Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Lebih Dari Tinggi

Dari Susu Anak Hingga Bermain, Ini Cara Efektif Pacu Kualitas dan Semangat Belajar Si Kecil

Pemberian nutrisi seperti susu anak hingga seimbangnya waktu bermain dan belajar bisa jadi cara efektif pacu kualitas dan semangat Si Kecil.

BizzInsight
Dari Susu Anak Hingga Bermain, Ini Cara Efektif Pacu Kualitas dan Semangat Belajar Si Kecil
Shutterstock
Ilustrasi anak belajar. 

TRIBUNNEWS.COM - Kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) menjadi langkah pemerintah agar anak tetap belajar selama pandemi. Supaya anak tetap bersemangat para orang tua melakukan beragam upaya, mulai dari memberikan susu anak yang disukai hingga mengajaknya bermain.

Namun sayangnya, sistem pembelajaran daring ini tidak bisa semaksimal seperti pembelajaran tatap muka. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengakui bahwa sistem PJJ yang berlangsung selama pandemi Covid-19 telah menurunkan kualitas belajar siswa.

Menurut Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Kemendikbud Jumeri, hal ini terjadi dikarenakan adanya keterbatasan dalam penyampaian materi pembelajaran.

Maka dari itu, Kemendikbud mengatakan bahwa untuk membantu memaksimalkan kegiatan anak belajar dari rumah, diperlukan peran serta dari para orang tua.

Tak hanya sebagai pendamping belajar, beberapa penelitian menunjukkan bahwa peranan orang tua dalam belajar anak juga dapat menumbuhkan dan meningkatkan prestasi belajar hingga membentuk karakter Si Kecil.

Berperan aktif dalam membantu Si Kecil melakukan pembelajaran dari rumah, berikut beberapa hal yang bisa Bunda lakukan untuk meningkatkan semangat dan kualitas belajar anak selama PJJ.

Menciptakan suasana belajar yang kondusif

Suasana belajar yang kondusif sangat berpengaruh pada kualitas kelangsungan belajar anak. Dengan menciptakan suasana belajar yang nyaman dan tenang, fokus anak pada kegiatan belajarnya pun dapat maksimal.

Tak harus menyediakan ruang belajar khusus, ruang keluarga pun bisa menjadi tempat anak untuk belajar. Yang terpenting, pastikan Bunda telah meminimalisir gangguan atau distraksi yang bisa mengganggu fokus belajar Si Kecil.

Misalnya memastikan tidak ada suara yang mengganggu, mematikan televisi, serta mengatur notifikasi pada perangkat yang digunakan sehingga tak mengganggu fokus anak ketika sedang belajar daring.

Menyeimbangkan waktu bermain dan belajar

Selain mengajarkan anak untuk memiliki manajemen waktu yang baik, menyeimbangkan waktu belajar dengan bermain anak juga penting untuk Bunda perhatikan agar Si Kecil tak merasa stres dan jenuh.

Selain itu, dengan mengatur waktu, Si Kecil pun bisa dapat tetap aktif melakukan aktivitas fisik. Centre for Disease Control and Prevention merekomendasikan durasi untuk anak-anak melakukan aktivitas fisik setidaknya 60 menit sehari.

Ilustrasi anak bermain kalbe susu zee
Bermain dan melakukan aktivitas fisik yang dibarengi dengan pemberian susu anak yang tepat dapat berpengaruh bagi tumbuh kembang anak.

Tak hanya membuat anak lebih happy dan sehat, bermain dan melakukan aktivitas fisik berdasarkan penelitian juga berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak, perkembangan otak hingga prestasi dan kualitas belajar anak, lho!

Memperhatikan asupan nutrisi

Untuk meningkatkan kualitas belajar anak dan memaksimalkan memori otak serta tumbuh kembang anak, pemberian nutrisi terbaik juga perlu diperhatikan, ya, Bun! Mulai dari makanan pokok, camilan, hingga asupan tambahan seperti susu anak.

Jadi tak hanya sekedar memberikan makanan yang sehat, pastikan berbagai gizi dan nutrisi tepat yang diperlukan saat tumbuh kembang anak juga bisa terpenuhi, karena sangat berpengaruh pada ketahanan tubuh, hingga memacu kreativitas anak.

Beberapa nutrisi tersebut diantaranya, zat besi, kolin, kalsium, vitamin A, C, D, serta asam folat. Susu pertumbuhan juga bisa menjadi asupan penting karena beragam nutrisi tepat dan seimbang sudah terangkum menjadi satu seperti yang terdapat pada susu anak Zee.

Memberikan model pembelajaran baru

Selain menghadirkan suasana kondusif, mengatur waktu belajar, serta memberikan asupan yang tepat, untuk meningkatkan semangat dan kualitas belajar anak, Bunda juga perlu memberikan pendampingan pembelajaran dengan berbagai jenis model kegiatan.

Model pembelajaran yang bisa diterapkan diantaranya memberikan contoh studi kasus dalam kehidupan sehari-hari atau mengajak anak berimajinasi dan melatih kemampuan problem solving.

Bunda juga bisa mengikutsertakan Si Kecil pada kompetisi karena bisa menjadi pembuktian dari kemampuan Si Kecil dan melatih rasa kompetitif anak. Nah, saat ini susu pertumbuhan Zee sedang mengadakan kompetisi Zee to be Number 1 yang bisa menjadi kesempatan untuk mengasah kemampuan dan membuktikan prestasi anak.

Susu Zee top marktop susu anak terbaik

Zee to be Number 1 merupakan pioneer kompetisi nasional berbasis online yang mengasah kompetensi anak, khususnya anak usia Sekolah Dasar dengan total hadiah ratusan juta rupiah.

Lewat Zee To Be Number 1 kemampuan Si kecil untuk menjawab soal pilihan ganda dalam bidang sains dan matematika bisa terasah. Bunda juga tak perlu khawatir jika Si Kecil gagal pada kesempatan pertamanya. Tersedia kesempatan untuk mencoba kembali di sesi berbeda, sebab kompetisi ini bisa diikuti berulang kali.

Kompetisi Zee To Be Number 1 ini bisa diikuti oleh siapa saja. Susu pertumbuhan Zee percaya semua anak memiliki kesempatan yang sama untuk bisa menunjukkan prestasinya tak hanya di sekolah tetapi juga pada ajang nasional.

Yuk, daftarkan Si kecil pada Zee To Be Number 1 dan dukung Si Kecil dengan memberikan nutrisi terbaik dengan mengonsumsi rutin susu anak Zee. Dengan kekayaan Nutripro Complex+, susu pertumbuhan ini mengandung 9 asam amino esensial, omega 3 dan 6, vitamin A, vitamin D, vitamin B kompleks, tinggi kalsium, dan tinggi kolin, sehingga baik untuk pertumbuhan tinggi badan dan kecerdasan agar prestasi anak meningkat.

Ditambah lagi dengan empat varian yang tersedia yakni Swizz Chocolate Milk, Honey Milk, Strawberry Flavoured Milk, dan Vanilla Twist Flavoured Milk, pastinya anak pun menjadi tak cepat bosan, bukan?   

Nah, untuk informasi lebih lanjut mengenai kompetisi Zee To Be Number 1 dan produk susu anak Zee, silakan kunjungi situs www.susuzee.id dan akun instagram susuzee.id, sekarang ya, Bun!

Penulis: Nurfina Fitri Melina/Editor: Firda Fitri Yanda    

Ikuti kami di
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas