Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
kalbe-health-corner

Hadapi Cuaca Panas Ekstrem, Ini 4 Tips Untuk Mencegah Risiko Heat Stroke!

Heat stroke adalah kondisi serius yang dapat terjadi ketika suhu tubuh terlalu tinggi. Kondisi ini disebabkan oleh gelombang panas atau heat wave.

zoom-in Hadapi Cuaca Panas Ekstrem, Ini 4 Tips Untuk Mencegah Risiko Heat Stroke!
Shutterstock
Cuaca panas picu risiko heat stroke. 

TRIBUNNEWS.COM - Apakah Anda merasa terganggu dengan cuaca panas yang begitu menyengat akhir-akhir ini? Ya, cuaca panas memang sering kali menjadi penghalang aktivitas.

Namun, tak hanya itu, cuaca panas ekstrem ternyata juga dapat menjadi ancaman serius bagi kesehatan, terutama jika tidak diatasi dengan bijak. Salah satu masalah kesehatan yang sering terjadi akibat cuaca panas adalah heat stroke. 

Heat stroke adalah kondisi serius yang dapat terjadi ketika suhu tubuh terlalu tinggi. Kondisi ini disebabkan oleh gelombang panas atau heat wave dari cuaca panas ekstrem. Gejalanya meliputi demam tinggi, kulit kemerahan dan panas, detak jantung cepat, dan bahkan hilangnya kesadaran. 




Melansir penjelasan dr. Marsita Ayu Lestari dari KlikDokter, heat stroke dapat mengancam jiwa, karena tubuh tidak dapat mengontrol suhu badan akibat cuaca panas. Heat stroke terjadi ketika suhu tubuh lebih dari 40ᐤC dengan tanda-tanda gangguan sistem saraf pusat. Selain itu, ia menekankan bahwa heat stroke merupakan kondisi emergensi yang dapat menyebabkan kerusakan organ penting hingga kematian.

Risiko terjadinya heat stroke pun makin diperparah dengan polusi udara yang terjadi di kota besar seperti Jakarta. Melansir World Economic Forum, penelitian menunjukkan bahwa peningkatan polusi udara dan panas yang ekstrem disertai gelombang panas dapat meningkatkan risiko kesehatan yang makin parah jika terjadi bersamaan.

Dalam menghadapi berbagai risiko kesehatan akibat cuaca panas ekstrem, ada beberapa langkah sederhana yang bisa Anda lakukan. Maka itu, tak perlu khawatir situasi ini akan menghalangi Anda untuk beraktivitas dan tetap produktif!

Berikut adalah 4 cara sederhana yang bisa untuk menjaga kesehatan dan menghindari bahaya heat stroke di tengah cuaca panas

BERITA TERKAIT

1) Penuhi kebutuhan cairan tubuh

Cuaca panas yang berkelanjutan juga dapat menyebabkan dehidrasi. Ketika hal tersebut terjadi, maka imun tubuh pun akan menurun. Karenanya, pastikan bahwa kebutuhan cairan tubuh Anda selalu terpenuhi dengan baik di tengah cuaca panas yang begitu ekstrem.

Nah, salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh adalah mengonsumsi air kelapa asli. Menurut dr. Nadia Octavia dari KlikDokter, air kelapa asli mengandung karbohidrat yang mudah dicerna dalam bentuk gula alami  dan elektrolit. 

Dengan kandungan tersebut, air kelapa asli menjadi minuman alami yang bermanfaat menjaga keseimbangan elektrolit agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik. bahkan di tengah cuaca panas menyengat sehingga imun terjaga.

2) Hindari aktivitas outdoor di siang hari

Mengingat cuaca panas yang begitu menyengat, ada baiknya Anda menghindari aktivitas di luar ruangan pada siang hari, terutama ketika cuaca sedang panas-panasnya.

Pasalnya, risiko terkena heat stroke akan meningkat seiring dengan paparan udara panas secara langsung. Maka itu, usahakan untuk tetap di dalam ruangan dan menghindari kegiatan fisik yang berat pada jam-jam terpanas di siang hari.

3) Kenakan pakaian yang longgar dan ringan

Ada baiknya Anda mengenakan pakaian yang longgar dengan bahan ringan di tengah cuaca panas. Selain menjaga agar tubuh tetap nyaman saat beraktivitas, ternyata mengenakan jenis pakaian ini juga dapat membantu mencegah heat stroke.

Melansir Mayoclinic, mengenakan pakaian berlebih, seperti pakaian dengan bahan tebal dan berlapis akan menyebabkan kesulitan untuk mendinginkan suhu tubuh. Sebaliknya, mengenakan pakaian yang longgar dan ringan akan membantu tubuh mengeluarkan panas.

4) Gunakan pelindung

Jika memang diharuskan untuk tetap beraktivitas atau bekerja di luar ruangan di siang hari, pastikan diri Anda menyiapkan dan mengenakan berbagai pelindung tubuh.

Anda bisa memilih topi, payung, atau pakaian dengan bahan yang mampu melindungi dari sinar matahari langsung. Kacamata hitam dan masker pun tak kalah penting!

Dengan berbagai macam pelindung tubuh, Anda dapat meminimalisasi paparan cuaca panas dan matahari terhadap kulit dan tubuh Anda.

Dengan melakukan empat langkah di atas, Anda tak perlu lagi khawatir untuk tetap beraktivitas di tengah cuaca panas!

Untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh setiap saat, jangan lupa untuk konsumsi Hydro Coco, minuman dari air kelapa asli yang kaya nutrisi dari KALBE Nutritionals.

Mengandung berbagai kebaikan air kelapa, Hydro Coco dapat menjadi andalan Anda untuk memerangi bahaya heat stroke akibat cuaca panas

Satu kemasan Hydro Coco hadir dengan berbagai nutrisi yang bermanfaat dalam menjaga imun tubuh, seperti vitamin A, C, B3, B5, dan B6, kalsium, dan magnesium. Terbuat dari air kelapa asli, minuman ini juga tinggi serat dan rendah kalori ini serta tidak mengandung bahan pengawet dan rendah gula, sehingga aman dikonsumsi setiap saat. 

Dengan kemasan yang praktis, Hydro Coco siap membantu Anda merehidrasi tubuh dan jaga imun di tengah ancaman cuaca panas dan paparan polusi udara yang kian memburuk, kapan pun dan di mana pun.

Biar tetap produktif di tengah risiko paparan udara panas dan polusi, yuk selalu siap sedia Hydro Coco sebagai teman beraktivitas!

Penulis: M Fitrah Habibullah | Editor: Anniza kemala

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas