Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Nutrisi Ibu Hamil

Calon Orang Tua Jangan Takut, Ini Kata Ahli Soal Minum Susu Ibu Hamil dan Suplemen Bersamaan

Susu ibu hamil dan vitamin ibu hamil menjadi pilihan bagi para calon orang tua untuk memenuhi asupan nutrisi tambahan selama masa kehamilan.

BizzInsight
Calon Orang Tua Jangan Takut, Ini Kata Ahli Soal Minum Susu Ibu Hamil dan Suplemen Bersamaan
Shutterstock
Ilustrasi calon orang tua yang tengah meminum susu ibu hamil. 

TRIBUNNEWS.COM – Saat mendengar kabar baik akan kehadiran si buah hati di dalam kandungan, para calon orang tua mulai mempersiapkan diri agar kehamilan ini bisa berjalan dengan lancar. Salah satunya dengan mempersiapkan asupan nutrisi tambahan seperti susu ibu hamil dan suplemen atau vitamin ibu hamil.

Keduanya sangatlah penting, apalagi menurut Head of Medical KALBE Nutritionals dr. Muliaman saat hamil, perempuan membutuhkan energi, vitamin, dan mineral lebih untuk menghidupi janin yang ada di dalam kandungannya.

“Hampir semua dokter kandungan dan bidan akan memberikan suplemen tambahan kepada ibu hamil, termasuk juga pemberian susu hamil. Maka dari itu keduanya sangatlah diperlukan,” ujar dr. Muliaman.

Dikutip dari Healthline, vitamin ibu hamil biasanya mengandung kalsium, asam folat, dan zat besi. Kalsium bermanfaat membuat tulang ibu hamil kuat selama masa hamil, sementara asam folat membantu menunjang tumbuh kembang dan mengurangi risiko cacat pada janin, dan zat besi diperlukan untuk membuat sel darah merah baru, sebab ibu hamil memproduksi persediaan darah lebih banyak untuk ia dan bayi yang ada di dalam kandungannya.

Sedangkan susu hamil, ujar dr. Muliaman, sangat penting dikonsumsi karena mengandung energi atau kalori dari karbohidrat, protein, dan lemak essensial yang tidak ada dalam suplemen. “Itu karena suplemen hanya mengandung kombinasi asam folat dengan zat besi, atau asam folat dengan DHA atau zat besi dengan asam folat, dan lain-lain,” ujar dr. Muliaman.

Maka dari itu sangat penting bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi susu hamil selama masa kehamilannya untuk mencukupi kebutuhan nutrisi hariannya. Ibu hamil juga tak disarankan hanya mengkonsumsi suplemen saja, namun harus dibarengi dengan susu hamil agar kebutuhan nutrisi hariannya tetap terjaga.

Amankah Minum Susu Ibu Hamil dan Suplemen Hamil Bersamaan?

Pemenuhan nutrisi masa kehamilan tak hanya menjadi perhatian calon ibu saja, namun juga calon ayah.
Pemenuhan nutrisi masa kehamilan tak hanya menjadi perhatian calon ibu saja, namun juga calon ayah. (Shutterstock)

Sudah mengetahui pentingnya susu dan suplemen ibu hamil, pertanyaan lain pun muncul dalam benak para calon orang tua, sebenarnya bolehkah mengkonsumsi susu dan suplemen hamil secara bersamaan?

Lalu aman tidak jika keduanya dikonsumsi bersamaan? Dan apakah mengkonsumsi susu dan suplemen hamil bisa menyebabkan kelebihan nutrisi pada ibu hamil? Kemudian apakah kondisi kelebihan nutrisi tersebut berbahaya bagi ibu hamil?

Menurut dr. Muliaman, susu dan suplemen ibu hamil boleh dan aman dikonsumsi secara bersamaan. Ia bahkan mengungkapkan jika sebenarnya keduanya saling melengkapi sehingga para calon orang tua tidak perlu khawatir.

Selain itu dalam susu hamil juga mengandung beragam vitamin dan mineral yang sering disebut nutrisi mikro, “artinya memang jumlah yang dibutuhkan itu kecil sehingga tidak berbahaya bagi tubuh terutama yang larut dalam air. Jika berlebihan pun maka akan dikeluarkan oleh tubuh,” ujar dr. Muliaman.

Ia juga memastikan para perempuan Indonesia tak perlu takut kelebihan nutrisi apalagi takut akan efek sampingnya, sebab semua produk telah diatur oleh Badan POM kadar aman nutrisi yang boleh dikonsumsi dalam bentuk Angka Kecukupan Gizi (AKG), “jadi ibu hamil tidak usah takut kelebihan nutrisi,” ujarnya.

Ibu Hamil Butuh Nutrisi Makro dan Mikro Seimbang

Selain nutrisi mikro, ibu hamil juga membutuhkan nutrisi makro yang diperlukan tubuh dalam jumlah banyak. Nutrisi makro seperti karbohidrat, protein, dan lemak secara langsung memberikan kalori atau energi. Bahkan protein ternyata sangat penting untuk pertumbuhan bayi selama dalam kandungan.

Tak hanya itu, asupan nutrisi makro dan nutrisi mikro yang seimbang sangatlah dibutuhkan ibu hamil karena penyerapan nutrisi mikro ternyata membutuhkan nutrisi makro yang jumlahnya tepat dan seimbang.

Misalnya saja penyerapan kalsium, fosfor, dan vitamin D membutuhkan karbohidrat; penyerapan DHA, vitamin, A, D, E, K, penyerapan omega 3+6 membutuhkan lemak; penyerapan zat besi, zinc, folat, B6, B kompleks dan mineral yang membutuhkan protein.

Maka dari itu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi makro dan mikro, para ibu hamil bisa mengkonsumsi PRENAGEN mommy.

PRENAGEN mommy dengan formula PRENAPRO

Susu ibu hamil dengan formula PRENAPRO ini mengandung nutrisi lengkap, yaitu NUTRISI MAKRO yang terdiri dari karbohidrat, lemak, dan protein; serta NUTRISI MIKRO, yakni vitamin dan mineral untuk membantu ibu hamil mendapatkan asupan nutrisi yang jumlahnya tepat dan seimbang, serta tak berlebih karena diformulasi khusus sesuai kebutuhan ibu hamil.

Selama kehamilan para calon ibu bisa mengkonsumsi PRENAGEN mommy dua gelas sehari. Calon ibu pun tak akan bosan karena PRENAGEN mommy tersedia dalam aneka varian rasa seperti french vanillavelvety chocolatedelicious mung beangroovy mocha, dan lovely strawberry.

Kini para calon Ibu tak perlu takut lagi saat mengonsumsi susu hamil dan suplemen hamil secara bersamaan, sebab keduanya saling melengkapi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi calon ibu dan buah hati.

Penulis: Firda Fitri Yanda

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas