Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
kalbe-health-corner

Konsumsi Buah Zaitun, Lansia Bisa Cegah 4 Dampak Buruk Radikal Bebas!

Buah zaitun bermanfaat bagi mereka di usia lanjut karena mengandung antioksidan yang menangkal radikal bebas

BizzInsight
zoom-in Konsumsi Buah Zaitun, Lansia Bisa Cegah 4 Dampak Buruk Radikal Bebas!
Shutterstock
Mengonsumsi buah zaitun bisa jadi salah satu cara mencegah dampak buruk radikal bebas. 

TRIBUNNEWS.COM - Memiliki tubuh yang sehat dan tetap aktif di usia lanjut adalah impian setiap orang, bahkan mungkin Anda salah satunya. Demi mewujudkan impian tersebut, berbagai macam cara dilakukan, mulai dari mengkonsumsi buah-buahan seperti buah zaitun dan sayuran, menerapkan pola hidup sehat, hingga rutin berolahraga.

Namun yang tak kalah penting adalah menjaga tubuh dari paparan radikal bebas, yang biasanya bersumber dari asap rokok, polusi udara, radiasi, hingga sinar ultraviolet.

Melansir Medical News Today, hakikatnya seiring bertambahnya usia, tubuh manusia tidak akan maksimal dalam melawan radikal bebas. Efeknya? Berbagai penyakit serius bisa muncul di masa tua kita!

Untuk itulah pada usia tua, setiap orang perlu memperbanyak asupan makanan atau minuman dengan antioksidan agar dapat meminimalisir risiko terserang penyakit serius yang disebabkan radikal bebas.

Supaya lebih paham dan sadar seberapa berbahaya radikal bebas ini, berikut efek negatif yang bisa dirasakan.

Mempercepat penuaan

Bagi orang tua, efek dari radikal bebas bisa mempercepat proses penuaan. Hal itu dikarenakan radikal bebas yang terlalu banyak dalam tubuh dapat memicu stres oksidatif. Stres oksidatif dapat merusak sel-sel dalam tubuh manusia sehingga berdampak mempercepat proses penuaan.

BERITA TERKAIT

Memicu penyakit kardiovaskular

Mengacu pada jurnal bertajuk Dampak Radikal Bebas yang dirilis US National Library of Medicine National Institutes of Health, radikal bebas bisa memicu penyakit kardiovaskular. Penyakit ini terjadi akibat adanya gangguan pada jantung dan tubuh, yang mana efeknya bisa menyebabkan kematian pada seseorang.

Meningkatkan risiko kanker

Kanker adalah penyakit serius yang banyak terjadi, bahkan menjadi salah satu penyebab terbanyak kasus kematian di dunia. Global Burden of Cancer Study menyebutkan dalam kurun waktu dua tahun saja, yakni 2018-2020, penderita baru dan kematian akibat kanker di Indonesia meningkat hingga 8,8%.

Hal ini merupakan fakta yang perlu kita waspadai, apalagi menurut US National Library of Medicine National Institutes of Health salah satu penyebab kanker adalah akibat terpapar radikal bebas.

Meningkatkan gangguan sistem saraf pusat

Ilustrasi pasien stroke. Penyakit stroke bsia dicegah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan, salah satunya buah zaitun.
Ilustrasi pasien stroke. Penyakit stroke bsia dicegah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan, salah satunya buah zaitun. (Shutterstock)

Selain kanker, radikal bebas juga menyebabkan gangguan pada sistem saraf pusat manusia, yang meliputi bagian otak dan sumsum tulang belakang.

Jika sudah mengalami gangguan, maka risiko timbulnya penyakit serius seperti stroke ada di depan mata. Sangat mengerikan bukan?

Untuk terhindar dari beragam penyakit tersebut, penting bagi para lansia mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung antioksidan.

Menurut Harvard Health, antioksidan memiliki fungsi melawan radikal bebas yang merusak DNA dan sel-sel dalam tubuh manusia.

Antioksidan sendiri dapat diperoleh dari berbagai makanan dan minuman, salah satunya dari buah zaitun. Ekstrak buah satu ini memang kaya akan manfaat, mulai dari memperlambat proses penuaan dini, membantu menjaga kesehatan kardiovaskuler, menangkal radikal bebas, meningkatkan  antioksidan alami tubuh, hingga membantu menjaga kelancaran peredaran darah.

Bahkan ekstrak buah zaitun memiliki kemampuan menangkal radikal bebas 4 kali lebih kuat dibandingkan dengan vitamin C lho!

Mempermudah kita mendapatkan beragam khasiat dari buah zaitun, kini telah hadir Entrasol Platinum susu tinggi protein dengan ekstrak buah zaitun yang diformulasikan khusus dengan Pro-Fit Advance Formula untuk membantu lansia untuk memenuhi kebutuhan nutrisi setiap hari.

Formula tersebut sangat cocok bagi lansia karena dilengkapi juga dengan OMEGA 3 6, serat, vitamin D, kalsium, 11 vitamin dan 8 mineral, serta rendah laktosa. Dan juga lebih rendah gula sehingga bermanfaat bagi lansia.

Memilik dua varian rasa, yakni vanilla dan chocolate dalam ukuran 400 gram dan 800 gram (hanya vanilla).

Tak hanya memberikan produk yang memenuhi kebutuhan nutrisi harian, dalam rangka memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN), Entrasol juga hendak memberikan edukasi pada lansia agar tetap sehat dan aktif dengan menggelar kegiatan talkshow secara online, pada Sabtu, 29 Mei 2021 pukul 15.00 WIB.

KV Entrasol Platinum

Dalam kegiatan ini, akan di kupas tuntas mengenai asupan nutrisi harian dan olahraga teratur untuk lansia. Dengan mengundang narasumber yang ahli di bidangnya, kegiatan ini dapat diikuti secara gratis dengan mendaftarkan diri pada link berikut: http://bit.ly/RegisterHLUN.

Dengan kombinasi pengetahuan yang Anda miliki sekaligus pemilihan produk yang tepat, salah satunya Entrasol Platinum susu tinggi protein dengan ekstrak buah zaitun, niscaya ancaman radikal bebas tak akan jadi momok menakutkan, dan membuat masa tua Anda tetap aktif dan fit.  

Penulis: Dea Duta Aulia/Editor: Firda Fitri Yanda      

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas