Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Cara Mensterilkan Wastafel di Rumah Agar Bebas Bakteri

Penting menjaga kebersihan rumah. Satu di antara yang mesti diperhatikan wastafel karena banyak mengandung bakteri.

Editor: Willem Jonata
zoom-in Cara Mensterilkan Wastafel di Rumah Agar Bebas Bakteri
Manfaatkan areal bawah wastafel untuk fungsi lemari. Jangan biarkan kosong. 

TRIBUNNEWS.COM - Penting menjaga kebersihan rumah. Satu di antara yang mesti diperhatikan wastafel karena banyak mengandung bakteri. Tentu saja karena tempat ini selalu bersentuhan dengan kelembaban.

Apalagi wastafel dapur, yang terdapat sisa makanan, menjadi tempat tinggal ideal bagi bakteri.

Maka sangat penting untuk mengetahui cara membersihkan dan mensterilkan wastafel di rumah Anda. Kebersihan di rumah tentunya sangat penting bagi kesehatan semua penghuninya.

Karena alasan inilah, sangat penting untuk membersihkan setiap ruangan dengan cermat, termasuk dapur, kamar mandi, dan wastafel.

Dikutip dari step to health, berikut ini enam cara untuk membersihkan dan mensterilkan wastafel di rumah Anda.

Baca: Dampak Buruk Bagi Kesehatan Akibat Malas Cuci Tangan

Bersihkan dan sterilkan wastafel dengan sabun ringan

Salah satu alternatif klasik yang sering dilakukan orang untuk membersihkan wastafel, yaitu: encerkan sabun ringan dalam air panas, lalu rendam handuk dapur dalam campuran tersebut dan bersihkan wastafel, setelah itu bilas dengan air dan akhirnya keringkan dengan handuk dapur kering.

BERITA TERKAIT

Ini adalah pilihan yang sempurna untuk wastafel yang terbuat dari stainless steel.

Menggunakan sabun ringan juga dianjurkan untuk wastafel sintetis atau plastik. Untuk membersihkan jenis wastafel ini, cukup ikuti prosedur yang sama.

Baking soda dan lemon

Anda dapat menggunakan dua bahan tersebut untuk membersihkan wastafel stainless steel. Baking soda memungkinkan Anda untuk menghilangkan sisa makanan dan minyak dengan mudah.

Campurkan baking soda dengan air hingga membentuk pasta dan gosokkan di seluruh wastafel dengan menggunakan spons lembut. Lalu, bilas dengan air.

Lemon sangat efektif untuk menghilangkan noda karat yang mungkin muncul di keran air. Lemon juga akan membuat wastafel bersinar. Oleskan langsung ke permukaan dengan spons lembut.

Hindari menggunakan spons abrasif, karena dapat menggores permukaan. Selain itu, cobalah untuk berhati-hati dengan pemutih hipoklorit, serta garam, cuka, atau zat lain yang dapat  merusak.

Halaman
123
Sumber: Intisari
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas