Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Gaya Hidup Modern Bikin Mata Terganggu

Lutein dan Zeaxanthin terdapat dalam jumlah banyak pada manusia tepatnya di retina kedua

Penulis: Hendra Gunawan
zoom-in Gaya Hidup Modern Bikin Mata Terganggu
Ilustrasi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Apakah anda sering merasa mata anda perih, panas, dan berwarna kemerahan? Atau merasakan pusing di kepala dan juga pegal di sekitar pundak, mata anda terasa gatal?

Jika ya, besar kemungkinan anda menderita Computer Vision Syndrome (CVS) yaitu sekumpulan gejala-gejala gangguan kesehatan pada penglihatan yang diakibatkan oleh penggunaan komputer termasuk tablet, pad dan telepon selular pintar lebih dari dua jam dan secara terus-menerus.

Menurut dr. Made Susiyanti, SpM dari RS Jakarta Eye Center, mata pada dasarnya memiliki Lutein dan Zeaxanthin alami. Namun semakin tingginya ritme serta gaya hidup modern, antioksidan alami ini tidak cukup melindungi mata dari faktor yang dapat merusak kesehatannya.




Lutein dan Zeaxanthin terdapat dalam jumlah banyak pada manusia tepatnya di retina kedua zat tersebut juga merupakan pembentuk pigment kuning pada makula lutea.

"Namun gaya hidup modern dengan kesibukan yang tinggi terutama bagi mereka yang sering bekerja lama dengan komputer dan menatap gadget membuat pelindung alami tubuh ini tidak mampu melindungi mata dan memperbesar resiko terjadinya Computer Vision Syndrome karena paparan cahaya yang konstan dan terus menerus dari perangkat elektronik itu,“ ujar dr. Made Susiyanti, SpM.

Tidak hanya Computer Vision Syndrome, berdasarkan Journal of the American Optometric Association kekurangan lutein dan zeaxanthin bahkan dapat meningkatkan resiko peyakit katarak, dan juga Age Related Macular Disease (AMD) yaitu menurunnya ketajaman penglihatan seiring dengan usia yang bertambah tua.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas