Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Hindari Penuaan Tak Perlu Bedah Plastik, Pilih Cara Alami Ini

Tak perlu bedah plastik untuk mengembalikan kesan awet muda, tapi tempuh cara-cara alami antipenuaan ini.

Editor: Agung Budi Santoso
zoom-in Hindari Penuaan Tak Perlu Bedah Plastik, Pilih Cara Alami Ini
Foto: Ismanto/ Model: Clara Marly/ Tatarias: Padmaya Rosiani

TRIBUNNEWS.COM - Proses penuaan adalah proses alami yang tak terhindarkan. Proses ini bisa diremajakan kembali. Peremajaan ini sesungguhnya sangat mudah dan sederhana.

Hidup sehat adalah fondasi utama untuk awet muda. Tindakan bedah yang canggih dan mahal adalah langkah pamungkas untuk meremajakan diri.

Proses penuaan itu alamiah dan dialami siapa saja. Tetapi penuaan sangat bisa dicegah. “Buat yang terlanjur mengalami penuaan, proses itu bisa dikembalikan sebagian lewat peremajaan,” kata Dr. Edwin Djuanda, SpKK, ahli kulit sekaligus pendiri Perkumpulan Awet Sehat Indonesia (PASTI).

Proses peremajaan itu ada yang dari dalam dan dari luar. Proses peremajaan dari dalam itu pada dasarnya merupakan pelaksanaan pola hidup sehat. “Sehatkan tubuh Anda secara umum. Berhentilah merokok dan perbanyak makan sayur serta buah,” ungkap Dr. Edwin.

Pola makan sehat dan awet muda yang dianjurkan olehnya selain banyak makan sayur dan buah adalah yang mengandung sedikit karbohidrat, cukup protein, rendah lemak. Kemudian boleh minum suplemen bila asupan gizi, terutama vitamin A, C dan E yang tergolong vitamin antioksidan tidak cukup diperoleh dari makanan.
“Sebab zat-zat gizi penting ini sangat dibutuhkan untuk menjaga dan memperbaiki proses penuaan,” katanya.

Dr. Edwin juga menyarankan untuk minum setidaknya dua liter sehari air putih. Air putih ini bermanfaat untuk membantu kerja proses pencernaan, proses pembersihan ginjal, proses detoksifikasi dan termasuk juga membantu melembabkan kulit sehingga terlihat cantik dari luar.

“Selain itu, jangan merokok karena rokok membuat sirkulasi darah terganggu sehingga kulit terlihat kusam dan terganggu proses peremajaannya,” tambahnya.

BERITA TERKAIT

Khusus untuk kecantikan kulit, ia memberi tip untuk selalu melindungi kulit dari sinar matahari secara langsung. “Hindari sinar ultraviolet, jangan lupa oleskan pelembab untuk kulit. Hindari pula paparan terlalu panas, dingin atau zat kimia pada kulit,” ujarnya.

Tindakan peremajaan dari luar (ekstrinsik) baru dilakukan bilamana upaya menyehatkan badan dari dalam kurang bisa memperbaiki penampilan. Tindakan peremajaan dari luar itu biasanya berupa pembedahan untuk membuat kulit seolah lebih muda, kencang dan bebas kerutan. (Diyah Triarsari)

Tags:
Sumber: Sehat News
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas