Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Susu Cair

Susu Anak Hingga Kreasi Makanan, Ini 3 Tips Penuhi Nutrisi Si Kecil di Masa Pandemi

Pemenuhan kebutuhan nutrisi anak seperti membuat kreasi makanan hingga memberikan susu anak dilakukan untuk memperkuat ketahanan tubuh mereka.

BizzInsight
Susu Anak Hingga Kreasi Makanan, Ini 3 Tips Penuhi Nutrisi Si Kecil di Masa Pandemi
Shutterstock
Memenuhi asupan nutrisi si Kecil menjadi hal penting untuk imunitas, terutama di masa Pandemi. 

TRIBUNNEWS.COM – Menjaga asupan nutrisi sangat penting dalam masa pertumbuhan sang buah hati, maka dari itu beragam hal Bunda lakukan, mulai dari membuat berbagai kreasi masakan bagi si Kecil yang pemilih dalam hal makanan, hingga susu anak pun disajikan demi memastikan nutrisi anak bisa terpenuhi.

Head of Medical Marketing KALBE Nutritionals, dr. Muliaman Mansyur mengungkapkan bahwa nutrisi adalah salah satu faktor yang mendukung daya tahan tubuh anak, terlebih dalam menghadapi pandemi dimana saat ini muncul juga new strain Covid-19 yang dikabarkan lebih cepat menular kepada si kecil.

Menurut dr. Muliaman, jika asupan gizi anak tak terpenuhi bisa berakibat pada daya tahan tubuhnya. Maka dari itu agar asupan gizi anak terpenuhi dan dapat membantu memperkuat ketahanan tubuh si Kecil, berikut 3 tips yang bisa Bunda lakukan.

Penuhi Asupan Sayuran Hijau, Makanan Tinggi Protein, dan Buah-buahan Berwarna

Protein menjadi nutrisi penting yang harus dipenuhi untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh anak. dr. Muliaman mengungkapkan, jika anak kekurangan protein, antibodi immunoglobulin yang dihasilkan sel darah putih dalam melawan infeksi virus dan bakteri akan terganggu.

Ilustrasi makanan kaya protein.
Ilustrasi makanan kaya protein. (Shutterstock)

Untuk sumber makanan yang kaya protein, dr. Muliaman menyarankan untuk memilih protein hewani yang berasal dari ikan, telur, susu dan daging serta protein nabati meliputi kacang kedelai serta produk olahannya yaitu tahu dan tempe.

Agar asupan nutrisi anak terpenuhi, Bunda wajib memberikan makanan seimbang seperti nutrisi makro seperti protein, sayuran hijau, dan buah-buahan berwarna dalam menu makanan si Kecil.

Selain itu sayuran hijau juga penting. Menurut “Panduan Gizi Seimbang Pada Masa Pandemi Covid-19” yang dikeluarkan Kemenkes RI, sayuran hijau menjadi salah satu asupan nutrisi yang penting dan disarankan untuk banyak dikonsumsi karena kaya vitamin, mineral, dan sumber asupan kaya serat, serta karoten yang baik untuk antioksidan sehingga memperkuat sistem imun tubuh sang buah hati. Bunda pun bisa memilih sayuran seperti bayam, sawi hijau, buncis, dan lainnya.

Buah-buahan yang merupakan sumber makanan yang kaya akan berbagai jenis vitamin serta antioksidan juga harus ada dalam menu makanan si Kecil karena sangat bermanfaat untuk memperkuat sistem imun tubuh anak.

Vitamin dan mineral seperti vitamin C, vitamin D, serta zinc yang banyak terdapat pada sumber makanan lauk pauk, sayur dan buah dapat membantu mencegah terjadinya infeksi pada permukaan saluran nafas dan pencernaan.

Mengkreasikan Menu Makanan

Mengkreasikan menu makanan bisa menjadi cara bagi Bunda untuk si Kecil yang kerap terlalu pemilih dalam hal makanan, terutama saat menyantap lauk yang berprotein tinggi, sayuran hijau, dan buah-buahan berwarna.

Misalnya jika si Kecil kerap susah untuk mengonsumsi sayuran, maka Bunda perlu menyiasatinya dengan menyajikan kreasi masakan dengan membuat nugget sayur, eggroll Korea, atau bola-bola bayam.

Lalu jika ingin menyajikan makanan berprotein tinggi yang menarik hati si Kecil, Bunda bisa membuatkan menu stik ikan dari daging ikan fillet yang kemudian dipanggang atau digoreng, pasta ikan tuna, atau juga bola-bola ayam telur yang dibuat dari daging ayam giling dan telur puyuh rebus.

Terakhir, agar si Kecil tak bosan dengan penyajian buah yang utuh atau dipotong dadu saja, Bunda bisa mengkreasikannya dengan membuat puding buah, es krim buah, atau dijadikan sate buah dengan lumuran coklat yang tentu akan disukai si Kecil. Jangan lupa mengajak sang buah hati untuk membuatnya bersama, ya, Bun!

Susu Anak

Pemberian susu anak tentu sangat penting sebagai pelengkap makan. Kandungan protein, serat pangan inulin dan prebiotik yang terdapat pada susu membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan sehingga mendukung daya tahan tubuh anak.

Selain itu kandungan nutrisi dan zat gizi lain pada susu seperti kalsium, zinc, zat besi, vitamin A, vitamin C, serta vitamin E juga sangat bermanfaat baik untuk tumbuh kembang serta otak anak.

Bunda bisa memberikan susu cair steril Morinaga Chil*Go! yang hadir dalam kemasan botol praktis sebagai pelengkap gizi anak serta snack harian si kecil terutama setelah si kecil beraktivitas dan bermain bersama di rumah.

Moringa Chil go KV

Selain rasanya yang enak banget dan pasti disukai Si Kecil, susu kualitas Jepang yang enak bernutrisi ini dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi si Kecil karena turut dilengkapi dengan perpaduan Serat Pangan Inulin, 9 Vitamin dan 5 Mineral. Serat Pangan Inulin dapat membantu memelihara fungsi saluran pencernaan.

Susu cair siap minum ini tersedia dalam 5 varian rasa nikmat yang disukai si Kecil yaitu Cokelat, Vanila, Stroberi, Melon, dan terbaru rasa Original yang lebih rendah gula.

Selain itu, kini juga tersedia Susu Bubuk Morinaga Chil*Go! yang mengandung Protein, Serat Pangan Inulin, tinggi Vitamin A, C, E, Zinc, juga dilengkapi minyak ikan, Omega 3, Omega 6, Kolin, serta tinggi Kalsium, 14 Vitamin, dan 8 mineral.  

Susu bubuk Morinaga Chil*Go! 1+ dan Morinaga Chil*Go! 3+ hadir dengan pilihan rasa madu dan vanilla yang enak banget.

Yuk, pastikan nutrisi anak terpenuhi, daya tahan tubuh tetap terjaga dan jangan lupa untuk mengajarkan anak taat pada protokol kesehatan juga, ya, Bun!

Penulis: Nurfina Fitri Melina/Editor: Firda Fitri Yanda     

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas