Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Jaga Imun Tubuh

Bingung Masak Apa Buat Lebaran? Coba Olahan Ayam dan Air Kelapa Ini, Dijamin Bikin Nagih!

Selain segar dikonsumsi sebagai minuman buka puasa, air kelapa ternyata adalah senjata rahasia untuk membuat masakan Lebaran jadi lebih lezat!

BizzInsight
Bingung Masak Apa Buat Lebaran? Coba Olahan Ayam dan Air Kelapa Ini, Dijamin Bikin Nagih!
iStock
Opor ayam jadi lebih nikmat jika diungkep menggunakan air kelapa. 

TRIBUNNEWS.COM - Siapa sangka, selain segar dikonsumsi sebagai minuman buka puasa, air kelapa ternyata adalah senjata rahasia untuk membuat masakan Lebaran jadi lebih lezat!

Seperti yang diketahui, olahan daging ayam kerap jadi salah satu menu masakan Lebaran, mulai dari opor ayam, kari ayam, ayam pop, hingga bacem dan rendang ayam.

Nah, agar masakan Lebaran yang nanti kamu sajikan lebih legit dan menggugah selera, dikutip dari berbagai sumber berikut manfaat menggunakan air kelapa seperti dari Hydro Coco yang praktis dan higienis dalam proses memasak ayam.

Menghilangkan amis

Daging cenderung memiliki bau yang amis, termasuk daging ayam. Jika bau amis tersebut tidak dihilangkan sebelum memasak ayam, maka hasil masakan pun jadi kurang sedap.

Jika biasanya kamu menggunakan garam dan jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis pada ayam, kamu bisa menggantinya dengan merendam daging ayam menggunakan air kelapa sesudah dicuci dan dipotong. Tanpa perlu dibilas, voila! Bau amis pun hilang.

Membuat masakan lebih gurih

Air kelapa tak hanya segar buat minuman buka puasa, tapi juga bisa membuat olahan daging ayam jadi lebih manis dan gurih alami, lho!

ilustrasi masakan lebaran yang menggunakan air kelapa.
ilustrasi masakan lebaran yang menggunakan air kelapa. (Shutterstock)

Selain itu, kombinasi bumbu pilihan dengan kelapa muda saat memasak juga membuat masakanmu memiliki cita rasa yang lebih kental.

Kamu bisa menggunakan air kelapa untuk merebus daging ayam atau menggunakannya sebagai pengganti air biasa dalam proses memasak serta untuk memeras santan.

Membuat daging lebih empuk dan cepat matang

Dengan menambahkan air kelapa saat mengungkep atau merebus ayam, daging ayam yang cenderung alot jadi lebih lembut dan empuk, sehingga lebih cepat matang. Tak hanya itu, daging yang empuk tentu lebih enak dan mudah dikunyah.

Sebagai referensi, berikut cara mengungkep ayam dengan air kelapa. Nantinya, ayam yang sudah diungkep dapat diolah sesuai selera untuk masakan Lebaran, mulai dari opor, rendang, kari, dan lain-lain.

BAHAN UNTUK MENGUNGKEP AYAM:

● 1 Kg daging ayam, baluri dengan perasan jeruk nipis 1 buah

● Bawang putih 8 siung

● Kemiri 5 butir

● Lengkuas 1 ruas jari

● Jahe ½ ruas jari

● Sereh 2 batang, digeprek

● Daun jeruk 4 lembar, cuci terlebih dahulu

● Kunyit ½ sdt

● Ketumbar 1 sdt

● Air kelapa 500 ml

● Gula merah 2 sdm

● Garam, lada putih, dan penyedap rasa sesuai selera

● Minyak goreng secukupnya

CARA MEMASAK:

● Haluskan bawang putih dan kemiri, bisa menggunakan blender atau diulek.

● Masukkan bahan yang telah dihaluskan ke wajan yang telah diberi minyak goreng, kurang lebih 5 sendok makan.

● Masukkan serai, jahe, lengkuas, dan daun jeruk kemudian tumis hingga harum.

● Tambahkan kunyit dan ketumbar, lalu aduk rata.

● Masukkan ayam, aduk kembali hingga rata.

● Tambahkan 500ml air kelapa dan 2 sdm gula merah, serta garam, lada putih, dan penyedap rasa sesuai selera, lalu aduk.

● Ungkep ayam dengan api sedang hingga air menyusut agar bumbu meresap dan tidak cepat gosong.

● Cek rasa dan tekstur daging ayam.

● Jika sudah pas, maka ayam ungkep milikmu sudah siap untuk diolah selanjutnya, seperti digoreng, bakar, ataupun dijadikan opor.

Agar jauh lebih praktis, kamu bisa menggunakan air kelapa kemasan seperti Hydro Coco. Dibuat dari kelapa asli dan diproduksi dengan menggunakan teknologi UHT dan Aseptic, membuat kualitas dan nutrisi dalam Hydro Coco tetap terjaga.

minuman air kelapa hydro coco

Minuman kemasan ini diproses tanpa bahan pengawet, pewarna buatan, ataupun pemanis buatan. Sangat cocok untuk melepas dahaga, mengganti cairan tubuh, hingga sajian minuman buka puasa.

Selain itu, Hydro Coco juga dapat membantu menjaga daya tahan tubuh dengan menetralisir racun melalui antioksidan, mengandung vitamin A, C, E, serta vitamin B3, B5, dan B6, mengandung mineral yang baik untuk tubuh, seperti kalium, kalsium, dan natrium, dan juga tinggi kandungan serat.

Selain bernutrisi dan dapat jadi bahan pelengkap untuk masakan Lebaran, Hydro Coco juga sedang mengadakan program "Kejutan Sehat" Hydro Coco yang banjir hadiah hingga ratusan juta rupiah.

Caranya gampang banget! Cukup kumpulkan dan foto struk belanja Hydro Coco dengan pembelian minimal Rp15.000 dalam 1 struk untuk mendapatkan 2 poin (berlaku kelipatan). Kemudian, ikuti petunjuk di www.hydrococo.com/kejutansehat dan upload struk belanja milikmu!

Kumpulkan poin sebanyak-banyaknya hingga paling lambat 14 Agustus 2021. Ada hadiah utama 1 unit Yamaha NMAX 155, 1 unit Honda Beat CBS, 2 Unit Iphone 12 128GB, 3 unit Playstation 5, serta masih banyak hadiah seru yang menunggu untuk kamu bawa pulang!

Yuk, jadikan masakan Lebaran lebih menggoyang lidah dengan Hydro Coco. Beli Hydro Coco sebanyak-banyaknya sekarang juga! Tak hanya cocok untuk minuman buka puasa, dengan membeli Hydro Coco kamu juga bisa merebut hadiah "Kejutan Sehat" Hydro Coco.

Penulis: Nurfina Fitri Melina/Editor: Bardjan

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas