Tribun Kesehatan

Ini Bedanya Nyeri Otot Biasa dengan Cedera Otot, Tulang atau Sendi

Zaman sekarang, gaya hidup sehat, khususnya melalui berolahraga, semakin diminati masyarakat urban.

Penulis: Ria anatasia
Editor: Anita K Wardhani
Ini Bedanya Nyeri Otot Biasa dengan Cedera Otot, Tulang atau Sendi
TRIBUNNEWS.COM/RIA ANASTASIA
Dokter spesialis bedah ortopedi, Iman Widya 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ria Anatasia

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Zaman sekarang, gaya hidup sehat, khususnya melalui berolahraga, semakin diminati masyarakat urban.

Meski umum dilakukan, berolahraga berisiko menimbulkan cedera, khususnya pada bahu, tangan dan kaki apabila tidak dilakukan dengan benar.

Cedera bisa tejadi pada siapa saja, baik orang awam (recreational athlete) maupun atlet profesional.

Meski begitu, pegal-pegal atau nyeri otot sehabis olahraga bukan berarti Anda cedera.

Dokter spesialis bedah ortopedi, Iman Widya Aminata mengatakan rasa pegal dan nyeri otot setelah berolahraga adalah hal wajar. Tubuh kita memiliki sistem untuk meredakan sendiri rasa pegal itu melalui istirahat.

"Wajar sehabis olahraga terasa muscle soreness. Ini kondisi ketika terjadi robekan kecil di otot-oto dan terjadi peradangan inflamasi untuk perbaikan otot robek. Robekan ini akan regenarasi menjadi otot lebih besar dan kuat," ungkap Iman saat ditemui pada seminar "Penanganan Akurat Untuk Menangani Cedera Bahu & Kaki Setelah Olahraga" di Pullman Hotel, Jakarta Pusat, Senin, (21/5/2018).

Baca: Menantunya Tak Tertolong, Hatta Rajasa Berharap Ada Riset Soal Kanker Melanoma di Indonesia

Dokter yang membuka praktik di RS Pondok Indah itu menyebutkan perbedaan muscle soreness (otot kelelahan) dengan cedera.

Muscle soreness adalah rasa nyeri dan tidak nyaman yang terjadi setelah melakukan olahraga yang tidak biasa dilakukan (intensitas tinggi).

Ketika selesai melakukan olahraga ini, terjadi kerusakan pada jaringan otot, dan membran sel yang kemudian berkembang menimbulkan respons inflamasi (peradangan). Peradangan inilah yang menyebabkan rasa nyeri.

Halaman
12
Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas