Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Susu Cair

Orang Tua Perlu Tahu, Ini 5 Fakta Manfaat Serat Pangan Inulin untuk Si Kecil

Meskipun masih terdengar asing, ternyata inulin sangat bermanfaat untuk memastikan kesehatan Si Kecil.

BizzInsight
Orang Tua Perlu Tahu, Ini 5 Fakta Manfaat Serat Pangan Inulin untuk Si Kecil
Shutterstock
Simak manfaat serat pangan inulin untuk melengkapi gizi anak dan memperkuat daya tahan tubuhnya. 

TRIBUNNEWS.COM - Di masa pandemi seperti saat ini, kesehatan anak menjadi hal yang perlu diprioritaskan. Terlebih sebagai orang tua, melindungi Si Kecil dari penyakit adalah hal yang penting dilakukan. Salah satunya adalah dengan memberi gizi anak yang cukup, termasuk asupan serat pangan inulin.

Meskipun masih terdengar asing, ternyata inulin sangat bermanfaat untuk memastikan kesehatan Si Kecil.

Head of Medical KALBE Nutritionals dr. Muliaman Mansyur menjelaskan, inulin adalah sejenis serat yang digolongkan ke dalam prebiotik dari jenis karbohidrat rantai panjang alami, yang berasal dari shicory root (sejenis umbi-umbian).

Berdasarkan data angka kecukupan gizi kebutuhan serat pangan idealnya dikonsumsi untuk anak di atas 2 tahun dengan takaran yang berbeda-beda sesuai usia Si Kecil.    

- Usia 2–5 tahun: 15 gram per hari

- Usia 5–11 tahun: 20 gram per hari

- Usia 11–16 tahun: 25 gram per hari

- Di atas usia 17 tahun dan dewasa: 30 gram per hari.

“Pada anak-anak di bawah usia dua tahun tidak terlalu diperlukan serat pangan, tapi bisa memberikan dalam jumlah kecil untuk memperkenalkannya sebagai prebiotik atau adapun kebutuhan-kebutuhan serat per hari berdasarkan usia. Serat pangan ini bisa terdapat dalam sayuran, bawang, pisang, dan umbi-umbian,” jelas dr. Muliaman.

Lebih lanjut, dr. Muliaman juga menjelaskan ada banyak manfaat yang bisa didapatkan ketika orang tua memberikan inulin, misalnya membantu penyerapan gizi anak, melindungi saluran cerna, dan mencegah penyakit serius. Inulin ini berfungsi sebagai prebiotik yang akan menjadi makanan yang dapat meningkatkan jumlah bakteri baik dan menjaga keseimbangan mikroflora (bakteri baik) di dalam usus besar. Sehingga, sistem pencernaan dan penyerapan nutrisi menjadi lebih baik dan tetap sehat.   

Membantu penyerapan kalsium

Kalsium sangat dibutuhkan oleh Si Kecil dalam masa pertumbuhannya. Pasalnya kalsium memiliki peran yang begitu penting untuk pembentukan tulang, gigi, hingga keseimbangan hormon.

Menurut Food and Drug Administration (FDA) secara ilmiah inulin dapat memberikan manfaat untuk menyerap gizi anak, seperti kalsium serta mineral lainnya yang membantu kepadatan tulang.

Mencegah obesitas

Manfaat inulin tidak hanya sebatas untuk membantu penyerapan kalsium, tetapi juga dapat mencegah obesitas.

Dikutip dari Medical News Today, beberapa penelitian menyebutkan manfaat serat pangan, termasuk inulin, terbukti bisa membantu menurunkan berat badan. Selain itu, melansir penelitian tentang efek prebiotik dan berat badan dari The American Journal of Clinical Nutrition (2017), inulin juga dapat mengontrol nafsu makan pada anak yang mengalami kelebihan berat badan

Mencegah penyakit serius

Sebagai orang tua pasti Anda tak ingin Si Kecil terserang penyakit serius. Nah, untuk meminimalisasi hal itu, sebaiknya ia mulai dibiasakan untuk mengkonsumsi serat pangan.

Beberapa penelitian menyebutkan, inulin prebiotik dapat memperbaiki fungsi pencernaan dan mengurangi risiko kanker usus. Selain itu, serat pangan ini juga mampu mencegah penyakit infeksi saluran pernapasan akut (ISPA).

Jurnal Pediatric Applications of Inulin and Oligofructose menyebutkan jika inulin bisa menurunkan risiko anak usia dini terkena demam, dermatitis atopik, dan infeksi pernapasan.

Menjaga kesehatan pencernaan anak

Selain tiga poin di atas, serat inulin juga bermanfaat untuk menyehatkan saluran pencernaan anak.

Medical News Today menyebutkan, manfaat serat inulin adalah menciptakan keseimbangan antara bakteri jahat dan baik di dalam usus. Para peneliti lain juga menyatakan inulin dapat merangsang pertumbuhan bakteri baik di dalam usus.

Senada dengan itu, dr. Muliaman juga mengatakan, inulin bisa memberikan manfaat bagi anak-anak yang mengalami masalah gangguan pencernaan.

“Membantu melindungi saluran cerna dan infeksi saluran cerna seperti diare dan BAB keras,” ujarnya.

Menjaga daya tahan tubuh

Saluran cerna adalah organ dalam tubuh Si Kecil yang memiliki fungsi sebagai pertahanan tubuh terbesar dari infeksi bakteri dan virus. Salah satu manfaat serat pangan adalah menjadi “bahan bakar” bagi pertumbuhan bakteri baik dalam usus yang dapat melindungi tubuh dari penyakit.

Selain itu, ia menambahkan, agar inulin dapat terserap dengan baik oleh tubuh maka bisa diimbangi dengan asupan gizi anak yang baik, salah satunya melalui susu.

Moringa Chil go susu kaya serat pangan inulin

Kombinasi antara susu dan serat pangan inulin bisa Anda temukan pada susu cair Morinaga Chil*Go! yang kini hadir dalam kemasan botol praktis untuk keluarga dan buah hati.

Selain dilengkapi serat pangan, Morinaga Chil*Go! juga enak bernutrisi dengan perpaduan 9 vitamin dan 5 mineral yang dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian anak.

Susu cair ini juga menyajikan berbagai varian rasa, yaitu coklat, vanila, stroberi, melon yang enak banget dan pastinya disukai oleh anak Anda. Morinaga Chil*Go! juga menghadirkan rasa original yang tidak kalah nikmat dan kandungan gula yang lebih rendah.

Kini tersedia juga susu bubuk Morinaga Chil*Go! dengan nutrisi berkualitas dan harga terjangkau yang mengandung Protein, Serat Pangan Inulin, Tinggi Vitamin A, C, E, Zinc, juga dilengkapi minyak ikan, Omega 3, Omega 6, kolin, serta tinggi Kalsium, Vitamin D, 14 Vitamin, dan 8 mineral. Susu bubuk Morinaga Chil*Go! tersedia dalam format Morinaga Chil*Go! 1+ dan 3+ dengan pilihan rasa madu dan vanilla yang rasanya juga enak banget.

Yuk, beri perlindungan ekstra buat kesehatan Si Kecil dengan Morinaga Chil*Go!, susu kualitas Jepang yang enak bernutrisi.

Penulis: Dea Duta Aulia/Editor: Bardjan

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas