Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Ini Gejala dan Ciri Kanker Otak yang Harus Diwaspadai karena Terkadang Kita Alami

Jika anda mengalami perubahan mental drastis dan di iringi oleh beberapa tanda yang berbahaya lainnya sebaiknya anda pergi ke dokter

Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Ini Gejala dan Ciri Kanker Otak yang Harus Diwaspadai karena Terkadang Kita Alami
ISTIMEWA
Ilustrasi kanker otak 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengasuh rubrik kesehatan di televisi swasta, dokter Ryan Thamrin meninggal mendadak di rumah keluarganya di Pekanbaru, Riau.

Keluarga dekat dokter ganteng ini mengatakan, almarhum menderita kanker otak.

Disebutkan, Ryan terjatuh di kamar mandi dan kemudian dibawa ke rumah sakit tetapi meningal dunia, Jumat (4/8/2017)

Berikut sekilas tentang kanker otak supaya kita bisa menghindari atau paling tidak bisa mengetahui informasinya secara dini.

Kanker otak merupakan salah satu tumor ganas yang menyerang bagian otak, parahnya ciri ciri dan gejala kanker otak tidak begitu diketahui pada awal pertumbuhannya. 

Terlepas dari bahayanya, tentu pengetahuan dini mengenai ciri-ciri yang menjadi tanda anda mengidap kanker otak cukup penting di ketahui.

Studi yang dilakukan Department Oncology, BSMMU, Bangabandhu Sheikh Mujib Medical University, sebuah universitas ternama di Bangladesh menemukan bahwa terdapat 16 Ciri ciri kanker otak yang harus di waspadai.

BERITA TERKAIT

Studi ini dilakukan pada 50 penderita dengan rentang umur 2-60 tahun (Naziruddin Mollah.,  Abdul Baki., Nur Afzal., Akram Hossen, Clinical and Pathological Characteristics of Brain Tumor, vol 3 issues 2, july 2010. di akses 03 November 2014)

1. Sakit Kepala

Sakit kepala merupakan ciri-ciri kanker otak yang paling umum, sebanyak 38 orang dari 50 responden atau sekitar 76 % mengalami gejala ini.

Namun tentu sakit kepala kebanyakan bukan disebabkan oleh kanker otak, melainkan sakit kepala umum yang bisa terjadi pada siapa saja.

Bagai mana ciri ciri sakit kepala kanker otak ?  dikutip dari cnn, Dr. Santiago Medina, co-director Department Radiology divisi Neuroradiology di Rumah sakit anak Miami mengatakan bahwa 4000 anak anak yang menderita sakit kepala, satu di antaranya menderita kanker otak (CNN., Elizabeth Cohen, When a headache really is a brain tumor, 7  April 2011. Diakses 03 November 2014).

Lalu bagaimana ciri ciri sakit kepala jenis ini ?

Sakit kepala ini baru bagi anda. Anda belum atau sangat jarang terkena sakit kepala namun tiba-tiba belakangan ini sangat sering menderita penyakit ini.

Halaman
1234
Sumber: Warta Kota
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas