Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Kesehatan
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Manfaat Cengkih untuk Kesehatan

Cengkih adalah rempah-rempah yang banyak digunakan untuk menambah rasa ke berbagai hidangan, khususnya Asia Timur. Ia juga punya manfaat kesehatan.

Manfaat Cengkih untuk Kesehatan
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Seorang buruh menjemur buah cengkih yang baru dipanen di Kampung Sasakcilaja, Desa Sindanglaya, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Senin (25/6). Dalam beberapa bulan terakhir harga buah cengkih terus merosot dari harga sebelumnya Rp 200 ribu per kg menjadi Rp 70 ribu per kg yang diterima tengkulak saat ini. Merosotnya harga buah untuk bahan baku rokok dan obat-obatan ini dipicu datangnya musim panen raya dalam beberapa bulan kedepan yang berdampak stok buah cengkih meningkat. (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN) 

TRIBUNNEWS.COM - Cengkih adalah rempah-rempah yang banyak digunakan untuk menambah rasa ke berbagai hidangan, khususnya Asia Timur. Namun, cengkih ternyata juga memberikan berbagai manfaat kesehatan.

Cengkih memberikan rasa kehangatan pada makanan-makanan seperti daging, atau bahkan sebagai campuran untuk bumbu kare pada masakan India.

Berikut ini beberapa manfaat kesehatan cengkih yang jarang diketahui.

1. Memperbaiki pencernaan

Memakai cengkih dalam masakan akan menambah rasa dan juga membantu proses pencernaan dengan merangsang sekresi enzim pencernaan.

Cengkih dapat menghilangkan gas yang terkumpul dalam saluran pencernaan, sehingga baik untuk mengobati perut kembung.

Cengkih juga bisa ditumbuk dan dicampur madu sebagai racikan alami untuk gangguan perut.

Baca: Dituding Rebut Ahmad Dhani dari Maia Estianty, Mulan Jameela: Punya Alasan Harus Nikah dengan Saya

2. Sebagai anti-karsinogenik

Studi menunjukkan cengkih dapat bertindak sebagai anti-karsinogenik. Artinya, secara efektif dapat melindungi tubuh dengan menghambat pertumbuhan kanker.

Ini diterapkan khusus untuk kanker paru-paru, dan hasilnya menunjukkan cengkih menghentikan pertumbuhan kanker sepenuhnya.

Halaman
12
Editor: Willem Jonata
Sumber: Nakita
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas