Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Tips Menakar Kadar Gula dalam Berbagai Jenis Minuman

Berbagai jenis minuman berbeda-beda kadar gulanya. Jangan asal tenggak, ukur kadar gulanya untuk tentukan porsi makannya.

Editor: Agung Budi Santoso
zoom-in Tips Menakar Kadar Gula dalam Berbagai Jenis Minuman
Shutterstock
Jus jeruk 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA
Kita menganggap, meningkatnya berat badan hanya bisa dipengaruhi dari jenis makanan yang kita konsumsi. Padahal, itu juga bisa disebabkan dari minuman. Jadi, jika Anda menginginkan berat badan yang ideal, perhatikan juga apa yang Anda minum setiap hari. Berikut ini sembilan jenis minuman yang mengandung banyak gula.

Soda

Sebotol cola (20 ons) mengandung gula lebih dari tiga potong brownies besar, lho. Jika Anda ingin sekali meminumnya, minumlah dalam porsi yang sangat sedikit. Misalnya, cukup 8 ons saja atau setara dengan ukuran kaleng mini yang ada di supermarket.

Fruit Punch

Hati-hati dengan minuman jus seperti fruit punch dan limun. Minuman ini juga memiliki tambahan gula dalam jumlah yang sangat banyak. Sebotol fruit punch bisa mengandung gula lebih dari empat donat coklat. Artinya, kandungan jus buah asli dalam minuman itu hanya sekitar 5 - 10 persen saja.

Jus 100 persen Buah Asli

Jus buah asli mengandung vitamin dan nutrisi yang baik bagi tubuh. Misalnya, jus jeruk yang kaya akan vitamin C. Tapi kadang dalam prosesnya, kita suka menambahkan gula pada jus jumlahnya bisa setara dengan lebih dari 10 keping biskuit. Agar manfaatnya lebih terasa, lebih baik makan buahnya langsung.

BERITA TERKAIT

Smoothies

Tahukah Anda, segelas smoothies yang Anda beli di toko memiliki gula yang hampir setara dengan milkshake. Jadi, ketika Anda memesan smoothies, mintalah campuran buah asli dan yogurt plain atau hanya buah dan es saja. Katakan tidak untuk smoothies yang terbuat dari serbat dan sirup rasa.

Minuman Berenergi

Apakah Anda membutuhkan minuman berenergi saat berolahraga? Sepertinya tidak. Sekaleng (20 ons) minuman berenergi memiliki kandungan gula yang sebanding dengan cupcake dengan frosting. Jika Anda berolahraga keras lebih dari satu jam, minumlah minuman yang dapat membantu mengganti elektrolit yang hilang melalui keringat.

Jus Kemasan

Minuman ini jelas lebih banyak gulanya. Sekotak kecil (6 ons) jus anggur kemasan mengandung 4 sendok teh gula. Jika Anda suka mengkonsumsi jus kemasan, pilihlah yang berlabel 100 persen buah asli. Tapi kadang, meski sudah dilabeli seperti itu, jus masih mengandung banyak gula.

Susu Coklat

Halaman
12
Sumber: Tabloidnova.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas