Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
kalbe-health-corner

Ciri-ciri Pertumbuhan Anak optimal, Bunda bisa Terapkan 3 Pilar Penting ini

Pemberian stimulasi yang tepat berperan dalam mendukung anak mencapai potensinya, terutama dalam hal perkembangan kognitif dan motorik anak.

zoom-in Ciri-ciri Pertumbuhan Anak optimal, Bunda bisa Terapkan 3 Pilar Penting ini
Shutterstock
Ilustrasi pertumbuhan anak. (Sumber: Shutterstock) 

TRIBUNNEWS.COM - Periode emas atau golden age, yaitu usia 0-5 tahun, merupakan masa penting di mana otak dan tubuh anak berkembang pesat. 

Di periode ini, dukungan yang tepat dari orang tua menjadi kunci penting agar potensi yang dimiliki si Kecil dapat terpenuhi dengan baik. 

Sebagai langkah untuk mendukung tumbuh kembang anak tersebut, ternyata ada tiga pilar penting yang perlu diperhatikan oleh setiap orang tua lho, Bun! Tiga pilar tersebut adalah Gali Potensi anak, Berikan Atensi, dan Berikan Nutrisi terbaik. 

1.Membuka Gerbang Potensi

Setiap anak memiliki bakat, potensi unik, dan kecerdasan majemuk (multiple intelligences) yang menanti untuk digali. Maka itu, orang tua perlu mengenali dan mengembangkan potensinya sedini mungkin.

Menurut Psikolog Anak Dr. Rose Mini A. Prianto M Psi, kecerdasan yang bisa dimiliki anak sejak dini terbagi menjadi delapan: Kecerdasan Musikal, Kecerdasan Kinestetik, Kecerdasan Logika Matematik, Kecerdasan Linguistik, Kecerdasan Visual Spasial, Kecerdasan Intrapersonal, Kecerdasan Interpersonal, dan Kecerdasan Naturalis.

Melansir KlikDokter, psikolog Ikhsan Bella Persada, M.Psi. mengatakan bahwa cara mengenali bakat anak adalah dengan mengamati hobi atau kegiatan yang ia sukai, sehingga Bunda tahu apa yang menjadi minat dan kreativitasnya. 

BERITA REKOMENDASI

Pemberian stimulasi yang tepat juga berperan dalam mendukung anak mencapai potensinya, terutama dalam hal perkembangan kognitif dan motorik anak. Caranya bisa dilakukan dengan memberikan mainan edukatif, buku cerita, dan melakukan aktivitas kreatif yang sesuai.

Lalu, dukunglah anak untuk berani mencoba hal baru dan keluar dari zona nyaman melalui ide-ide permainan seru yang dapat mengembangkan kecerdasan majemuk si Kecil.   Dengan mencoba hal tersebut, gerbang potensi anak akan terbuka makin lebar dan kecerdasannya pun dapat terus terasah. 

Untuk mengeksplorasi ide-ide permainan seru dan mendalami kecerdasan anak, Bunda dapat mengunjungi situs https://morinaga.id/id/mipp 

Baca juga: Siapkan Si Kecil dengan Nutrisi Lengkap, Mampu Berpikir Cepat dan Berani di Sekolah

2. Memberikan Atensi Penuh Kasih Sayang

Perhatian dan kasih sayang orang tua bagaikan pupuk yang menyuburkan jiwa anak. Maka itu, berbagai jenis atensi dibutuhkan demi mendukung potensi si kecil untuk dapat berkembang optimal.

Salah satunya dapat dilakukan dengan memerhatikan perilaku dan aktivitas sehari-hari anak. Selain mengobservasi, Bunda juga dapat turut berpartisipasi dalam kegiatan yang dilakukan anak. 

Atensi ini juga dapat Bunda berikan dengan menstimulasi si Kecil melalui pendekatan gaya belajar yang berbeda-beda. Bagi si Kecil yang memiliki gaya belajar visual (looker), Bunda dapat membiarkannya mengamati berbagai macam ekspresi dan emosi serta menunjukkan gambar-gambar.

Jika si Kecil adalah tipe auditory (listener), maka cara yang tepat adalah membacakannya cerita. Sedangkan untuk tipe kinesthetic (mover), Bunda dapat memberikan atensi melalui aksi dan afeksi, seperti memeluk untuk menenangkan si Kecil saat ia merasa takut.

Dengan begitu, Bunda tidak hanya mengetahui, namun juga memahami lebih dalam tentang hal-hal yang disukai maupun tidak disukai anak.

Memberikan pujian dan dukungan saat anak menunjukkan perilaku positif pun tak kalah penting, sehingga anak tahu bahwa orang tuanya memberikan perhatian terhadap apa yang mereka lakukan dan mereka capai. 

Tentunya, memberikan atensi terhadap kesehatan, pergerakan, dan pertumbuhan fisik si Kecil menjadi hal yang perlu dilakukan. Selain memberikan perawatan kesehatan yang rutin, orang tua harus memerhatikan dan menuntun pergerakan anak sehari-hari.

3. Penuhi Kebutuhan Nutrisi untuk Tumbuh Kembang Optimal

Nutrisi yang tepat merupakan fondasi penting bagi perkembangan fisik dan otak anak. Melansir KlikDokter, nutrisi untuk anak terbagi atas makronutrisi dan mikronutrisi. 

Makronutrisi adalah komponen nutrisi yang dibutuhkan dalam jumlah besar seperti protein dan karbohidrat, sedangkan mikronutrisi adalah komponen yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang kecil, misalnya vitamin dan mineral.

Kedua gizi ini perlu dipenuhi oleh anak dengan seimbang, dan orang tua dapat mendukung pemenuhan nutrisi tersebut dengan memberikan anak makanan dalam porsi yang sesuai serta menggunakan bahan-bahan makanan berkualitas. 

Selain makanan, pastikan anak selalu terhidrasi dengan asupan air putih yang cukup. Agar makin maksimal, Bunda pun dapat melengkapi kebutuhan nutrisi anak dengan susu. 

Susu pertumbuhan dengan nutrisi lengkap tak hanya dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi harian anak, namun juga mendukung potensi anak agar berkembang secara optimal. 

Salah satunya adalah Morinaga Moricare+ Triple Bifi, pilihan susu pertumbuhan tepat untuk dukung potensi dan mimpi besar si Kecil sedari dini. 

Baca juga: Pemenuhan Zat Besi Dukung Tumbuh Kembang dan Kecerdasan Anak

Susu pertumbuhan ini dilengkapi dengan Triple Bifi, yang bermanfaat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan anak, asam lemak seperti DHA, untuk mendukung perkembangan otak dan sistem saraf anak, serta vitamin dan mineral yang memenuhi kebutuhan gizi harian anak untuk tumbuh kembang optimal.

Kandungan Triple Bifi dalam susu ini adalah tiga jenis bakteri dengan manfaat lengkap, yaitu mendukung sistem imun dan mencegah infeksi saluran pernapasan, pencegahan alergi untuk kesehatan saluran cerna, dan kesehatan saluran cerna yang membuat penyerapan nutrisi makin optimal. 

Ditambah dengan kandungan Alfa-laktalbumin, AA dan DHA, kolin, fosfolipid, omega 3 dan 6, dan zat besi,  Morinaga Moricare+ Triple Bifi siap membantu mengoptimalkan perkembangan otak Si Kecil. 

Itulah tiga pilar pertumbuhan penting yang perlu Bunda terapkan agar si Kecil bisa berkembang maksimal. Ayo Bun, saatnya mulai buka gerbang potensi, berikan atensi, dan penuhi nutrisi si Kecil bersama Morinaga MoriCare+ Triple Bifi!

Penulis: M. Fitrah Habibullah | Editor: Anniza Kemala

 

 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas