Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Cara Mudah Tingkatkan Metabolisme Tubuh untuk Bakar Lemak Secara Maksimal

Sudah diet mati-matian, plus olahraga sampai berpeluh, berat badan belum juga turun? Kadang kondisi tersebut bikin frustasi.

Editor: Willem Jonata
zoom-in Cara Mudah Tingkatkan Metabolisme Tubuh untuk Bakar Lemak Secara Maksimal
Jaga berat badan demi cegah kanker. 

TRIBUNNEWS.COM - Sudah diet mati-matian, plus olahraga sampai berpeluh, berat badan belum juga turun? Kadang kondisi tersebut bikin frustasi.

Harus diakui menghilangkan lemak tubuh memang susah-susah gampang. Lebih susah lagi seiring bertambahnya usia. Semakin tua seseorang, mempengaruhi kemampuan tubuh mengubah makanan menjadi energi.

Misalnya, mengonsumsi minuman manis. Ketika tubuh kelebihan beban dengan gula, itu akan memperlambat metabolisme. Gula akan berubah menjadi lemak dan tersimpan di dalam tubuh.




Oleh karenanya, agar bobot tubuh turun, atau paling tidak menghindari penambahan berat badan dan tetap dalam kondisi prima, mungkin metabolisme Anda harus diperbaiki dulu.

Pertanyaannya, bagaimana meningkatkan metabolisme agar tubuh cepat membakar lemak? Ikuti 5 cara berikut ini seperti dikutip dari Shape.

1. Minum teh atau kopi setiap hari

Penelitian oleh The American Journal of Clinical Nutrition mengatakan, secangkir teh atau kopi setiap hari dapat meningkatkan metabolisme hanya dalam tiga jam setelah minum.

BERITA TERKAIT

Kafein yang terkandung pada teh atau kopi berfungsi sebagai stimulan alami yang memberi Anda dorongan energi. Alhasil membuat Anda lebih aktif dan waspada dari biasanya.

Kopi juga mengandung senyawa asam klorogenik yang dapat meningkatkan penurunan berat badan dan mengatur kadar gula darah.

Sementara teh memiliki antioksidan melawan penyakit yang disebut katekin yang mengurangi risiko penyakit jantung serta meningkatkan pembakaran lemak.

2. Jangan khawatir tentang frekuensi makanan

Anda mungkin pernah mendengar makan sedikit dan sering sepanjang hari membantu meningkatkan metabolisme.

Menurut sebuah studi dari University of Ottawa di Kanada, tidak ada perbedaan dalam penurunan berat badan dari peserta yang makan tiga kali sehari penuh dibandingkan dengan mereka yang makan enam porsi kecil.

Cari tahu apa yang memuaskan perut Anda, apakah itu pada porsi kecil sepanjang hari atau makan tiga kali sehari.

Halaman
12
Sumber: Nakita
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas