Tribun Kesehatan

Operasi Katarak Gratis

Buta Akibat Katarak Masih Jadi Masalah, Operasi Jadi Solusi Paling Efektif

Katarak adalah salah satu penyakit yang masih menjadi masalah pelik di Indonesia

BizzInsight
Buta Akibat Katarak Masih Jadi Masalah, Operasi Jadi Solusi Paling Efektif
SURYA/SURYA/HAYU YUDHA PRABOWO
Penderita katarak 

TRIBUNNEWS.COM - Katarak adalah salah satu penyakit yang masih menjadi masalah pelik di Indonesia.

Dilansir dari situs resmi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, saat ini masih ada sekitar 1 juta orang yang buta karena katarak.

Berdasarkan Rapid Assessment of Avoidable Blindness (RAAB) rata-rata angka kebutaan di Indonesia sebanyak 3% untuk penduduk di atas usia 50 tahun.

Ketua Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami), dr. Muhammad Sidik, menjelaskan kalau ada beberapa hal yang dicurigai jadi penyebab katarak. Salah satunya karena Indonesia berada di garis equator 0 derajat yang tersorot banyak sinar matahari secara terus menerus. Dicurigai pula sinar UV B bisa mempercepat timbulnya katarak.

Kebutaan karena katarak ini bisa dihindari dengan berbagai cara, namun dr. Sidik menjelaskan bahwa yang paling efektif adalah melalui operasi.

“Operasi katarak adalah operasi paling efektif, paling efisien, paling menimbulkan benefit paling tinggi daripada tindakan prosedur lainnya, sehingga orang yang tadinya tidak produktif jadi produktif lagi,” jelas dr. Sidik seperti dilansir dari situs resmi Kementerian Kesehatan RI (4/11/2018).

Untuk itulah, mengapa Sido Muncul melalui produk unggulannya Kuku Bima Energi menjalankan program katarak gratis bagi masyarakat Indonesia yang sudah dimulai sejak 2011 lalu. Sebagai bentuk kepedulian mereka terhadap kesehatan masyarakat Indonesia.

Menurutnya, membantu masyarakat dengan Operasi Katarak Gratis adalah suatu panggilan kemanusiaan.

Apalagi, rata-rata penderita katarak berusia 40 sampai 50 tahun dan merupakan masih dalam usia produktif.

"Sehingga melalui program ini, saya harap mereka bisa kembali melakukan aktivitas. Kegiatan ini juga sebagai bentuk dukungan terhadap pemerintah dalam rangka mengurangi penderita katarak di Indonesia," papar Direktur Sido Muncul, Irwan Hidayat.

SM - 1502
Direktur Sido Muncul, Irwan Hidayat saat menyerahkan secara simbolik bantuan Operasi Katarak Gratis ke 150 pasien di Makassar

Kali ini giliran masyarakat Makassar yang mendapatkan program operasi katarak gratis yang dilaksanakan akan berlangsung di Rumah Sakit Universitas Hasanuddin, Makassar pada Jumat (15/2/2019).

Program Operasi Katarak Gratis di Makassar ini akan menjadi program pertama yang akan dilaksanakan pada 2019.

Irwan juga menjelaskan kalau Sido Muncul akan menargetkan 12000 pasien katarak gratis selama 2019.

"Jadi untuk 2019 ini kita target 12.000 pasien bisa kita lakukan operasi katarak secara gratis," jelas Irwan dalam acara pembukaan program Operasi Katarak Gratis di Makassar, Kamis (14/2/2019).

SM 2 - 1502
Pasien katarak yang akan menjalani operasi katarak gratis dari Sido Muncul

Operasi ini bekerjasama dengan Persatuan Spesialis Mata Indonesia (Perdami), dan beberapa institusi di Indonesia seperti Polri hingga TNI.

Dalam acara pembukaan program Operasi Katarak Gratis di Makassar ini dihadiri oleh AS SDM Polri Irjen Eko Indra Heri, Kapolda Sulsel yang diwakili oleh Kepala Biro SDM Polda Sulsel Kombes Pol Yohanes Ragil, Direktur Sido Muncul, Irwan Hidayat, dan perwakilan SPBK Perdami Pusat hingga pejabat terkait lainnya.

Sebelumnya, sebanyak 260 calon pasien telah menjalani tahap screening pada 12 Februari 2019.

Screening merupakan tahap awal yang bertujuan untuk memeriksa kondisi mata dan menentukan kelayakan pasien mengikuti operasi. Dari 260, akhirnya terpilih 150 pasien yang dinyatakan siap melakukan operasi.

Penulis: Dessita Chairani

Ikuti kami di
  Tribun JualBeli

Wiki Terkait

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas