Tunggu 3.0 detik untuk membaca artikel
Aplikasi Tribun
Tajamkan Wawasanmu,
Suarakan
Opinimu
KLIK DI SINI
Tribun Kesehatan
LIVE ●
Update Jadwal & Skor
Grup A - Matchday 1
Jumat, 12 Juni 2026 | 02:00 WIB
Mexico
Meksiko
2 - 0
South Africa
Afrika Selatan
Grup A - Matchday 1
Jumat, 12 Juni 2026 | 09:00 WIB
South Korea
Korea Selatan
2 - 1
Czechia
Ceko
Lihat Selengkapnya
Semua Jadwal Laga

Makan Jeruk Turunkan Risiko Stroke Pada Perempuan

Perempuan yang rutin makan buah jeruk memiliki risiko lebih rendah terserang stroke. Sebuah penelitian di Amerika Serikat membuktikan hal ini

Tayang:
Baca & Ambil Poin
Memuat video…

TRIBUNNEWS.COM, WASHINGTON - Perempuan yang rutin makan buah jeruk memiliki risiko lebih rendah terserang stroke. Sebuah penelitian di Amerika Serikat membuktikan hal ini

Peneliti melihat data yang dikumpulkan selama 14 tahun. Data dari survei perawat AS yang mencakup 69.622 wanita yang melaporkan apa yang mereka makan, termasuk rincian tentang konsumsi buah dan sayuran, setiap empat tahun.

Tujuannya adalah untuk mempelajari pengaruh flavonoid - kelas senyawa hadir dalam buah-buahan, sayuran, coklat gelap dan anggur merah - pada kesehatan.

Sementara konsumsi flavonoid total di semua enam jenis utama yang ditemukan dalam makanan khas Amerika Serikat tidak menunjukkan manfaat dalam mencegah stroke, mereka yang makan banyak jeruk dan grapefruit dan jus mereka berasal menunjukkan 19 persen risiko stroke lebih rendah.

"Penelitian telah menunjukkan buah yang lebih tinggi, sayuran dan khususnya vitamin C asupan dikaitkan dengan risiko stroke berkurang," kata Aedin Cassidy, penulis utama dari studi stroke di Journal of American Heart Association seperti dikutip dari asione.

"Flavonoid diduga memberikan beberapa perlindungan yang melalui beberapa mekanisme, termasuk pembuluh darah memperbaiki fungsi dan efek anti-inflamasi," tambah Cassidy, seorang profesor nutrisi di Medical School Norwich di University of East Anglia.

Para peneliti menyerukan lebih banyak studi untuk lebih memahami hubungan yang nyata, dan mendesak perempuan untuk mengkonsumsi jeruk dan grapefruit daripada jus mereka untuk menghindari kadar gula tinggi dari aditif minuman.

Rekomendasi Untuk Anda

Penelitian sebelumnya telah menyarankan bahwa jeruk yang diturunkan flavonoid dapat membantu mencegah penambahan berat badan dan sindrom metabolik yang dapat menyebabkan diabetes tipe 2 dan risiko tinggi penyakit jantung.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Klik Di Sini!
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
Berita Populer
Atas