu jaga kesehatan tulang diabetes.

Diabetasol dilengkapi dengan tiga varian rasa yaitu Vanilla, Chocolate, dan Cappuccino. Untuk hasil maksimal konsumsi Diabetasol sebanyak dua kali, yaitu pagi sebagai pengganti sarapan dan malam hari sebelum tidur sekitar 4 sendok takar per satu kali konsumsi.

Bersama Diabetasol jaga gula darah dan penuhi kebutuhan nutrisi diabetes. Konsultasikan pula kondisi Anda ke ahli gizi agar kontrol darah berjalan sesuai kebutuhan Anda. Selamat mencoba tips kesehatan ini ya!

Penulis: Dea Duta Aulia/Editor: Dana Delani

Ikuti kami di
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas