Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Ini Jenis Mainan untuk Mengenalkan Huruf dan Angka kepada Anak

Masuk ke usia 2 hingga 3 tahun, saatnya mengenalkan banyak agar si kecil bisa cepat membaca dan bicara.

Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Ini Jenis Mainan untuk Mengenalkan Huruf dan Angka kepada Anak
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Dua orang anak asyik menyusun potongan gambar binatang dibimbing seorang guru di stan Taman Kanak-Kanak dan Play Group Darul Hikam Bandung pada Baby & Kids Expo 2013 di Graha Manggala Siliwangi, Jalan Aceh, Kota Bandung, Minggu (17/3/2013). Pameran yang diikuti sekitar 80 peserta itu menawarkan kebutuhan anak seperti makanan dan susu, permainan anak, pakaian bayi dan anak, lembaga pendidikan, modul belajar anak usia dini dan sekolah unggulan. (TRIBUN JABAR/Gani Kurniawan) 

TRIBUNNEWS.COM - Masuk ke usia 2 hingga 3 tahun, saatnya mengenalkan banyak agar si kecil bisa cepat membaca dan bicara.

Salah satu yang perlu Mama lakukan adalah memilih mainan agar anak cerdas.

Aneka mainan tersebut tidak hanya membuat waktu bermain jadi menyenangkan, anak juga menjadi mengenal huruf dan angka. Berikut jenis mainan yang bisa Mama beli untuk si kecil.

1.Buku
Siapa sangka buku hanya untuk orang yang senang membaca?

Buku dapat menjadi mainan yang tepat untuk si kecil. Buku mengenal abjad dan buku mengenal huruf perlu Mama beli.

Tidak hanya berisi aneka visual, ada pula buku yang terbuat dari kain sehingga aman untuk dipegang oleh si kecil.

Visual dan tulisan yang ada di dalamnya dapat pula meningkatkan imajinasi si kecil dan menanamkan kebiasaan membaca sejak dini.

BERITA REKOMENDASI

2.Permainan balok
Bermain balok memiliki banyak manfaat untuk si kecil. Balok kayu puzzle stiker angka dapat menjadi alternatif. Mainan ini dapat meningkatkan koordinasi tangan dan meningkatkan daya imajinasi.

Balok kayu yang bisa dibongkar dan pasang sangat menyenangkan untuk si kecil. Warna cerah yang digunakan pada balok kayu juga sangat baik untuk mengenalkan si kecil pada warna.

                 
                                

3.Kartu edukatif
Ada banyak cara mengenalkan huruf dan angka salah satunya dengan permainan sederhana berupa kartu.

Salah satu mainan yang bisa Mama coba adalah Flash Card Edukatif. Dalam satu seri, terdapat kurang lebih 100 kartu yang berisikan kata-kata sederhana.

Cobalah untuk memainkan kartu ini dalam kurun waktu 10 menit per hari. Mama bisa mulai memperkenalkan 5 kata dulu misalnya.

Jika konsisten, si kecil akan terus mengingat kata-kata yang ada di dalam kartu tersebut.

4.Puzzle
Tidak hanya mengenalkan si kecil pada Bahasa Indonesia. Mama bisa menggunakan mainan sebagai cara untuk mengenalkan bahasa asing seperti Bahasa Inggris.

Salah satu cara yang paling mudah adalah aneka puzzle. Puzzle Edukasi Let’s Count menjadi mainan lengkap karena berisi angka serta gambar yang semuanya dalam Bahasa Inggris.

Visual yang menarik akan mempermudah anak untuk mengingat hal tersebut.

Nah, Mama tak perlu lagi bingung memilih mainan yang tepat untuk si kecil. Berikan jenis mainan agar anak cerdas di atas untuk menunjang si kecil semakin mengenal huruf dan angka.

Sumber: Nakita
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas