Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Susu Bubuk

Bun, Susu Anak Jadi Salah Satu Protein Hewani Terbaik Untuk Cegah Stunting, Lho!

Susu anak adalah sumber protein terbaik untuk pencegahan stunting saat masa tumbuh kembang anak

BizzInsight
Bun, Susu Anak Jadi Salah Satu Protein Hewani Terbaik Untuk Cegah Stunting, Lho!
Shutterstock
Ilustrasi anak saat masa pertumbuhan. Susu anak bisa menjadi cara agar tumbuh kembang anak berjalan optimal. 

TRIBUNNEWS.COM – Saat masa pertumbuhan, pemberian ASI yang tidak esklusif, kurangnya asupan protein hewani yang dikonsumsi anak, seperti yang terdapat pada telur, daging ikan dan ayam, serta susu anak menjadi salah satu faktor pendorong masih tingginya angka stunting yang terjadi di Indonesia.

Data Food and Agriculture Organization (FAO) menyebutkan tingkat konsumsi protein hewani masyarakat Indonesia pada tahun 2017 baru mencapai 8%, yang mana masih jauh tertinggal dari beberapa negara ASEAN.

Padahal protein hewani menjadi salah satu sumber asupan yang sangat berpengaruh dalam tumbuh kembang anak, bahkan sangat berperan dalam pencegahan stunting.

Head of Medical Marketing KALBE Nutritionals, dr. Muliaman Mansyur menjelaskan, protein bermanfaat membantu kecukupan kalori yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tinggi dan berat badan.

Disamping itu, kandungan protein juga sangat berperan dalam pembentukan sel-sel tubuh, tulang, serta otot hingga perkembangan otak dan daya ingat yang dibutuhkan dalam proses tumbuh kembang anak.

“Yang terpenting lagi adalah protein sangat penting dalam membentuk dan merangsang hormon pertumbuhan atau Human Growth Hormon yang berperan penting dalam masa pertumbuhan anak dan berlanjut pada saat dewasa. Kadar hormon ini ditentukan oleh asupan protein, terutama asam amino essensial yang terdapat dalam protein terutama protein hewani,” jelas dr. Muliaman saat dihubungi Tim Tribunnews, Selasa (13/4/2021).

Maka dari itu, Bunda perlu memastikan kecukupan asupan protein hewani sebagai langkah pencegahan stunting pada Si Kecil. Dari beberapa sumber protein hewani yang ada, Digestible Indispensable Amino Acid Score (DIAAS) menempatkan susu sapi sebagai sumber protein hewani terbaik.

Nutrisi pada susu anak

Formula susu anak memiliki kandungan nutrisi lengkap yang sangat dibutuhkan dalam mengoptimalkan pertumbuhan dan pencegahan stunting pada Si Kecil. Itulah mengapa susu menjadi sumber protein hewani terbaik.

Dalam susu terdapat nutrisi makro yaitu karbohidrat, protein, dan lemak yang merupakan komponen utama untuk membentuk kalori. Selain itu, susu anak juga memiliki kandungan nutrisi mikro yang juga sangat penting dalam membantu tumbuh kembang anak agar lebih optimal seperti zat besi, zinc, vitamin B komplek, yodium, kalsium dan fosfat serta vitamin D.

Ilustrasi anak yang minum susu bersama orang tuanya. Peran orang tua sangat penting agar Si Kecil rutin minum susu anak.
Ilustrasi anak yang minum susu bersama orang tuanya. Peran orang tua sangat penting agar Si Kecil rutin minum susu anak. (Shutterstock)

Agar memberikan manfaat yang optimal, dr. Muliaman menyarankan, susu pertumbuhan anak sebaiknya diberikan 2x sehari saat setelah makan dan ketika anak akan tidur.

Pemberian susu anak juga harus diimbangi dengan pemberian asupan makanan padat yang seimbang misalnya dengan mengikuti pedoman “Isi Piringku” yang digaungkan Kementerian Kesehatan RI.

Menjaga kesehatan saluran cerna anak juga penting

Untuk pencegahan stunting pada anak, selain memperhatikan nutrisi yang dikonsumsi, menjaga kesehatan saluran pencernaan si Kecil juga penting, ya, Bun! Hal ini dikarenakan saluran cerna yang terganggu membuat asupan nutrisi yang dikonsumsi tidak bisa diserap tubuh dengan baik.

“Jika gangguan pencernaan ini sering terjadi dan berulang terutama pada anak dibawah 2-3 tahun tentu akan mengganggu pertumbuhannya. Gangguan saluran cerna yang sering terjadi dan bisa mengganggu penyerapan nutrisi diantaranya diare, konstipasi, muntah dan sakit perut berulang,” jelas dr. Muliaman.

Maka dari itu, dalam menyajikan susu anak, selain memperhatikan kandungan nutrisi dan kualitas susu yang dikonsumsi anak, Bunda juga harus memastikan kebersihan air yang digunakan ketika menyeduh susu anak.

Untuk menjaga kesehatan pencernaan anak sekaligus memastikan kebutuhan protein hewani dari produk susu, Bunda bisa memilih Susu Bubuk Morinaga Chil*Go! sebagai susu dengan nutrisi berkualitas yang membantu memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya.  

Susu Bubuk Morinaga Chil Go bagi anak jempolan

Morinaga Chil*Go! adalah susu berkualitas Jepang yang enak bernutrisi serta dapat diperoleh dengan harga terjangkau.

Selain rasanya yang enak banget, dan pastinya disukai anak, susu Morinaga Chil*Go! ini juga bernutrisi tinggi berkat perpaduan serat pangan inulin, tinggi vitamin A, C, E, zinc serta dilengkapi dengan minyak ikan, omega 3 & 6, kolin, tinggi kalsium dan vitamin D, sumber 14 vitamin serta 8 mineral termasuk di dalamnya 9 asam amino essensial.

dr. Muliaman pun menjelaskan salah satu kegunaan serat pangan salah satunya inulin, kesehatan saluran cerna bisa terjaga dan mikroflora menjadi lebih baik, serta penyerapan nutrisi penting seperti protein, lemak, vitamin D, zat besi, zinc, kalsium, serta vitamin B kompleks pun dapat diserap secara baik dan digunakan tubuh untuk proses tumbuh kembang anak.

Susu Bubuk Morinaga Chil*Go! 1+ dan 3+ hadir dalam varian rasa Madu dan Vanila yang enak banget, dan dapat dipilih dalam 2 ukuran kemasan, yaitu 300 gram serta ukuran lebih besar 2x350 gr yang dikemas untuk menjamin kesterilan dan higienitasnya.

Selalu penuhi kebutuhan protein hewani Si Kecil untuk pencegahan stunting dan jaga kesehatan saluran cernanya dengan rutin memberikan dua gelas susu bubuk Morinaga Chil*Go! secara rutin setiap sehari, ya Bun!

Penulis: Nurfina Fitri Melina/Editor: Firda Fitri Yanda        

Ikuti kami di
  Loading comments...
Berita Populer
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas