Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Lebih Dari Tinggi

Ingin Anak Berprestasi, Cukupkah Beri Susu Pertumbuhan dan Makanan Sehat Saja?

Pemberian makanan sehat dan seimbang, serta susu pertumbuhan dengan nutrisi yang tepat dapat mempengaruhi prestasi anak.

BizzInsight
Ingin Anak Berprestasi, Cukupkah Beri Susu Pertumbuhan dan Makanan Sehat Saja?
Shutterstock
Ilustrasi anak berprestasi. 

TRIBUNNEWS.COM – ‘Prestasi anak sangatlah ditentukan dari nutrisi yang mereka dapatkan’, begitulah anggapan yang terpatri kuat dalam sebagian besar pikiran Bunda. Untuk mewujudkannya, pemberian makanan sehat dan seimbang, serta susu pertumbuhan, selalu Bunda lakukan. Tapi pertanyaannya, benarkah tindakan tersebut mampu memenuhi nutrisi tumbuh kembang anak untuk menghasilkan anak berprestasi di sekolah? 

Sebelum menjawabnya, perlu Bunda ketahui, bukan sekedar anggapan semata, pemberian nutrisi yang tepat sudah terbukti secara ilmiah sangat mempengaruhi prestasi anak. Carolina Abecedarian Project pada tahun 1971 melakukan penelitian kepada lebih dari 100 anak dari keluarga berpenghasilan rendah dan memantau mereka hingga umur 40 tahun.   

Dari penelitian tersebut ditemukan anak-anak yang dititipkan dari lahir hingga berumur 5 tahun pada daycare yang memberikan dua kali makanan sehat dan satu snack sehat setiap harinya, serta memiliki pelayanan kesehatan yang baik, membuat anak mempunyai prestasi jauh lebih tinggi dan bertahan lama.

Bahkan mereka memiliki kemungkinan lebih kecil untuk gagal atau mengulang kelas di sekolah, 4 kali lebih tinggi lulus dari perguruan tinggi, dan lebih dari 4 kali kesempatan miliki pekerjaan berketerampilan tinggi.

Namun perlu Bunda ingat, bukan sekedar pemberian makanan sehat dan seimbang, pastikan makanan yang diberikan memiliki nutrisi tepat untuk mendukung perkembangan otak sekaligus tumbuh kembang anak. Melansir dari situs Harvard Health Publishing, beberapa nutrisi tersebut di antaranya:

Kolin

Kolin banyak sekali ditemukan pada daging, produk olahan susu, dan beberapa jenis sayuran. Nutrisi ini sangat penting untuk meningkatkan fungsi otak dan perkembangan memori anak.

Folat, Vitamin B6 dan B12

Folat, vitamin B6 dan B12 yang terkandung dalam karbohidrat kompleks membantu meningkatkan kualitas fungsi memori anak. Kandungan kaya serat yang dimilikinya juga memberikan pasokan energi yang stabil sehingga anak dapat belajar tanpa gangguan.

Vitamin A, C, dan D

Vitamin A, C, dan D sangatlah penting untuk membantu anak berprestasi di dalam dan di luar sekolah. Ketiganya berperan sebagai antioksidan yang mampu meningkatkan fungsi otak anak.

Vitamin A bisa ditemukan pada hati, wortel, ubi, dan bayam; sedangkan vitamin D bisa didapatkan lewat berjemur, dan mengkonsumsi minyak hati ikan; terakhir, vitamin C bisa didapatkan dari konsumsi brokoli, kale, cabai, paprika kuning, dan buah-buahan seperti lemon, leci, kiwi, stroberi, dan pepaya.

Asam Lemak Omega-3

Asam lemak omega-3 merupakan ‘pemain penting’ dalam meningkatkan fungsi kognitif otak anak. Untuk mendapatkan nutrisi ini, Bunda bisa memberikan anak makanan seperti ikan salmon dan tuna, alpukat, minyak zaitun, dan lain-lain. Perlu dicatat, perhatikan konsumsi tuna pada anak, sebab tuna cenderung memiliki kandungan merkuri yang tinggi.

Zat Besi

Tanpa diketahui banyak orang, makanan kaya zat besi mampu meningkatkan kewaspadaan mental dan tingkat energi pada anak. Makanan terbaik yang tinggi zat besi bisa Bunda dapatkan pada daging, kacang-kacangan, bayam, dan buah-buahan kering.

Kandungan nutrisi yang tepat mampu membuat anak berprestasi.
Kandungan nutrisi yang tepat mampu membuat anak berprestasi. (Shutterstock)

Protein, Zinc, dan Yodium

Protein, zinc, dan yodium sangat penting bagi perkembangan otak yang sehat. Protein bisa didapatkan dari daging, unggas, boga bahari, kacang-kacangan dan biji-bijian, serat produk susu; zinc bisa didapatkan dengan mengkonsumsi tiram, daging, ikan, produk olahan susu, dan kacang-kacang; dan terakhir yodium bisa didapatkan lewat pemberian garam beryodium, boga bahari, dan produk olahan susu.

Kalsium

Selain berperan penting dalam tumbuh kembang anak terutama memperkuat tulang dan membantu anak tetap aktif, kalsium yang biasanya ada dalam susu formula dan susu pertumbuhan ini juga penting bagi prestasi anak, karena membantu membawa pesan dari otak ke bagian tubuhnya yang lain.

Termasuk kalsium, semua nutrisi baik bagi otak yang telah disebutkan di atas kini bisa Bunda temukan pada susu anak Zee.

Susu Zee Susu Pertumbuhan terbaik

Susu Zee bisa menjadi pilihan susu pertumbuhan yang tepat. Diperkaya Nutripro Complex+, susu formula ini memiliki nutrisi yang lengkap karena mengandung 9 asam amino esensial, omega 3 dan 6, vitamin A, vitamin D, vitamin B kompleks, tinggi kalsium, dan tinggi kolin, sehingga baik untuk pertumbuhan tinggi badan dan kecerdasan agar prestasi anak meningkat.

Bunda, selain memenuhi asupan nutrisinya, dukung dan buktikan kemampuan Anak Bunda yang berprestasi dengan mengikuti kompetisi dari Susu Zee, yakni Zee to be Number 1.

Zee to be Number 1 merupakan pioneer kompetisi nasional berbasis online yang mengasah kompetensi anak, khususnya anak usia Sekolah Dasar. Kompetisi ini bisa diikuti oleh siapa saja, bukan hanya anak dengan ‘rangking’ di sekolah, karena Susu Zee percaya semua anak memiliki kesempatan yang sama untuk mengasah kemampuan dan membuktikan prestasinya.

Jika anak gagal pada kesempatan pertamanya, Bunda tak perlu bersedih. Anak bisa mencobanya kembali di sesi yang berbeda karena kompetisi ini bisa diikuti berulang kali.

Ayo Bunda, lewat Zee To Be Number 1 asah kemampuan si kecil menjawab soal pilihan ganda dalam bidang sains dan matematika serta rebut total hadiah ratusan juta rupiah! Jangan lupa juga konsumsi rutin susu anak Zee yang dengan empat varian yakni Swizz Chocolate Milk, Honey Milk, Strawberry Flavoured Milk, dan Vanilla Twist Flavoured Milk, pastinya tak bikin anak cepat bosan, dan buktikan prestasinya!

Ibarat sebuah investasi, menjadikan anak berprestasi memang bukan perkara mudah. Tapi Bunda harus yakin, dengan pemenuhan nutrisi lengkap dan tepat sejak dini, memiliki anak cerdas dan berprestasi bukanlah mimpi, ini adalah langkah awal agar ia kelak memiliki masa depan cerah dan cemerlang.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai kompetisi Zee To Be Number 1 dan produk susu Zee, bisa mengunjungi situs www.susuzee.id dan akun instagram susuzee.id

Penulis: Firda Fitri Yanda    

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas