Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
kalbe-health-corner

Lapar? Ini Camilan Sehat dan Bisa Meningkatkan Mood

Ngemil atau snacking menjadi aktivitas yang kerap kali dilakukan saat orang butuh makanan untuk meningkatkan mood.

zoom-in Lapar? Ini Camilan Sehat dan Bisa Meningkatkan Mood
Dok. Freepik
Ngemil atau snacking menjadi aktivitas yang kerap kali dilakukan saat orang butuh makanan untuk meningkatkan mood. Salah satu camilan sehat yang bisa dikonsumsi adalah mengandung multigrain kaya akan serat. 

TRIBUNNEWS.COM - Ngemil atau snacking adalah aktivitas yang bisa dilakukan kapan saja, misalnya saat sedang menonton, membaca buku, belajar, dan bahkan saat sedang bekerja. 

Meskipun enggak mengonsumsi makanan berat, kegiatan ngemil ternyata juga membawa berbagai manfaat, lho! 

Bahkan, banyak yang bilang bahwa ngemil juga bisa jadi salah satu cara untuk kembali meningkatkan dan memperbaiki mood, terlebih saat kamu sedang merasa lelah karena pekerjaan yang menumpuk ataupun jadwal yang padat. 

Apakah benar ngemil bisa membantu untuk improve mood, atau malah itu cuma sekadar mitos? Yuk, simak faktanya di bawah ini!

Mitos atau fakta: ngemil bisa meningkatkan mood?

Ternyata, mengonsumsi camilan memang benar bisa meningkatkan mood dan menambah semangat. Menurut sebuah studi di University of Otago, mengonsumsi camilan yang tepat dapat meningkatkan kebahagian, kesejahteraan, dan produktivitas. 

Melansir situs El Camino Health, makan tiga kali sehari yang dilengkapi dengan camilan sehat dapat membantu menjaga suasana hati agar tetap stabil dan positif. 

BERITA TERKAIT

Ini karena camilan dapat mengurangi fluktuasi dalam gula darah, yang terkait erat dengan naik turunnya mood kita. Kondisi ini dikenal dengan istilah 'hanger', gabungan dari 'hunger' (lapar) dan 'anger' (marah), alias merasa kesal atau marah ketika lapar. Di sinilah, aktivitas ngemil punya peran penting dalam memperbaiki mood.

Lebih lanjut, sebuah penelitian berjudul 'Psychological effects of snack and altered meal frequency' yang diterbitkan di ‘British Journal of Nutrition’ membuktikan bahwa pola makan serta apa yang kita konsumsi, termasuk camilan dapat memengaruhi mood kita. 

Hal ini karena asupan nutrisi memiliki peran yang krusial dalam membantu sistem saraf berfungsi, yang juga berpengaruh terhadap perilaku kita sehari-hari.

Menariknya, penelitian tersebut menemukan bahwa camilan, yang memang bisa dikonsumsi kapan saja-bahkan sebelum atau sesudah waktu makan rutin-juga membawa dampak positif terhadap kinerja dan performa kita.

Temuan tersebut dibuktikan lewat sebuah penelitian terhadap sekelompok mahasiswa yang mengonsumsi jenis snack yang kaya akan energi pada siang menuju sore hari.

Dengan begitu, sudah terbukti bahwa manfaat ngemil untuk meningkatkan mood bukan cuma sekadar mitos, ya!

Baca juga: Bikin Mood Happy Saat Bekerja, Ini 5 Camilan Sehat untuk Snacking di Kantor!

Ngemil sehat agar mood meningkat

Mengonsumsi camilan memang bisa bantu kamu menjaga dan meningkatkan mood. Tapi, bukan berarti kamu bisa asal ngemil, lho! 

Perlu diingat bahwa tidak semua camilan dapat memberikan efek positif pada mood. Ngemil karena "lapar mata" yang sering dilakukan tanpa rasa lapar sebenarnya, justru dapat membahayakan kesehatan dalam jangka panjang.

Lapar mata adalah sensasi ingin makan yang muncul karena melihat makanan yang menarik, meskipun sebenarnya perut tidak lapar. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti tergoda visualisasi makanan yang menarik, punya kebiasaan ngemil sambil beraktivitas atau terpicu faktor emosional seperti rasa bosan, stres, atau cemas.

Tidak bisa dipandang remeh, lapar mata juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan, di antaranya menyebabkan kenaikan berat badan dan kenaikan gula darah, serta dapat mengganggu sistem pencernaan tubuh.

Nah, agar tubuh tetap sehat di tengah kesibukan sehari-hari, memilih camilan yang tepat adalah sebuah keharusan. Ada baiknya, kamu memilih camilan yang terbuat dari bahan-bahan berkualitas, tinggi protein, dan kaya serat

Banyak kok jenis camilan bergizi yang kaya manfaat, praktis, serta bisa kamu dapatkan dengan mudah, seperti Fitbar Fruit Delights

Varian Fitbar Fruits Delight hadir dengan Kismis California yang berasal dari buah anggur asli. Camilan sehat yang diproduksi oleh Kalbe Nutritionals ini terbuat dari Multigrain yang merupakan biji-bijian kaya serta. 

Selain itu, Fitbar Fruits Delight juga dilengkapi dengan Australian Oat dan Rice Crispy yang bantu meningkatkan mood kamu supaya tetap produktif, menurunkan kolesterol, menstabilkan gula darah, serta bebas lemak trans, sehingga memberikan efek kenyang lebih lama dan siap menjadi sumber nutrisi harianmu. 

Tersedia dalam ukuran 5x20 gram dengan kemasan satuan yang praktis, higienis, dan gampang dibawa ke manapun, Fitbar bisa jadi pilihan camilan untuk meningkatkan moodmu di kala jenuh, bosan, ataupun sibuk. 

Enggak lagi deh moody gara-gara lelah dan penat. Ngemil snack bar Fitbar Fruits Delight, tingkatkan mood dan dukung produktivitasmu!

Baca juga: Punya Gerd Tapi Jam Makan Sering Terlambat, Coba Konsumsi Multigrain

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas